sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id oppo
Jumat, 11 Jun 2021 16:30 WIB

Review OPPO Enco Buds: bass lebih enak dan minim latensi

Enco Buds hadir dengan karakter bass yang lebih bertenaga. Selain itu, mode gim pada TWS ini membuatnya bisa dijadikan earphone untuk menemani sesi bermain gim kamu.

Review OPPO Enco Buds: bass lebih enak dan minim latensi

Enco Buds adalah earphone true wireless stereo (TWS) terbaru dari OPPO yang diperkuat dengan sistem konektivitas binaural berkat Bluetooth 5.2. Teknologi ini memungkinkan masing-masing earphone kanan dan kiri langsung mendapat transmisi audio dari perangkat sumber (misalnya ponsel). Ini memungkinkan latensi yang lebih minim ketimbang metode transmisi relay dari earphone kiri dan kemudian diteruskan ke earphone kanan. Baterai dari OPPO Enco Buds mampu bertahan hingga 24 jam. Berikut hasil ulasan yang saya lakukan.

Desain & pengoperasian

Seperti TWS lain di pasar, tentu saja Enco Buds hadir pula dengan kotak pengisian. Kotak pengisian TWS terbaru dari OPPO ini menghadirkan desain yang minimalis dan ergonomis. Perangkat pengisian tersebut hadir dengan rancang bagun lonjong tanpa sudut sehingga terasa nyaman ketika dipegang.

Secara keseluruhan, kotak pengisian daya Enco Buds terbuat dari plastik mengkilap atau glossy. Meskipun berbahan plastik, tetap terasa kokoh dengan engsel yang kuat pula. Kamu dapat mengisi ulang baterainya via port USB-C yang ada di bagian belakang perangkat. Ada pula lampu LED yang menampilkan warna berbeda-beda sesuai dengan status baterai dan lainnya.

Penutup kotak pengisian daya mudah dibuka berkat celah di bagian depan. Engsel penutupnya memiliki magnet agar selalu tertutup rapat. Di sisi lain, ada mekanisme yang dibuat sedemikian rupa agar penutup dapat tetap terbuka. Hal ini dapat memungkinkan kamu mengakses pengoperasian lain pada earphone, misalnya ketika ingin melakukan reset TWS.

Bentuk earphone-nya sendiri juga sangat ringkas, hanya berbentuk menyerupai bulatan. Meski sangat ringkas, OPPO mendesainnya agar pas di lekukan telinga. Kamu dapat mengganti ujung karet silikon Enco agar pas di telinga, silikonnya tersedia dalam paket penjualannya. Sebagai catatan, selain alasan kenyamanan, karet silikon yang pas di lubang telinga juga salah satu penentu kualitas musik.

Bagian belakang masing-masing earphone terdapat sensor kapasitif sehingga dapat diakses menggunakan sentuhan. Kamu dapat mengoperasikan playback musik menggunakan sensor sensitif sentuhan itu. Ketik sekali untuk melakukan Play/pause musik, ketuk dua kali untuk mengganti lagu atau menjawab/mengakhiri panggilan telepon, dan ketuk tiga kali untuk mengaktifkan Mode Game.

Akses pengoperasian Enco Buds tidak berhenti di situ saja. Pasalnya, OPPO juga merancangnya agar dapat mengakses tingkat volume. Untuk meningkatkan volume, tekan dan tahan area sensor earphone kanan. Sedangkan untuk mengurangi tingkat volume, tekan dan tahan area sensor earphone kiri. Tidak semua TWS yang ada di pasar dapat mengakses volume langsung pada perangkat TWS. Dengan demikian, Enco Buds menawarkan penggunaan yang lebih praktis dibanding rata-rata TWS lainnya.

Performa

Sangat mudah dan praktis untuk menghubungkan Enco Buds ke ponsel untuk pertama kali (pairing). Cukup Buka penutup kotak Enco Buds, ini akan memungkinkan earphone masuk ke dalam mode pairing. Kemudian, di pengaturan Bluetooth ponsel, pilih OPPO Enco Buds.

Jika kamu pengguna ponsel OPPO, pairing akan lebih mudah lagi. Setelah membuka penutup earphone, ponsel akan langsung menampilkan prompt Enco Buds dan kamu tinggal konfirmasi sambungannya. Kepraktisan lain yang ada Enco Buds adalah fitur Auto Reconnect. Setelah kamu memasukkan Enco Buds ke kotaknya, ia akan secara otomatis terhubung kembali ke perangkat yang sebelumnya telah terhubung.

Kamu juga dapat melakukan kustomisasi kontrol area sensor earphone. Jika pengguna ponsel OPPO, cukup masuk buka menu pengaturan Bluetooth dan pilih ‘Earbuds Functions’ Di sini, kamu dapat bebas melakukan konfigurasi ulang akses pengoperasian sesuai keinginan. Jika bukan pengguna ponsel OPPO, kamu dapat mengunduh aplikasi HeyMelody untuk melakukannya.

Karena masing-masing earphone memiliki bobot hanya 4 gram, maka telinga tidak akan terasa pegal jika terlalu lama digunakan. TWS ini juga tidak akan mudah terjatuh ketika digunakan saat kamu sedang aktif seperti berolahraga. Tidak ketinggalan pula, Enco Buds sudah mengantungi sertifikasi IP54 agar tahan terhadap air maupun keringat.

Untuk mengetahui kualitas suaranya, saya memutar beberapa lagu di aplikasi Spotify dengan kualitas tertinggi. Lagu pertama yang saya dengarkan adalah berjudul ‘The Monster’ yang dinyanyikan oleh Eminem dan Rihanna. Awal-awal lagu diputar suara vokal Rihanna terdengar alami, demikian pula dengan suara backing vocalnya di channel kiri dan kanan. Lebar separasi backing vocal terasa cukup luas untuk TWS di kelasnya. Tetapi sayangnya nada berfrekuensi tinggi atau treble kurang responsif, ini dikarenakan tidak terlalu terarah dan terkadang tertutup oleh suara alat musik berfrekuensi menengah.

Untuk suara bass, frekuensi rendah yang dimilikinya dapat terdengar dengan baik. Area ini tidak mendominasi suara frekuensi lain di lagu tersebut. Bahkan, tidak ada gangguan distorsi ketika volume saya tingkatkan.

Suara bass saya uji pula dengan mendengarkan lagu dengan judul ‘I Don’t Wanna Know’ (versi remaster 2016) oleh Mario Winans featuring Enya dan P. Diddy. Tendangan frekuensi rendah cukup bulat di seluruh lagu. Namun sekali lagi, frekuensi tinggi yang seharusnya beriringan dengan hempasan bass tidak terlalu terasa sebagaimana mestinya. Meski demikian, suara sayup-sayup piano yang terdapat di channel kiri dan kanan dapat direpresentasikan dengan baik dengan performa yang lebar.

Ketika mengujinya dengan memutar suara bass dengan frekuensi sangat rendah, Enco Buds dapat melewatinya dengan baik. Ini dibuktikan ketika saya mendengarkan lagu berjudul ‘Can I Have it Like That?’ yang dilantunkan oleh Pharrel Williams dan Gwen Stefani. Keunggulan bass di sini tidak serta merta mengorbankan frekuensi lainnya. Artinya bass tidak menutupi suara vokal atau backing vocal, tidak ada pula gangguan distorsi.

Ruang yang diberikan oleh efek stereo juga lumayan bagus. Pasalnya, ini dapat direpresentasikan dengan baik ketika nada rendah bercampur dengan nada menengah yang bergerak bertahap dari channel kiri, tengah, dan kemudian lanjut ke channel kanan.

Selain mendengarkan lagu untuk mengetahui performanya, saya juga mencoba TWS baru milik OPPO ini untuk menemani sesi bermain gim. Mode Game yang dimilikinya memungkinkan latensi yang sangat minim. Untuk gamer kasual, mode akan ini sangat membantu. Kualitas suara yang diberikannya cukup bagus, menghadirkan surround yang andal sehingga mudah menentukan arah datangnya suara ketika bermain gim PUBG Mobile.

Setelah memainkan PUBG Mobile, saya juga menjalankan gim balapan seperti Beach Buggy Racing 2. Kualitas suaranya sangat responsif, bahkan suara senjata lawan dari arah belakang tetap terdengar dengan baik. Ini memungkinkan saya untuk selalu waspada dan menghindar. Untuk mengaktifkan mode ini, kalian bisa mengetuk earphone 3 kali di sisi kiri/kanan atau mengaktifkannya melalui aplikasi.

Kesimpulan

Setelah mencobanya beberapa hari, saya merasa OPPO Enco Buds memiliki pengoperasian yang praktis. Sebut saja akses volume langsung dari earphone, ini sangat membantu ketika sedang berolahraga tanpa repot-repot mengambil ponsel untuk menyesuaikan volume.

Secara keseluruhan, suara yang dihadirkannya terbilang bagus. Bila kamu termasuk orang penggemar bass serta separasi stereo yang lebar, TWS dari OPPO ini cocok untuk kamu. Enco Buds bisa menjadi pilihan ketika kamu sedang mencari TWS baru yang terjangkau dan bisa menemani sesi bermain gim, harganya adalah Rp599.000.

85
OPPO Enco Buds
 
Keunggulan
  • Ruang stereo bagus
  • Bass bagus
  • Pengoperasian mudah
 
Kekurangan
  • Treble kurang responsif
Share
×
tekid
back to top