sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id acer
Selasa, 27 Apr 2021 13:29 WIB

Review OPPO A54, tawarkan layar dan baterai besar

OPPO A54 diklaim sebagai wajah baru seri A 2021 yang menawarkan desain stylish, layar besar, dan baterai 5000mAh.

Review OPPO A54, tawarkan layar dan baterai besar

Berbagai seri baru sudah OPPO rilis awal tahun ini. Mulai dari jajaran Reno5 yang menyasar kelas premium, kini OPPO mulai menyiapkan jajaran ponsel baru untuk menyasar kelas menengah dengan mulai mengenalkan seri A baru.

Salah satu seri A terbaru adalah OPPO A54 yang resmi dikenalkan pada 29 Maret kemarin. Perangkat ini dipercaya sebagai penerus dari seri A31 yang diluncurkan tahun lalu. Sebagai suksesor, tentunya OPPO A54 membawa beberapa fitur dan teknologi baru, apalagi OPPO A54 dikatakan sebagai wajah baru seri A tahun 2021. 

Desain

OPPO A54 hadir menawarkan layar dengan bentang 6,5 inci yang tergolong cukup luas untuk ukuran ponsel saat ini. Untuk mendapatkan tampilan ponsel-ponsel premium, OPPO A54 sudah mengadopsi kamera muka bergaya punch hole. Kamera selfienya pun sudah mendukung face unlock.

Layar dengan resolusi HD+ 1600 x 720 piksel ini menggunakan panel LCD dengan kerapatan 269 ppi, serta kecerahan hingga 480 nits. Berhubung masih LCD, OPPO A54 tidak mendukung in-display fingerprint, melainkan diletakkan pada tombol daya pada samping bodi. Secara ergonomi, proses pemindaian dan menyalakan smartphone jadi cukup mudah.

OPPO sedang gemar memberikan smartphone dengan profil bodi yang ramping dan tipis. Kali ini ditambah dengan kapasitas baterai berukuran 5000mAh, serta Multi layer Heat Dissipation yang merupakan lembaran grafit untuk penutup layar, rangka tengah, penutup belakang, dan speaker untuk memberikan konduktivitas tinggi saat melepas panas. Mudahnya, tampaknya ini strategi baru OPPO untuk melepas panas dengan cepat.

Alhasil, bodi A54 hadir cukup tipis dengan ketebalan 8,4 mm dengan bobot 192 gram. OPPO A54 juga mengaplikasikan panel 3D untuk mendapatkan kesan elegan sekaligus ramping saat digenggam. 

Tampil tipis, bodi OPPO A54 dibuat kokoh dengan mengganti struktur bahan penutup bagian depan dengan pelat logam tipis yang dipadukan dengan bingkai aluminium. Tampilan cantik wajah baru A54 merupakan proses pelapisan elektroplating yang menampilkan gradasi pada lapisan back cover.

Untuk pertama kalinya OPPO membawa sertifikasi IP rating pada lini seri A dengan harga terjangkau. OPPO A54 dibekali sertifikasi IPX4 yang membuatnya lebih tahan terhadap percikan air. Hal ini membuat OPPO A54 dapat diandalkan sebagai perangkat untuk menemani aktivitas sehari-hari.

Tampilan kamera utamanya juga tampak menarik, dengan housing mengotak yang meliputi tiga buah kamera serta dukungan flash untuk mendukung memotret saat minim cahaya. Perangkat ini juga sudah mengadopsi dukungan AI untuk kemampuan fotografinya.

Performa

OPPO A54 ditenagai prosesor MediaTek Helio P35. Prosesor ini diketahui memiliki dukungan pada resolusi layar tinggi, GPU PowerVR GE8320 dengan kecepatan 680MHz dan mendukung memori LPDDR3 atau LPDDR4x berkecepatan tinggi. Oleh karena itu, OPPO A54 didukung RAM sebesar 4GB LPDDR4x yang diklaim menawarkan peningkatan performa jika dibandingkan dengan seri pendahulunya.

untuk pengalaman penggunaan, OPPO A54 terbilang cukup mumpuni untuk menemani aktivitas sehari-hari pengguna. Ukuran layar yang cuku besar bekerja cukup gesit. OPPO A54 juga dapat menjadi perangkat andalan untuk menemani pengguna yang aktif beraktivitas dengan layar yang dapat memberikan tampilan yang sama baiknya pada siang dan malam. 

Dukungan sertifikasi IPX4 juga memberikan ketenangan tersendiri karena ponsel ini lebih tahan terhadap percikan air. Fitur ini akan sangat mendukung pengguna yang sering berpergian dan aktif diluar ruangan.

Dibekali dengan kapasitas baterai yang besar, OPPO A54 mampu memberikan masa pakai yang cukup panjang hingga kurang lebih 11 jam. masa pakai ini tergolong cukup untuk menemani berbagai aktivitas pengguna saat ini. 

Tak kalah menarik, OPPO A54 juga sudah dibekali fitur Super Power Saving yang dapat diandalkan pada masa-masa kritis baterai untuk bertahan lebih lama. Pada saat daya baterai terisa sedikit, pengguna masih dapat mengandalkan OPPO A54 untuk mencari jalan pulang menggunakan aplikasi navigasi atau berkomunikasi dengan kerabat.

Dipakai bermain gim pun A54 bisa dikatakan cukup irit. Memainkan gim MOBA Garena, Arena of Valor,    selama 1 jam non stop, baterainya hanya berkurang 11% saja. Padahal resolusi grafis di atur pada pengaturan yang cukup tinggi yakni Display Ultra, Display Quality Medium+ dan Particle Quality Medium+. Dengan tampilan yang tajam dan daya tahan baterai yang cukup mumpuni, OPPO A54 bisa jadikan teman saat menunggu waktu berbuka puasa tiba.

Panas? tidak. Selama beberapa kali bermain gim menggunakan OPPO A54, bagian belakang atau pun layarnya tidak mengalami peningkatan suhu yang sangat tinggi hingga mempengaruhi pengalaman bermain gim. 

 

    Share
    ×
    tekid
    back to top