sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
Senin, 05 Jul 2021 14:01 WIB

Review Lenovo T14s, laptop kerja tangguh yang ringan

Dengan bobot yang hanya 1,27 kg dan dilengkapi dengan prosesor AMD Pro 4000 series, ThinkPad T14s menawarkan cukup banyak keunggulan di harga premium.

Review Lenovo T14s, laptop kerja tangguh yang ringan

Lenovo semakin gencar meluncurkan varian ThinkPad terbaru mereka di Indonesia. Menariknya, saat ini Lenovo menawarkan banyak perangkat ThinkPad yang menggunakan prosesor AMD di Indonesia.

Salah satunya adalah Lenovo ThinkPad T14s. Laptop ini merupakan salah satu laptop ThinkPad paling ringkas dan ringan yang ada di Indonesia. Bagi pekerja yang ingin memiliki laptop kerja yang siap dibawa kemana-mana, rasanya laptop ini bisa dijadikan salah satu kandidat utama.

Dari sisi desain, tidak ada perubahan berarti antara ThinkPad T14s dengan ThinkPad seri lainnya. Yang berbeda benar-benar hanya terdapat di sisi dapur pacunya saja, dan tentunya fitur yang dihadirkan.

Mereka masih menggunakan desain laptop klasik dengan sentuhan kelir hitam di semua body-nya. Di bagian cover depan pun masih menggunakan tekstur rugged.

Jika berbicara mengenai dimensi, sebenarnya laptop ini bersaing dengan beberapa laptop ringkas lainnya. Sebab, dimensinya ada di kisaran 1,6 x 32,7 x 22,6 cm. Jadi, pengguna tidak akan terlalu repot saat ingin membawa laptop ini kemana-mana.

Sedangkan untuk bobotnya, ThinkPad T14s ini hanya memiliki bobot 1,27 Kg saja. Bobot ini membuat laptop tersebut ada diantara ThinkPad T14 dan ThinkPad X1 Carbon. Jadi kebayang lah seberapa ringannya laptop ini.

Untuk mendapatkan bobot seringan ini, Lenovo menggunakan bahan polycarbonat. Meski ringan, namun material ini dianggap sangat kuat yang membuat laptop ini dapat tetap ringan dan tahan banting.

Meski memiliki desain tipis dan ringkas, nama port I/O yang dihadirkan cukup lengkap. Di sebelah kiri kita akan melihat dua port USB Type-C untuk data dan pengisian daya, sebuah HDMI port, satu USB 3.2 Type-A, serta sebuah headphone jack combo 3,5mm.

Tak ketinggalan, terdapat juga sebuah port khusus yang berguna untuk menyambungkan perangkat ethernet yang dijual terpisah.

Sedangkan di sebelah kanan terdapat sebuah always-on USB Type-A, sebuah port untuk SmartCard reader, serta satu Kensington port.

Sejujurnya, untuk sebuah laptop yang ditujukan untuk para pekerja, jumlah port ini cukup terbatas. Seperti diketahui, biasanya para pekerja menggunakan banyak komponen eksternal untuk bekerja.

Di dalam paket penjualan tidak terdapat dongle ekspansi port. Selain itu, absennya port LAN membuat kami cukup kecewa. Yang lebih parah lagi, dongle LAN yang ditawarkan oleh Lenovo memiliki harga yang tak murah.

Layar kece, suara mantap, fitur keamanan jadi unggulan

Untuk layar, Lenovo memberikan layar 14 inci dengan panel IPS. Resolusi dari laptop ini sudah menggunakan full HD 1080p dengan rasio 16:9. Untuk kecerahan layar, laptop ini sudah mendukung kecerahan hingga 400 nits, yang cukup terang di dalam ruangan, namun masih kurang nyaman saat digunakan diluar ruangan.

Akurasi warnanya pun cukup baik, sehingga laptop ini dapat digunakan bukan hanya untuk mengedit foto atau video, namun juga cukup nyaman untuk digunakan menonton film saat ingin beristirahat.

Engselnya pun sudah dapat dibuka hingga 180 derajat. Jika kalian ingin memiliki laptop dengan layar 360 derajat, kalian bisa memilih untuk menggunakan seri Yoga dari Lenovo.

Bezel yang ada di layar ini sangat tipis untuk ukuran sebuah laptop yang difokuskan untuk para pekerja. Hal ini membuat laptop ini terkesan elegan dan sangat nyaman dipandang oleh mata walau dipakai bekerja seharian.

Satu hal lagi yang tidak dikorbankan oleh Lenovo. Dikarenakan laptop untuk para pekerja, fitur keamanan dan privacy menjadi prioritas di laptop ini. Hal ini ditunjukkan melalui beberapa fitur yang ditawarkan oleh Lenovo di ThinkPad T14s ini.

Yang pertama adalah hadirnya fitur Privacy Guard. Ini merupakan fitur dimana akan membatasi sudut penglihatan layar. Untuk menggunakannya, kalian hanya harus menekan tombol Fn + D untuk mengaktifkan dan menonaktifkan fitur tersebut.

Ada juga fitur penutup kamera manual untuk memberikan perlindungan tambahan bagi para pengguna. Oh iya berbicara mengenai kamera, T14s memiliki satu kamera di bagian bezel layar.

Kameranya mendukung resolusi video 720p. Hasil dari kamera ini pun cukup baik untuk digunakan saat melakukan panggilan video untuk bekerja atau melakukan rapat dengan para klien.

Terakhir, untuk perlindungan pengguna, terdapat juga pemindai sidik jari di bagian kanan touchpad. Sensor ini cukup presisi dan dapat membaca sidik jari dengan cepat. Tapi saran kami, sebaiknya mereka menyematkan pemindai sidik jari ini di bagian tombol power untuk memudahkan para pengguna.

Sementara itu, untuk audio, speaker yang ada di laptop ini cukup mumpuni. Suaranya lantang dan tidak pecah saat volume dipasang 100%. Suara bassnya cukup terdengar, dan saat menonton film, separasi antara percakapan dan suara lain cukup baik.

Trackpoint merah legendaris masih dipertahankan

Salah satu fitur yang melekat di laptop ThinkPad adalah trackpoint berwarna merah yang berfungsi sebagai penggerak kursor. Trackpoint merah legendaris ini disematkan untuk para pengguna yang menggunakan sarung tangan saat bekerja, dimana penggunaan touchpad menjadi sia-sia. 

Lenovo masih bertahan dengan tradisi ini. Sama juga halnya dengan masih digunakannya keyboard legendaris yang hingga saat ini feel-nya masih sama dengan ThinkPad generasi lawas.

Keyboard milik ThinkPad ini masih merupakan salah satu keyboard laptop terenak hingga saat ini. Keycaps-nya lebar dengan kley travel yang cukup rendah membuat pengalaman mengetik menjadi lebih nyaman.

Selain itu, terdapat juga backlit berwarna putih yang memiliki beberapa pengaturan kecerahan. Hal ini cukup penting dimana kebanyakan para pekerja masih akan menyelesaikan tugas mereka di malam hari.

Beralih ke trackpad, mereka juga masih menggunakan desain lawas, dimana masih ada tombol fisik untuk klik kanan, klik kiri, dan klik tengah. Posisinya masih ada di bagian atas touchpad, dimana menurut kami merupakan posisi ideal.

Sayang, jika dibandingkan dengan beberapa trackpad lain, ukuran trackpad ini terasa cukup kecil. Meski demikian, trackpad ini sangat sensitif dan cukup licin saat digunakan. Jadi, meski tidak menggunakan mouse, pengalaman penggunaan kami tetap baik.

Performa gahar

Selama bertahun-tahun, ThinkPad selalu menggunakan prosesor Intel untuk ditawarkan kepada para penggunanya. Namun, beberapa tahun belakangan ini, mereka menawarkan varian ThinkPad yang menggunakan prosesor AMD.

Hal ini tentunya tidak mengherankan, AMD semakin lama semakin membuktikan ketangguhan prosesor mereka untuk workload di bidang professional. Selain itu, AMD memiliki harga yang kompetitif jika dibandingkan dengan para pesaingnya saat ini.

Untuk ThinkPad T14s yang kami ulas saat ini menggunakan AMD Ryzen 7 PRO 4750U. Seperti diketahui, prosesor ini memiliki perlindungan di level chipset agar meminimalisir serangan peretas di perangkat pengguna.

Sedangkan untuk RAM dan penyimpanan, kami mendapatkan varian dengan RAM 16GB DDR4 dan penyimpanan SSD NVMe 512GB yang cukup cepat. Pengguna dapat melakukan upgrade RAM dan SSD jika merasa kurang.

Kami pun sudah mencoba melakukan benchmark di laptop ini, dan inilah hasil yang kami dapatkan :

 

 

 

 

Jika melihat hasil pengujian tersebut, performa yang ditawarkan oleh laptop ini cukup tinggi. Pengguna dapat menggunakan laptop ini bukan hanya untuk mengetik saja, namun juga dapat digunakan untuk melakukan desain atau editing video.

GPU yang tertanam di dalam prosesor ini pun tidak dapat diremehkan. Sebab, saat diajak untuk bermain gim, hasilnya cukup memuaskan. Di resolusi 1080p pengaturan high, kami dapat menjalankan DOTA 2 di kisaran 63 fps, meski sesekali drop di 40 fps.

Saat diajak bermain CS:GO dan Valorant, kami juga mendapatkan frame rate yang cukup baik. Kami dapat menjalankan kedua gim tersebut di kisaran 65 fps saat pengaturan grafis high, dan lebih dari 100 fps saat pengaturan gratis di low.

Jika kalian menganggap karena menggunakan prosesor bertenaga lalu laptop ini tidak dapat digunakan dalam waktu yang lama, kalian salah. Saat pengujian PCMark 10 Modern Office, kami mendapatkan waktu pakai hingga 10 jam 32 menit.

Kami menggunakan pengaturan layar 50% dengan laptop terhubung dengan WiFi, serta lampu backlit keyboard menyala. Jika kalian mematikan backlit keyboard, kemungkinan besar waktu penggunaannya akan sedikit lebih lama.

Kesimpulan : Laptop kerja nyaman nan tipis dan ringan

Untuk para pekerja yang ingin memiliki laptop yang tipis dan ringan namun bertenaga, ThinkPad T14s bisa menjadi salah satu pilihan kalian. Harga yang ditawarkan pun cukup masuk akal, yakni dimulai dari Rp18 juta-an saja.

Namun, dengan harga yang cukup premium ini, kalian juga akan mendapatkan sebuah laptop yang mumpuni. Tapi tetap saja, absennya port LAN dan minimnya port harus menjadi pertimbangan kalian.

Di sisi lain, untuk keamanan, ThinkPad T14s ini bisa dibilang cukup lengkap. Terlebih lagi, kalian sudah mendapatkan prosesor AMD Pro series yang memiliki fitur keamanan tambahan untuk menangkal serangan yang tak terduga.

80
Lenovo ThinkPad T14s
 
Keunggulan
  • Tipis dan ringan
  • Bertenaga
  • Fitur keamanan lengkap
 
Kekurangan
  • Port terbatas
  • Tidak ada LAN
  • Harga premium
Share
×
tekid
back to top