Review Nova 5T, smartphone yang satu ini memang keren

Nova 5T memiliki spesifikasi yang serupa dengan smartphone Huawei P30 Pro yang merupakan smartphone flagship perusahaan yang berbasis di Tiongkok tersebut.

Ditengah isu perang dagang antar Amerika-Tiongkok, nyatanya tidak menghentikan Huawei dalam meluncurkan produk barunya. Belum lama ini mereka kembali meluncurkan Nova 5T, varian baru yang menyasar segmen kelas menengah.

Hal yang membuat ponsel ini menarik adalah spesifikasi yang dibawanya. Nova 5T memiliki spesifikasi yang setara dengan Huawei P30 Pro yang merupakan seri flagship milik mereka. Meski mengusung spek premium, Huawei hanya membanderolnya untuk kelas menengah.

Penasaran dengan varian baru Huawei ini, simak ulasannya dibawah ini.

Desain eye-catching

Huawei Nova 5T hadir dengan warna yang menarik perhatian. Sapuan gradasi dengan corak khas pada dua pilihan warna biru dan ungu dibuat reflektif sehingga tampil mempesona ketika terpapar sinar dan dilihat dari sudut yang berbeda.

Desain bodi Nova 5T mengotak dengan sudut dan tepian yang membulat seperti smartphone kebanyakan. Panjangnya berkisar 154,25 mm dengan lebar 73,97 mm serta ketebalan 7,87 mm. Ukurannya tergolong ringkas dan nyaman untuk digunakan. Hal ini didukung bobot smartphone yang tidak terlalu berat.

Untuk layarnya, Nova 5T mengusung layar dengan bentang 6,26 inci. Panel yang digunakan berjenis IPS LCD dengan resolusi 1080 x 2340 piksel serta kerapatan 412 ppi.

Ada dua hal menarik disini, dengan penggunaan panel IPS, berarti Nova 5T tidak mendukung in-display fingerprint. Namun, untuk mengenalkan desain layaknya flagship, Nova 5T menggunakan desain punch hole untuk kamera selfie-nya. Ini menjadikannya varian pertama Huawei yang menggunakan desain seperti itu di Indonesia.

Kemudian bergerak ke sisi belakang. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Nova 5T hadir dengan pola gradasi dan efek reflektif yang menurut kami eye catching sekali. Ditambah hadirnya kamera utama dengan konfigurasi empat buah kamera, namun tanpa kehadiran fingerprint pad.

Akan tetapi, bukan berarti varian baru milik Huawei ini tidak didukung fitur fingerprint untuk memperkuat sisi keamanannya. Nova 5T memilih untuk menyematkan sensor sidik jari pada tombol daya. Desain ini mengingatkan kami pada jajaran smartphone Sony yang mempopulerkannya beberapa tahun silam.

Meski hadir dengan ukuran yang cukup mungil, namun kinerja dari sensor sidik jarinya sangatlah gesit. Pengguna tidak perlu menekan tombol untuk membuka lock screen. Karena hanya dengan menempelkan jari yang sudah didaftarkan, sensornya sudah dapat membaca dan membuka lock screen.

Untuk dukungan kartu SIM-nya, Nova 5T menawarkan penggunaan dua kartu SIM pada jaringan 4G. Namun smartphone ini sepertinya tidak memberikan dukungan memori tambahan. Hal ini dapat dilihat dari desain sim tray yang hanya memiliki dua spot untuk kartu SIM.

Selain tidak memiliki spot kartu memori tambahan, Nova 5T juga hadir tanpa port audio 3,5 mm. Tidak tahu apa alasannya, mungkin saja ini alasan agar Nova 5T semakin mirip seperti smartphone flagship yang mengandalkan port USB type-C.

Spesifikasi setara smartphone flagship

Kabar seputar Nova 5T membawa spesifikasi layaknya smartphone flagship rasanya tidak bisa dipungkiri. Karena kenyataannya smartphone ini memang membawa spesifikasi flagship yang serupa dengan spesifikasi yang dimiliki Huawei P30 Pro, yang notabene merupakan produk dengan spesifikasi sangat tinggi.

Nova 5T dibekali Kirin 980 yang merupakan prosesor octa-core milik ARM dengan konfigurasi 2 x 2.6 GHz Cortex-A76, 2 x 1.92 GHz Cortex-A76 dan 4 x 1.8 GHz Cortex-A55. Sektor grafisnya menggunakan Mali-G76 MP10. Besaran memorinya 8 GB dan kapasitas penyimpanannya sebesar 128 GB.

Dengan spesifikasi seperti ini Nova 5T tentu menawarkan kinerja yang sangat bertenaga. Baik untuk penggunaan sehari-hari, pengguna sosial media yang aktif, sampai memainkan gim-gim populer.

Untuk mengetahui bagaimana performa kinerja Nova 5T jika dibandingkan dengan smartphone flagship dari vendor lain, Anda bisa lihat melalui tabel di bawah ini.

Jika melihat skor kinerja berdasarkan aplikasi benchmark di atas, perolehan skor yang didapat Nova 5T memang tidak bisa mengalahkan smartphone flagship dari vendor lain. Tapi perlu diingat, dengan banderol harga yang jauh lebih murah, Nova 5T menjadi pilihan yang menarik buat kamu yang mencari smartphone dengan harga menengah tapi tetap punya kinerja kelas atas.

Untuk menikmati konten multimedia dan bermain gim pun tak kalah asik. Untuk melihat berapa besaran fps saat dipakai bermain gim, kami menggunakan aplikasi Gamebench.

Kami bisa memainkan Pubg mobile dengan lancar pada 30 fps di pengaturan grafis high. Pengalaman bermain pun juga tetap lancar meski dipakai nonstop selama satu jam lamanya. Pengurangan baterainya tercatat hanya berkurang 9 persen tiap jam saat dipakai bermain gim.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: