sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id samsung
Senin, 13 Jun 2022 15:04 WIB

Olike Hero T9, TWS terjangkau dan praktis

Hero T9 adalah TWS keluaran terbaru dari Olike. Earphone nirkabel ini memiliki harga yang sangat terjangkau dengan konektivitas Bluetooth 5.3.

Olike Hero T9, TWS terjangkau dan praktis

Salah satu cara mudah mendengarkan musik secara personal adalah dengan menggunakan earphone true wireless stereo (TWS). Sesuai namanya, perangkat earphone ini sama sekali tidak menggunakan kabel dan benar-benar mengandalkan konektivitas nirkabel. Oleh karenanya, tidak ada juntaian kabel yang mengganggu saat dikenakan.

Perusahaan yang baru-baru ini meluncurkan earphone berbasis TWS adalah Olike, dengan produknya bernama Hero T9. Earphone nirkabel ini memiliki konektivitas Bluetooth 5.3 yang menjanjikan hubungan nirkabel stabil. Selain itu, casing-nya memiliki kapasitas baterai 300 mAh. Selain itu, TWS ini memiliki harga yang cukup terjangkau, yaitu Rp299.000.

Desain

Meski harganya tergolong murah, tetapi rancang bangun keseluruhan dari TWS ini cukup solid. Kotak pengisian daya atau casing-nya memiliki bahan material yang jauh dari kata ‘murahan’. Pasalnya, casing ini cukup terlihat apik dengan bahan plastik glossy serta tidak memiliki sudut pada bentuk ovalnya.

Port pengisian daya terdapat pada bagian bawah casing, dengan mengusung desain port USB-C. Dengan demikian, kamu bisa mudah mengisi earphone nirkabel menggunakan kabel charger ponsel Android. Meski demikian, Olike menyediakan kabel USB-C pada kotak kemasannya. Durasi pengisian baterai casing dari kondisi kosong hingga penuh membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam.

Pada bagian tengah casing terdapat lampu LED kecil yang berguna untuk menginformasikan keadaan baterai earphone di dalamnya. Lampu ini akan menyala berwarna oranye ketika sedang mengisi earphone, dan berganti warna hijau ketika baterai earphone sudah penuh. Ketika casing earphone Olike sedang diisi ulang menggunakan charger eksternal, maka lampu LED tersebut akan berkedip berwarna oranye.

Sama seperti TWS kebanyakan, penutup casing earphone ini menggunakan mekanisme magnet sehingga dengan mudah diakses saat dibuka maupun ditutup. Masing-masing earphone ini memiliki bentuk ujung semi in-ear. Artinya, ini memiliki ujung menonjol yang hampir masuk ke telinga sepenuhnya ketika digunakan. Tidak ada juga karet silikon pada ujung earphone. Dengan demikian, mengingatkan saya dengan desain TWS Apple AirPods.

Pengoperasian

Tidak sulit untuk menghubungkan Olike Hero T9 ke ponsel atau perangkat yang mendukung lainnya. Membuka tutup casing earphone ini akan masuk ke dalam mode pairing. Selanjutnya, buka pengaturan Bluetooth pada ponsel, dan pilih ‘Olike Hero T9’ untuk menghubungkan ke earphone. Setelah melakukan pairing, earphone akan secara otomatis terhubung ke ponsel setiap kamu membuka tutup casing.

Terdapat sensor sentuh di bagian belakang atas pada earphone kiri dan kanan. Sensor ini berguna untuk mengontrol musik maupun mengakses panggilan telepon. Misalnya, untuk menjawab/menutup panggilan, tekan sensor pada telinga kiri atau kanan. Kamu juga dapat menolak panggilan masuk dengan menekan area sensor earphone kiri atau kanan selama 3 detik.

Untuk mengontrol musik, Olike Hero T9 dapat memutar/menjeda musik dengan menetak sensor earphone kiri atau kanan sebanyak satu kali. Untuk memutar lagu sebelumnya pada sebuah playlist, kamu dapat menekan sensor dua kali di earphone kiri, dan memutar lagu selanjutnya dengan menekan sensor di earphone sebelah kanan.

Mengatur volume juga dapat langsung dilakukan melalui Hero T9. Untuk menurunkan volume, klik sensor sebanyak 3 kali pada earphone kiri. Sedangkan jika ingin menaikkan volume suara, tekan sensor earphone kanan sebanyak 3 kali. Di sisi lain, kamu juga dapat mengaktifkan Google Assistant atau Siri pada ponsel terhubung dengan menekan sensor earphone kiri atau kanan selama 3 detik.

Memang, akses tersebut bisa mempermudah kontrol musik atau yang lainnya tanpa harus mengeluarkan ponsel dari dalam saku atau tas. Namun, ada beberapa kali akses tersebut tidak responsif ketika saya gunakan. Meski demikian, secara keseluruhan gestur saya dapat dicermati dengan baik. Untuk aktivasi perintah suara, mikrofon yang terintegrasi di dalamnya cukup akurat untuk menangkap perintah saya.

Performa

Saya menguji performa TWS Olike Hero T9 dengan memutar beberapa lagu dari Spotify dengan kualitas kualitas terbaik atau ‘Very High’. Lagu pertama yang saya putar adalah berjudul “I’m Alive” dari Celine Dion. Awal-awal lagu dimulai, suara vokal terdengar cukup natural. Namun, frekuensi tinggi yang seharusnya mengiringi suara vokal tersebut kurang terdengar dengan baik.

Separasi stereo pada instrumen berfrekuensi menengah cukup terdengar dengan baik untuk earphone TWS di kelasnya. Secara keseluruhan, suara treble pada lagu yang dirilis pada tahun 2002 itu kurang responsif, baik pada volume rendah maupun tinggi. Suara backing vokal pada musik ini terdengar cukup jelas pada channel kiri dan kanan. Pada pertengahan lagu, ketika lebih banyak instrumen berbunyi, suara vokal tidak terdominasi oleh suara berfrekuensi rendah. Namun, sekali lagi, treble terkadang tertutup oleh frekuensi menengah.

Lagu kedua yang saya dengarkan menggunakan TWS ini berjudul “Turn the Beat Around” oleh Gloria Estefan. Sebagai catatan, lagu ini menampilkan lebih banyak instrumen dan memiliki tempo yang lebih cepat. Mulai dari frekuensi rendah maupun tinggi, separasi stereo yang dihadirkannya cukup mumpuni. Pada saat suara bass mulai masuk, frekuensi ini tidak mendominasi frekuensi lainnya. Namun, saya merasa bahwa suara treble seharusnya bisa lebih baik lagi.

Lagu terakhir yang saya dengarkan untuk menguji Olike Hero T9 adalah “He Wasn't Man Enough” yang dilantunkan oleh Toni Braxton. Suara hentakan bass terdengar baik meskipun tidak terlalu bulat. Pada lagi ketika ini, sekali lagi, suara treble yang mengiringi instrumen musik maupun vokal terasa kurang agresif. Suara backing vokal pada separasi stereo terkadang tertutupi oleh instrumen berfrekuensi menengah dan rendah. Meski demikian, pemisahan suara antara kiri dan kanan untuk dentingan alat musik terdengar baik.

Sebagai catatan, untuk mendengarkan musik secara optimal, disarankan agar kamu menempatkan earphone secara pas di lubang telinga. Pasalnya, jika lubang driver agak melenceng dari lubang telinga, maka suara yang dihasilkannya akan kurang maksimal.

Berdasarkan pengalaman saya, earphone TWS ini akan mudah bergeser dari dari tempat optimalnya di telinga, terutama ketika saya terlalu banyak bergerak dengan tiba-tiba. Selain itu, ketika mengakses sensor kontrolnya, earphone ini juga akan mudah bergeser. Jadi, kamu harus lebih hati-hati saat mengakses sensor kontrolnya.

Kesimpulan

Dengan kisaran harga Rp299.000, Olike Hero T9 dapat dijadikan salah satu pilihan ketika kamu sedang mencari TWS pertama dengan harga yang sangat terjangkau. Dengan banderol harga yang terjangkau ini, konsumen sudah bisa mendapatkan earphone nirkabel dengan kontrol sentuh lengkap seperti volume dan pindah track lagu.

Memang, suara treble menjadi salah satu kekurangannya. Namun, sekali lagi, dengan harga tersebut, earphone ini memiliki separasi channel yang cukup dapat diandalkan. Meski tidak terlalu bulat, suara dentuman bass yang dikeluarkannya masih dapat diandalkan.

Di sisi lain, earphone ini cukup praktis dengan konektivitas cepat dan stabil serta kontrol yang lengkap. Ada banyak gestur kontrol yang harus kamu ingat yang sejalan dengan waktu pasti akan terbiasa. Namun, kamu harus hati-hati karena gesture kontrol ini akan bisa diakses secara tidak sengaja ketika sedang membetulkan posisi earphone di telinga.

75
Olike Hero T9
 
Keunggulan
  • Suara termasuk bagus di kelasnya
  • Kontrol lengkap
  • Koneksi stabil
 
Kekurangan
  • Terkadang kontrol kurang responsif
  • Suara treble seharusnya lebih baik lagi
Share
×
tekid
back to top