sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id oppo
Kamis, 20 Okt 2022 11:32 WIB

Review OPPO Enco Air2 Pro, suara jempolan dan banyak fitur keren

OPPO Enco Air2 Pro hadir dilengkapi dengan driver super besar 12,4 mm. Earphone TWS ini hadir pula dengan ANC untuk menghilangkan suara bising di sekitar pengguna.

Review OPPO Enco Air2 Pro, suara jempolan dan banyak fitur keren

Earphone TWS (true wireless stereo) memungkinkan kita mendengarkan musik secara personal dengan tidak mengandalkan kabel sama sekali. Rata-rata earphone jenis ini mengandalkan Bluetooth untuk terhubung dengan perangkat pintar (seperti ponsel dan lainnya). Untuk OPPO Enco Air2 Pro, TWS ini mengandalkan teknologi konektivitas Bluetooth 5.2.

OPPO Enco Air2 Pro juga diperkuat dengan sistem binaural. Teknologi ini memungkinkan masing-masing earphone kanan dan kiri langsung mendapat transmisi audio dari perangkat yang terhubung. Cara ini memungkinkan latensi yang lebih rendah ketimbang metode transmisi relay dari earphone kiri dan kemudian diteruskan ke earphone kanan. Selain itu, terdapat fitur Active Noise Cancellation (ANC) yang dapat meredam suara bising di sekitar pengguna.

Desain dan pengoperasian

Sebagai TWS, tentu saja earphone nirkabel OPPO Enco Air2 Pro hadir dengan kotak pengisian daya. Meski demikian, kotak pengisian pada perangkat audio ini memiliki desain dengan tampilan berbeda jika dibandingkan dengan kebanyakan kotak pengisian yang ada di pasaran. Pasalnya, OPPO menghadirkan bagian atas yang transparan sehingga sangat menarik perhatian. Desain ini diberi nama dengan Refractive Bubble Case.

Bodi dari kotak pengisian daya ini memiliki material yang halus serta berbentuk elips. Tutup dari casing pengisian daya ini memiliki mekanisme magnet agar dapat diakses dengan mudah. Ketika pertama kali dibuka, maka perangkat ini secara otomatis akan masuk ke dalam mode pairing. Ada pula lampu LED kecil di sisi depan untuk menginformasikan perangkat dalam mode pairing. Lampu ini juga berguna memberi tahu tingkat baterai ketika sedang diisi ulang.

Meskipun berbahan plastik, kotak pengisian daya Enco Air2 Pro tetap terasa sangat kokoh dengan engsel yang kuat pula. Kamu dapat mengisi ulang baterainya via port USB-C yang ada di sisi bawah perangkat.

Bentuk dari masing-masing earphone Enco Air2 Pro dirancang secara khusus agar pas di lubang telinga. Meskipun dipakai dalam durasi yang lama, earphone ini tetap terasa nyaman dan tidak mudah lepas maupun bergeser. Masing-masing earphone kiri dan kanan memiliki bentuk yang unik, sehingga kamu tidak akan terbalik menggunakannya di telinga kiri atau kanan.

Earphone tersebut memiliki desain in-ear, di mana ujungnya dilengkapi dengan bahan silikon. Dalam kemasannya terdapat tiga pasang ujung silikon dengan ukuran berbeda sehingga kamu dapat bebas memilih ukuran mana yang sesuai di telinga.

OPPO mendesain earphone tersebut dengan sertifikasi IP54. Dengan demikian, Enco Air2 Pro aman terhadap debu dan cipratan air. Oleh karena itu, TWS ini cocok untuk digunakan ketika beraktivitas atau berolahraga di luar ruangan.

Ukuran driver dari TWS ini sangat besar untuk ukuran earphone, yaitu 12,4 mm. Sebagai perbandingan, rata-rata ukuran diameter driver untuk perangkat di kelasnya adalah 10 mm. Oleh sebab itu, dengan driver lebih besar, Enco Air2 Pro menghasilkan bass yang lebih mendalam tanpa mengorbankan frekuensi menengah dan rendah. Hal yang tidak kalah menarik adalah driver pada earphone ini dilapisi dengan bahan titanium.

Terdapat pula sensor kapasitif di bagian belakang earphone. Sensor ini dapat mengakses pengoperasian dengan cara menyentuhnya saja. Contoh, ketuk dua kali untuk mengganti lagu ke track selanjutnya. Kamu juga dapat mengalihkan antara mode ANC dan mode Transparency dengan cara menekan dan menahan sensor tersebut.

Kamu juga dapat melakukan kustomisasi kontrol area sensor earphone. Jika pengguna ponsel OPPO, cukup buka menu pengaturan Bluetooth dan pilih ‘Earbuds Functions’. Di sini, kamu bebas melakukan konfigurasi ulang akses pengoperasian sesuai keinginan. Jika bukan pengguna ponsel OPPO, kamu dapat mengunduh aplikasi HeyMelody untuk melakukannya.

Performa

Sangat mudah dan praktis untuk menghubungkan Enco Air2 Pro ke ponsel (pairing). Cukup buka penutup kotak Enco Air2 Pro, ini akan memungkinkan earphone masung ke dalam mode pairing. Kemudian di pengaturan Bluetooth ponsel, pilih OPPO Enco Air2 Pro.

Di sisi lain, jika kamu pengguna ponsel OPPO, proses pairing akan lebih mudah lagi. Setelah membuka penutup earphone, ponsel akan langsung menampilkan prompt Enco Air2 Pro dan konfirmasi sambungannya. Untuk melakukan cara ini, pastikan Bluetooth di ponsel OPPO sudah diaktifkan. OPPO menyebut fungsi ini sebagai Open-Up Flash Connect.

Kepraktisan lain yang ada di Enco Air2 Pro adalah fitur Auto Reconnect. Fitur ini memungkinkan earphone secara otomatis terhubung kembali ke perangkat yang sebelumnya telah tersambung ketika kamu membuka penutup kotak pengisiannya.

Kualitas suara yang ada di earphone ini dapat disesuaikan dalam pengaturan bernama ‘Enco Live sound effects’. Kamu dapat memiliki tiga preset yang ditawarkan oleh efek suara, ini terdiri dari Original Sound, Bass Boost, dan Clear Vocals. Pilihan Original Sound cocok untuk kamu yang menginginkan suara uang terdengar alami. Sedangkan jika kamu penyuka bass, maka dapat memilih preset Bass Boost. Di sisi lain, sesuai namanya, preset Clear Vocals memungkinkan earphone menampilkan suara vokal lebih jelas yang cocok untuk musik bergenre pop.

Kamu juga dapat menggunakan Enco Air2 Pro untuk melakukan panggilan telepon. Dengan fitur Dual-Mic AI Noise Cancellation, suara ketika melakukan pembicaraan telepon terdengar jelas. Pasalnya, earphone ini secara pintar mampu mereduksi suara gangguan di sekitar pengguna. Pada saat yang sama, lawan bicara kita juga akan mendengar suara yang jelas berkat mikrofon berkualitas tinggi.

Tidak perlu khawatir akan kehabisan baterai ketika menggunakan Enco Air2 Pro saat melakukan perjalanan jauh tanpa. Sebab, perangkat audio ini mampu bertahan hingga 7 jam saat mendengarkan musik. Tidak berhenti disitu saja, TWS ini juga memiliki tambahan baterai hingga 28 jam jika dipadukan dengan kotak pengisian dayanya. OPPO merancang Enco Air2 Pro dengan fast charging (pengisian cepat). Kamu dapat mendengarkan musik selama dua jam hanya dengan pengisian daya baterai selama 10 menit.

Kamu tidak perlu repot-repot secara manual menekan tombol pause di ponsel ketika ingin menjeda musik. Pasalnya, earphone nirkabel tersebut dilengkapi dengan fitur In-Ear Detection. Artinya, musik yang diputar akan secara otomatis berhenti ketika kamu melepas salah satu earphone yang ada di telinga. Musik pun akan secara otomatis lanjut ketika kamu memakai earphone kembali ke telinga.

Sebelumnya telah dikatakan bahwa earphone TWS Enco Air2 Pro hadir dengan sensor untuk kontrol musik dan ANC/Transparency. Namun, ada lagi penggunaan praktis yang melibatkan sensor pada TWS ini, yaitu kamu dapat mengambil foto dengan hanya mengetuk dua kali bagian sensor Enco Air2 Pro ketika membuka aplikasi kamera pada ponsel.

Ketika mendengarkan musik di area yang ramai, bukan masalah bagi Enco Air2 Pro. Pasalnya, fitur Active Noise Cancellation (ANC) yang diberikannya cukup andal untuk memblokir suara bising sekitar dengan optimal. Dengan demikian, kamu hanya mendengar musik tanpa gangguan dari suara luar. Ada pula mode Transparency yang memungkinkan kamu mendengar suara luar yang ditangkap dari mikrofon Enco Air2 Pro. Mode ini sangat berguna ketika kamu sedang berolahraga dengan lebih aman dari objek sekitar seperti kendaraan.

Untuk mendengarkan kualitas suaranya, saya mendengarkan musik berjudul ‘Beautiful in White’ yang dinyanyikan oleh Shane Filan menggunakan aplikasi Spotify dengan kualitas terbaik atau ‘Very High’. Lagu ini terdengar sangat baik dengan instrumen intro terdengar secara rapi ditambah dengan suara lonceng yang lembut bergantian di channel kiri dan kanan. Suara vokal terdengar alami ditambah alat musik gitar dan drum dengan separasi stereo yang bagus. Di sini, seluruh alat musik terdengar dengan jelas tanpa mendominasi satu sama lain. Suara bass yang dihasilkannya pun terdengar baik.

Selain berkualitas bagus saat mendengarkan musik, OPPO Enco Air2 Pro juga dapat diandalkan ketika digunakan untuk bermain gim. Pada earphone ini, terdapat mode gim (Game Mode). Setelah mengaktifkannya, earphone memiliki latensi yang lebih rendah hingga 94 ms.Oleh karena itu, tidak ada delay antara pergerakan di dalam gim dan suara yang terdengar dalam earphone. Kualitas surround yang diberikannya juga memungkinkan pengalaman bermain lebih asyik.

Kesimpulan

Selain kualitas suara yang bagus, OPPO Enco Air2 Pro menawarkan pengoperasian yang praktis sehingga tidak perlu mengatur playback musik dari ponsel yang terhubung. Selain itu, cara pairing yang mudah dapat menghemat waktu ketika ingin mendengarkan musik.

Beragam fitur yang diberikannya memudahkan penggunaan dan dapat meningkatkan kualitas suara, ini dibuktikan oleh ANC, sensor kapasitif, sensor telinga, dan lainnya. Dengan IP54 dan bentuk yang ergonomis pada setiap earphone, OPPO Enco Air2 Pro cocok digunakan dalam skenario apa pun, termasuk olahraga. Baterai yang tahan lama ditambah dengan pengisian cepat, kamu tidak perlu takut akan kehabisan baterai saat mendengarkan musik atau bahkan bermain gim. Harga untuk OPPO Enco Air2 Pro adalah Rp1.099.000.

Share
×
tekid
back to top