sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id telkomsel
Jumat, 31 Mar 2023 14:47 WIB

Review OPPO Reno8 T 5G, kamera portraitnya masih sama gak ya?

OPPO Reno8 T 5G tidak lupa menghadirkan kamera potret yang canggih seperti para pendahulunya. Lebih lanjut, berikut ini pengalaman kami selama menggunakan OPPO Reno8 T 5G.

Review OPPO Reno8 T 5G, kamera portraitnya masih sama gak ya?

OPPO menambah jajaran baru dari seri Reno8 melalui peluncuran OPPO Reno8 T 5G. Dibandingkan dengan saudara-saudaranya, ponsel ini membawa pembaruan di sektor layar dengan mengusung 3D Curved Screen, menjadi ponsel harga Rp5 jutaan pertama yang mengusung desain tersebut. 

Bukan hanya layar, OPPO Reno8 T 5G tidak lupa menghadirkan kamera potret yang canggih seperti para pendahulunya. Lebih lanjut, berikut ini pengalaman kami selama menggunakan OPPO Reno8 T 5G.

Desain

Tren desain smartphone yang cepat berubah membuat produsen smartphone harus sat set mengikuti permintaan pasar. Setelah konsisten mengusung desain flat frame pada beberapa jajaran seri Reno8, kini OPPO menghadirkan desain layar melengkung pada OPPO Reno8 T 5G.

Dari segi ukuran, ponsel cukup nyaman digenggam. Apalagi, desain 3D Curved Screen-nya ini membuat ponsel terasa lebih ramping. Adapun, dimensi dari OPPO Reno8 T 5G sendiri adalah 162,3mm x 74,3mm x 7,7mm dan bobot 171 gram, lebih ringan dari OPPO Reno8 5G yang memiliki bobot 179 gram.

OPPO Reno8 T 5G hadir dalam dua varian warna. Kebetulan, redaksi Tek.id kedapatan mencoba varian warna Midnight Black yang berkilau dan terkesan mewah. Finishing material yang digunakan pada bodi belakang ini tidak mudah meninggalkan jejak sidik jari, tapi tergolong licin jika digenggam tanpa casing. 

Masih di bagian belakang, terdapat housing kamera yang cukup unik karena ukuran dan bentuknya yang berbeda dari sang pendahulu. Housing ini didesain berbentuk pil besar yang menampung tiga lensa yang juga lumayan besar. Ketebalan housing kamera belakang mengharuskan penggunanya menggunakan casing karena lumayan cukup tebal. 

Beralih ke bagian depan, terbentang layar AMOLED berukuran 6,67 inci dengan bezel yang ultra tipis, rasio layar ke bodi 93% dan refresh rate 120Hz. Kamera depan ditempatkan di dalam punch hole di bagian atas layar, dengan ukuran standar yang tidak akan menghalangi visual dalam layar. 

Tombol dan port yang ada di ponsel ini: tombol daya terletak di sisi kanan, tombol volume di sisi kiri, slot kartu SIM, speaker, mikrofon dan port USD tipe-C di sisi bawah, sedangkan di bagian atas terdapat mikrofon dan speaker lainnya.

Kamera

Portrait Expert adalah jargon untuk hampir seluruh ponsel OPPO, termasuk Reno8 T 5G ini. Adapun konfigurasi kamera belakangnya antara lain 108MP kamera portrait, 2MP kamera depth, dan kamera microlens 40x. Sementara kamera depannya beresolusi 32MP.

Perlu diketahui, ini merupakan ponsel pertama OPPO yang mengusung resolusi tinggi 10MP dengan teknologi NonaPixel Plus, menggabungkan sembilan piksel menjadi satu piksel raksasa. Gunanya, kamera dapat menyerap cahaya sebanyak mungkin sehingga meningkatkan kemampuan foto di segala kondisi cahaya.

Di bawah ini adalah hasil foto malam menggunakan OPPO Reno8 T 5G. Foto pertama diambil menggunakan kamera utama ponsel yang menampilkan warna yang hidup dan detail yang tajam. Ketika di-zoom, tulisan di bagian atas gambar juga masih terlihat dengan jelas. Bahkan, orang yang ada di dalam angkot pun masih terlihat jika Sahabat Tek perbesar di bagian itu.Kamera malam OPPO Reno8 T 5GDitambah, kamera dibekali teknonlogi AI yang mampu mengurangi noise piksel dan keburaman pada wajah sehingga membantu menyempurnakan foto portrait dalam kondisi gelap. Seperti gambar di bawah ini, meski detail teksturnya kurang tajam, namun wajah menjadi terang dan separasi antara latar belakang dengan subjek masih oke. Kamera potret malam OPPO Reno8 T 5GJika foto malam memadai, begitu juga dengan foto siang atau kondisi cahaya yang mencukupi. Dengan resolusi 108MP, kamera dapat menangkap gambar dengan detail yang baik. Seperti gambar di bawah ini, jika diperbesar tekstur kulit dinosaurusnya tetap terlihat, begitu juga dengan awannya.

Kemudian pada gambar selanjutnya, kami menguji kemampuan HDR-nya. Hasilnya, muka subjek kelihatan jelas dan tidak under exposure. Detail pada baju subjek juga terlihat jelas. 

Di bagian belakang, warna hijaunya cerah, juga gedung kelihatan jelas meski jaraknya jauh. Tekstur awan masih terlihat jelas (tidak over-esposure). Secara keseluruhan, masing-masing exposure sesuai dengan porsinya. 

Foto HDR OPPO Reno8 T 5G
Untuk kamera potretnya...

    Share
    ×
    tekid
    back to top