sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id benq
Kamis, 08 Okt 2020 10:44 WIB

Review Prolink PIC3003WP: lensa lebar dan bisa berputar

IP Cam Prolink PIC3003WP menawarkan lensa lebar dengan bidang pandang 130 derajat. Tidak sampai di situ saja, PIC3003WP juga dilengkapi dengan fitur Pan/Tilt.

Review Prolink PIC3003WP: lensa lebar dan bisa berputar

Salah satu solusi keamanan untuk tempat tinggal adalah internet protocol camera atau biasa disebut IP Cam. Kamera jenis ini mengandalkan protokol internet agar dapat diakses dari manapun menggunakan perangkat pintar seperti ponsel dan sejenisnya. Di sini saya akan mengulas salah satu IP Cam terbaru dari Prolink dengan model PIC3003WP.

IP Cam Prolink PIC3003WP menawarkan lensa lebar dengan bidang pandang 130 derajat. Tidak sampai di situ saja, PIC3003WP juga dilengkapi dengan fitur Pan/Tilt yang artinya bahwa IP Cam ini dapat bergerak demi pemantauan ruangan atau lingkungan luar rumah yang lebih luas.

Desain kecil tapi bisa bergerak

Bagian bawah IP Cam Prolink PIC3003WP berbentuk pipih. Ini dapat dikatakan sebagai bagian dasar kamera sehingga dapat diletakkan dengan stabil di permukaan yang rata. Ada pula beberapa lapisan karet kecil di bagian bawahnya sehingga kamera IP ini tidak mudah berubah posisi ketika diletakkan.

Di atas dasar kamera, terdapat modul berbentuk bundar yang merupakan tempat bersinggahnya lensa kamera. Seperti yang tadi saya telah sebutkan, IP Cam ini dapat bergerak untuk pengawasan yang lebih optimal. Engsel untuk gerakan berputar 355 derajat berada di antara bagian dasar dan modul yang berbentuk bundar.

Sedangkan engsel untuk melakukan tilt (gerakan ke atas dan ke bawah) hingga 90 derajat berada di antara modul lensa dan bodi bagian atas. Secara keseluruhan, bodi PIC3003WP tidak jauh berbeda dari perangkat IP Cam lain dengan kemampuan Pan/Tilt. Mungkin perbedaan dari PIC3003WP dengan rata-rata kamera IP Cam berfitur Pan/Tilt adalah ukurannya yang lebih kecil.

Berbicara seputar ukuran, dimensi keseluruhan IP Cam Prolink PIC3003WP adalah 85 x 85 x 100 mm. Di sisi lain, kamera ini memiliki bobot yang termasuk ringan pada 177 gram. Oleh karenanya, IP Cam dari Prolink ini dapat dengan mudah diletakkan tanpa harus memerlukan tempat yang besar.

Hanya ada dua port yang disediakan di PIC3003WP. Port pertama berbentuk micro USB yang terletak di bagian belakang dasarnya. Port ini berguna untuk menyalurkan daya dari sumber listrik melalui adaptor yang tersedia dalam paket penjualannya. Port kedua adalah slot micro SD yang akan terlihat jika kamera sedang menghadap ke atas. PIC3003WP mampu mengakses kamera micro SD hingga kapasitas 128 GB.

Pada bagian bawah IP Cam ini ada tombol Reset yang berguna ketika kamera tidak respons atau ketika kamu ingin mengubah koneksi Wi-Fi. Tidak seperti IP Cam kebanyakan yang mengharuskan kamu menggunakan alat khusus (misal: pinset) untuk mengakses tombol Reset, tombol Reset pada PIC3003WP dapat dengan mudah ditekan tanpa menggunakan alat apapun.

Pengoperasian

Agar dapat diakses dari perangkat pintar, maka kamu harus mengunduh aplikasi bernama Prolink mEzee di Google Play Store atau Apple App Store. Setelah mengunduhnya, kamu harus melakukan registrasi untuk melakukan pengaturan hingga terhubung ke PIC3003WP.

Kabel adaptor yang hadir bersama dengan PIC3003WP terbilang cukup panjang. Ini memungkinkan kamu lebih leluasa meletakkan IP Cam hampir di mana pun tanpa khawatir. Kamu juga dapat meletakkan kamera ini di langit-langit secara terbalik, karena Prolink menyediakan kebutuhan perlengkapan untuk memposisikannya di langit-langit.

Jika kamu menaruhnya di langit-laguit atau dinding, ada pengaturan agar video yang ditampilkannya tetap dengan orientasi yang sama. Sebagai catatan, pengaturan orientasi video ini bukanlah hal yang baru karena hampir semua IP Cam memiliki opsi tersebut.

Menurut saya, proses pengaturan hingga IP Cam PIC3003WP terhubung ke internet cukup mudah. Kamu hanya perlu pilih SSID Wi-Fi dan masukkan kata sandinya (jika ada) di aplikasi mEzee. Kemudian di layar perangkat akan ada barcode yang harus dipindai menggunakan PIC3003WP. Setelah barcode tersebut terbaca oleh IP Cam, maka perangkat pun siap digunakan.

Setelah IP Cam aktif dan terhubung ke internet, maka kamu dapat melihat citra gambar dari kamera di ponsel yang sudah terinstal aplikasi mEzee. Ada beberapa menu di bawah tampilan gambar yang diterima kamera, yakni Screenshot, Speak, Record, Playback, Direction, dan lain-lain.

    Share
    ×
    tekid
    back to top