sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id oppo
Sabtu, 24 Jul 2021 11:07 WIB

Review OPPO Reno6, fitur video makin ciamik

Tidak berlebihan jika slogan OPPO Reno6 adalah “Every Motion, In Portrait”, OPPO menawarkan fitur inovatif baru pada kemampuan video Reno6.

Review OPPO Reno6, fitur video makin ciamik

OPPO Reno6 baru saja diresmikan kehadirannya di Indonesia. Ponsel tersebut menghadirkan beberapa peningkatan, terutama di bidang kamera. Oleh karenanya, tidak berlebihan jika slogan OPPO Reno6 adalah “Every Motion, In Portrait”. Jumlah seluruh kamera pada ponsel ini adalah 5, yang terdiri dari 4 kamera belakang dan 1 kamera  depan. Berikut hasil ulasan yang saya lakukan.

Desain

Reno6 menggunakan bahasa desain Reno Glow, yakni teknik menampilkan 5 lapisan Diamond Spectrum. Dengan demikian bahan pada bodinya dapat memancarkan jutaan warna, berkali lipat dari ribuan warna yang dihasilkan dari 3 lapisan Diamond Spectrum pada OPPO Reno5.

Lima lapisan Diamond Spectrum pada ponsel tersebut memiliki peranan berbeda, di antaranya lapisan reflektif yang dapat menghasilkan rangkaian warna layaknya pelangi, lapisan lensa fresnel yang dapat memproyeksikan spektrum warna beragam, atau lapisan akhir transparan yang dapat memperkuat berbagai refleksi warna pada warna sebelumnya.

Selain dari sisi warna, OPPO Reno6 juga tampil tipis dan ringan. Perangkat ini hanya memiliki ketebalan 7,8 mm dan juga berat hanya 173 gram. Kombinasi keduanya menghasilkan perangkat ponsel yang ramping sekaligus nyaman digenggam dengan satu tangan.

Ponsel terbaru dari OPPO ini tampil pula dengan layar bertipe Single Punch-Hole Display. Layarnya sendiri menggunakan teknologi AMOLED berukuran 6,4 inci serta keempat bezel yang tipis sehingga memiliki rasio screen-to-body 91,7%. Resolusi yang diberikannya cukup tinggi dengan 2.400 x 1.080 piksel serta refresh rate 90 Hz demi kelancaran pergerakan konten yang ada di layar.

Sensor sidik jari Reno6 terdapat pada layar, sehingga dapat mempertahankan estetika desain ponsel secara keseluruhan. Sisi bawah terdapat port audio 3.5 mm, mikrofon, port USB-C, dan speaker. Tombol volume ada di sisi kiri, dan tombol daya ada di sebelah kanan. Untuk sisi atas, hanya terdapat mikrofon.

Kamera

Sebelumnya sudah dikatakan bahwa kamera belakang Reno6 terdapat 4 unit. Ini terdiri dari kamera utama beresolusi 64 MP, kamera lensa ultra  lebar beresolusi 8 MP, kamera makro beresolusi 2 MP, dan terakhir adalah kamera depth sensor (mono) dengan sensor beresolusi 2 MP. Sedangkan kamera depan memiliki resolusi 44 MP. Sektor video pada OPPO Reno6 juga memiliki kualitas yang sangat baik berkat beragam fitur yang diberikannya.

Ketika memotret, kamera utama memberikan hasil yang sangat baik. Warnanya terlihat alami pada setiap setiap daun-daun di pepohonan dan seluruh subjek lainnya. Selain warna, tekstur yang dihasilkannya juga sangat baik, ini terlihat pada setiap dahan dan batang pohon. Kualitas exposure-nya juga dapat diandalkan, tidak bentuk awan terlihat jelas meski saya memotretnya.

Kamera utama

 

Seperti namanya, kamera lensa ultra  lebar memungkinkan kamu mengambil pemandangan yang lebih luas. Kualitasnya sama seperti ketika memotret menggunakan kamera utama, ini dapat dibuktikan pada warna dedaunan dan exposure pada langit. Pada tepi frame tetap terlihat lurus tanpa bengkok, ini artinya tidak ada gangguan distorsi.

Ultra lebar

 

Ketika kamu menginginkan hasil foto subjek dengan latar belakang bokeh layaknya mengambil menggunakan DSLR  atau mirrorless, maka dapat memilih mode Portrait. Hasil dari separasi antara pinggiran subjek dan layar belakang terpisah dengan baik.

Hasil mode Portrait

 

Memotret subjek membelakangi cahaya bukan masalah bagi OPPO Reno6. Pasalnya, warna daun dan batang pohon yang saya foto tidak menampilkan gejala under-exposure. Subjek di belakangnya juga masih terlihat dengan jelas tanpa exposure yang tumpang tindih.

HDR kamera belakang

 

Saya menyukai foto yang dihasilkan kamera makro dari ponsel Reno6. Secara keseluruhan warnanya terlihat baik, dan hal yang tidak kalah penting adalah bahwa kamera ini sangat minim gangguan shutter lag sehingga hewan lalat yang saya foto tetap tajam meski ia banyak bergerak.

Makro

 

Keunggulan kualitas kamera belakang Reno6 tidak hanya terjadi pada siang hari, tetapi juga pada malam hari. Mode malam (Night Mode) ponsel berperforma bagus ketika memotret malam hari yang dengan kelengkapan hiasan lampu-lampu warna warna. Gangguan noise pada area gelap dapat diatasi dengan baik. hal yang tidak kalah menarik adalah detail etal pernak-pernik pada lampu-lampu tetap terlihat jelas. Sayangnya,terkadang terdapat gangguan flare pada beberapa hasil foto yang saya ambil.

Night mode

Terkadang foto malam ada gangguan flare

 

Kamera depan beresolusi 44 MP pada Reno6 menghasilkan foto dengan detail tinggi. Berkat kecerdasan buatan atau AI,, kamera depan juga dapat menampilkan efek bokeh di layar belakang subjek. Tidak ada pencampuran antara pinggiran subjek dan latar belakang. Kamu dapat memilih mode Portrait untuk menambahkan efek blur di bagian belakang.

Bokeh kamera depan

 

Kamu tidak perlu khawatir ketika ingin ber-selfie ria saat membelakangi cahaya, bahkan cahaya matahari. Wajah subjek tetap pada warna yang alami dan dikombinasikan latar belakang yang tampil tanpa gangguan paparan cahaya yang terlalu tinggi. Bahkan, kamu dapat melihat detail daun dan awan secara jelas.

HDR kamera depan

 

Ingin melakukan selfie ketika malam hari? OPPO Reno6 memiliki kualitas yang sangat baik. Ketika mengujinya dengan hanya bantuan beberapa lampu kondisi malam hari, hasil kamera depan menawarkan foto yang terang dengan white balance yang akurat. Tidak terlihat pula gangguan noise yang terlalu mengganggu.

Night mode kamera depan

 

Fitur-fitur videografi OPPO Reno6 juga mendpat peningkatan. Jika pernah melihat video profesional di mana lampu latar yang semarak diubah menjadi lingkaran cahaya bokeh yang sangat indah, kita akan berfikir video tersebut dibuat menggunakan oleh sebuah lensa dan peralatan yang mahal. Kini, kamu dapat merasakan keindahan foto dan potret bokeh Flare video baik di kamera belakang maupun kamera depan.

Bokeh Flare Portrait Video menggunakan algoritma kecerdasan buatan OPPO untuk menunjukkan dengan tepat sumber cahaya asli pada pada latar belakang dan menciptakan titik cahaya bokeh pada berbagai tingkatan kedalaman, meniru apa yang dihasilkan oleh kamera profesional.

Dalam skenario lingkungan yang gelap atau subjek membelakangi sumber cahaya, maka yang umumnya terjadi adalah wajah pada subjek tampak gelap. Di sini lah algoritma Ultra Night Video akan aktif secara otomatis dan mencerahkan lingkungan sekitar. Termasuk pada area wajah subjek.

Selain foto, mode video pada OPPO Reno juga memungkinkan hasil dengan latar belakang bokeh. Caranya adalah dengan menekan ikon bulan yang berada di atas, tepat di sebelah kanan tombol AI. hasilnya sangat baik, efek bokeh dapat  dibuat secara real-time tanpa gangguan lagging.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by @tekidreview

 

Fitur inovatif video yang kedua adalah permainan exposure, namanya AI Mixed Portrait. Fitur ini menghadirkan efek video exposure ganda ke ponsel, sehingga bisa dibuat dengan sangat mudah. Fitur ini bisa ditemukan pada tab More, dan pilih ikon AI Mixed Portrait. Tak hanya menggunakan video baru, kamu juga bisa menggunakan video lama dari rekaman yang sudah diambil sebelumnya.

AI Mixed Portrait

 

Selanjutnya ada fitur Dual-view Video, fitur ini memungkinkan pengambilan video menggunakan kamera depan dan belakang secara bersamaan. Fungsi perekaman perspektif ganda ini dengan mudah menggabungkan pengguna dan subjek yang direkam dalam satu bingkai video yang sama.

Fitur tersebut bertujuan untuk mengambil video dua orang yang menggunakan kamera depan dan belakang. Akan tetapi, fitur ini juga cocok digunakan untuk para vlogger dan konten creator. Fitur ini bisa ditemukan pada tab More, dan fitur Dual-view Video bisa ditemukan di sisi kiri atas.

Dual-view Video menawarkan tiga jenis tampilan, yang meliputi Split, Round, dan Rectangle. Pada tampilan Round dan Rectangle, kalian juga bisa menggeser bulatan dan kotak kecil yang menampilkan tampilan muka.

Dual-view Video

 

    Share
    ×
    img
    ×
    tekid
    back to top