sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id advo
Senin, 17 Mei 2021 13:15 WIB

Review OPPO A74, cocok buat penggemar gim kekinian

Dibanderol seharga Rp3.499.000, OPPO A74 cocok untuk sahabat Tek yang gemar bermain gim dan ingin selalu tampil trendi.

Review OPPO A74, cocok buat penggemar gim kekinian
Ini adalah smartphone OPPO A74

Pada April lalu, OPPO menghadirkan smartphone A74 ke Indonesia. Smartphone ini hadir untuk memenuhi kebutuhan pengguna muda yang menyukai perangkat untuk bermain gim dan juga memiliki tampilan yang kekinian. Nah kali ini, tim Tek.id berkesempatan mencoba OPPO A74 selama kurang lebih satu minggu dan begini hasil ulasannya. 

Desain 
OPPO A74 hadir dalam dua varian warna, yakni Prism Black dan Midnight Blue. Kedua warna ini membuat smartphone ini terlihat futuristik dan juga premium. Smartphone ini juga tampil dengan bodi tipis dan stylish, yang memiliki bobot sekitar 175 gram serta ketebalan hanya 7,95mm. Terlebih lagi, smartphone ini tampil dengan 3D curved pada bodi belakangnya yang membuatnya semakin nyaman untuk digenggam dalam waktu lama. 

Berbicara layar, OPPO A74 menampilkan layar AMOLED yang lega berukuran 6,43 inci dengan screen-to-body ratio 90,8%. Layarnya juga memiliki resolusi FHD+ (2400 × 1080 piksel), aspek rasio 20:9, dan memiliki kecepatan refresh 60Hz. Oh iya, layar smartphone ini juga memiliki desain punch hole di sudut kiri atas layar untuk menempatkan kamera selfie-nya dan memiliki bezel tipis untuk membuat layarnya semakin lega. 

Bukan hanya lega, OPPO membekali layarnya dengan All-day AI Eye Care, yang menggabungkan serangkaian fitur termasuk AI Smart Backlight dan DC Dimming untuk membuat penggunanya merasa nyaman. Di mana, fitur AI Smart Backlight akan secara otomatis menyesuaikan pengaturan lampu latar sepanjang hari dengan mempelajari bagaimana pengguna menyesuaikan kecerahan secara manual dalam kondisi pencahayaan yang berbeda.

Sedangkan DC Dimming akan mengubah kecerahan layar dengan menyesuaikan daya pada sirkuit, yang akan mengurangi kedipan layar dan mengurangi ketegangan mata karena menonton video atau bermain gim. Bukan hanya itu, layarnya juga sudah mendukung In-Display Fingerprint 3.0 dan Face Unlock untuk sistem keamanan smartphone

Di bagian belakang, pengguna akan menemukan konfigurasi tiga kamera belakang yang ditata dengan format persegi panjang. Tentunya ketiga kamera tersebut juga dilengkapi LED flash untuk menunjang kegiatan fotografi dalam kondisi minim cahaya. Kemudian di bagian kiri smartphone terdapat tombol volume dan slot kartu, sedangkan tombol power berada di sisi kanan bodi smartphone. Sementara di bagian bawah bodi terdapat speaker, jack audio 3.5mm, dan port pengisi daya USB Type-C. 

Kamera
Beralih ke kameranya, OPPO A74 menawarkan tiga kamera belakang yang dilengkapi dengan teknologi Artificial Intelligence (AI) sehingga memungkinkan pengguna bisa lebih kreatif dalam kegiatan fotografi. Kamera utamanya memiliki resolusi 48MP, yang dilengkapi kamera bokeh beresolusi 2MP, dan kamera makro beresolusi 2MP yang mampu menangkap gambar dengan detail kecil. 

Ini adalah hasil gambar dari kamera belakang OPPO A74

Tak ketinggalan, ketiga kamera tersebut juga dilengkapi LED flash yang memungkinkan pengguna mengambil gambar apik meski dalam kondisi minim cahaya. OPPO turut membekali smartphone ini dengan beragam fitur menarik pada kameranya. Termasuk fitur AI Scene Enhancement, yang dapat mengenali objek terlihat dengan cerdas. Jadi fitur ini akan secara otomatis dapat menyesuaikan kondisi cahaya, warna dan kontras dalam setiap bidikan, baik berupa tanaman, makanan, lanskap, pantai, dan skenario lainnya. 

Ini adalah hasil gambar dari kamera belakang OPPO A74

Ini adalah hasil gambar dari kamera belakang OPPO A74

Sedangkan untuk kebutuhan fotografi saat malam hari, pengguna dapat mengandalkan fitur Night Mode yang memungkinkan menangkap gambar jernih meski saat kondisi minim cahaya. Tak ketinggalan, fitur Portrait-nya juga mampu menyeleksi objek dengan latar belakang gambar dengan apik untuk menghasilkan efek blur yang rapi. 

Kemudian pada kamera depannya dibekali resolusi 16MP dengan aperture f/2.4. Kamera ini dilengkapi dengan fitur AI Beautification, yang mampu mengukur cahaya sekitar dan kemudian menerapkan efek beauty sesuai dengan warna kulit orang Indonesia. Jadi, fitur AI Beautification ini mampu membuat hasil selfie lebih menarik tapi tidak dengan efek cantik yang berlebihan. 

    Share
    ×
    tekid
    back to top