sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id oppo
Senin, 05 Jul 2021 14:01 WIB

Review Lenovo T14s, laptop kerja tangguh yang ringan

Dengan bobot yang hanya 1,27 kg dan dilengkapi dengan prosesor AMD Pro 4000 series, ThinkPad T14s menawarkan cukup banyak keunggulan di harga premium.

Review Lenovo T14s, laptop kerja tangguh yang ringan

Lenovo semakin gencar meluncurkan varian ThinkPad terbaru mereka di Indonesia. Menariknya, saat ini Lenovo menawarkan banyak perangkat ThinkPad yang menggunakan prosesor AMD di Indonesia.

Salah satunya adalah Lenovo ThinkPad T14s. Laptop ini merupakan salah satu laptop ThinkPad paling ringkas dan ringan yang ada di Indonesia. Bagi pekerja yang ingin memiliki laptop kerja yang siap dibawa kemana-mana, rasanya laptop ini bisa dijadikan salah satu kandidat utama.

Dari sisi desain, tidak ada perubahan berarti antara ThinkPad T14s dengan ThinkPad seri lainnya. Yang berbeda benar-benar hanya terdapat di sisi dapur pacunya saja, dan tentunya fitur yang dihadirkan.

Mereka masih menggunakan desain laptop klasik dengan sentuhan kelir hitam di semua body-nya. Di bagian cover depan pun masih menggunakan tekstur rugged.

Jika berbicara mengenai dimensi, sebenarnya laptop ini bersaing dengan beberapa laptop ringkas lainnya. Sebab, dimensinya ada di kisaran 1,6 x 32,7 x 22,6 cm. Jadi, pengguna tidak akan terlalu repot saat ingin membawa laptop ini kemana-mana.

Sedangkan untuk bobotnya, ThinkPad T14s ini hanya memiliki bobot 1,27 Kg saja. Bobot ini membuat laptop tersebut ada diantara ThinkPad T14 dan ThinkPad X1 Carbon. Jadi kebayang lah seberapa ringannya laptop ini.

Untuk mendapatkan bobot seringan ini, Lenovo menggunakan bahan polycarbonat. Meski ringan, namun material ini dianggap sangat kuat yang membuat laptop ini dapat tetap ringan dan tahan banting.

Meski memiliki desain tipis dan ringkas, nama port I/O yang dihadirkan cukup lengkap. Di sebelah kiri kita akan melihat dua port USB Type-C untuk data dan pengisian daya, sebuah HDMI port, satu USB 3.2 Type-A, serta sebuah headphone jack combo 3,5mm.

Tak ketinggalan, terdapat juga sebuah port khusus yang berguna untuk menyambungkan perangkat ethernet yang dijual terpisah.

Sedangkan di sebelah kanan terdapat sebuah always-on USB Type-A, sebuah port untuk SmartCard reader, serta satu Kensington port.

Sejujurnya, untuk sebuah laptop yang ditujukan untuk para pekerja, jumlah port ini cukup terbatas. Seperti diketahui, biasanya para pekerja menggunakan banyak komponen eksternal untuk bekerja.

Di dalam paket penjualan tidak terdapat dongle ekspansi port. Selain itu, absennya port LAN membuat kami cukup kecewa. Yang lebih parah lagi, dongle LAN yang ditawarkan oleh Lenovo memiliki harga yang tak murah.

Layar kece, suara mantap, fitur keamanan jadi unggulan

Untuk layar, Lenovo memberikan layar 14 inci dengan panel IPS. Resolusi dari laptop ini sudah menggunakan full HD 1080p dengan rasio 16:9. Untuk kecerahan layar, laptop ini sudah mendukung kecerahan hingga 400 nits, yang cukup terang di dalam ruangan, namun masih kurang nyaman saat digunakan diluar ruangan.

Akurasi warnanya pun cukup baik, sehingga laptop ini dapat digunakan bukan hanya untuk mengedit foto atau video, namun juga cukup nyaman untuk digunakan menonton film saat ingin beristirahat.

Engselnya pun sudah dapat dibuka hingga 180 derajat. Jika kalian ingin memiliki laptop dengan layar 360 derajat, kalian bisa memilih untuk menggunakan seri Yoga dari Lenovo.

Bezel yang ada di layar ini sangat tipis untuk ukuran sebuah laptop yang difokuskan untuk para pekerja. Hal ini membuat laptop ini terkesan elegan dan sangat nyaman dipandang oleh mata walau dipakai bekerja seharian.

Satu hal lagi yang tidak dikorbankan oleh Lenovo. Dikarenakan laptop untuk para pekerja, fitur keamanan dan privacy menjadi prioritas di laptop ini. Hal ini ditunjukkan melalui beberapa fitur yang ditawarkan oleh Lenovo di ThinkPad T14s ini.

Yang pertama adalah hadirnya fitur Privacy Guard. Ini merupakan fitur dimana akan membatasi sudut penglihatan layar. Untuk menggunakannya, kalian hanya harus menekan tombol Fn + D untuk mengaktifkan dan menonaktifkan fitur tersebut.

Ada juga fitur penutup kamera manual untuk memberikan perlindungan tambahan bagi para pengguna. Oh iya berbicara mengenai kamera, T14s memiliki satu kamera di bagian bezel layar.

Kameranya mendukung resolusi video 720p. Hasil dari kamera ini pun cukup baik untuk digunakan saat melakukan panggilan video untuk bekerja atau melakukan rapat dengan para klien.

Terakhir, untuk perlindungan pengguna, terdapat juga pemindai sidik jari di bagian kanan touchpad. Sensor ini cukup presisi dan dapat membaca sidik jari dengan cepat. Tapi saran kami, sebaiknya mereka menyematkan pemindai sidik jari ini di bagian tombol power untuk memudahkan para pengguna.

Sementara itu, untuk audio, speaker yang ada di laptop ini cukup mumpuni. Suaranya lantang dan tidak pecah saat volume dipasang 100%. Suara bassnya cukup terdengar, dan saat menonton film, separasi antara percakapan dan suara lain cukup baik.

    Share
    ×
    tekid
    back to top