sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id oppo
Rabu, 19 Agst 2020 08:30 WIB

Review Lenovo IdeaPad S145, bukan sembarang entry level

Laptop entry level Lenovo IdeaPad S145 ini punya fitur dan kinerja yang cukup oke untuk menunjang proses belajar atau bekerja dari rumah. Selain terjangkau, laptop ini sudah menggunakan SSD.

Review Lenovo IdeaPad S145, bukan sembarang entry level

Sudah beberapa bulan ini kita terbiasa dengan yang namanya bekerja dan belajar dari rumah. Bagi para pekerja dan orang tua, pasti mencari perangkat komputasi untuk mendukung kegiatan tersebut untuk putra-putrinya. Pilihannya PC atau laptop, yang menawarkan desain lebih portabel. Saya pribadi akan memilih laptop karena bisa dipakai di mana saja.

Saat ini sudah banyak sekali pilihan laptop di pasaran. Untuk mendukung pekerjaan kantoran pada umumnya atau proses belajar mengajar, laptop mainstream dirasa cukup. Salah satu opsinya adalah Lenovo IdeaPad S145 yang dibanderol di kisaran Rp 6 jutaan dan memiliki spesifikasi yang cukup menarik. IdeaPad S145 ini ditenagai prosesor AMD serta sudah mengunakan SSD. Berikut spesifikasi lengkapnya.

Lenovo IdeaPad S145

CPU AMD ATHLON 300U
GPU Radeon™ Vega 3 Graphics
RAM

8 GB

Ukuran 12.9″ x 9.5″ x 0.8″
Layar

Display 14” HD (1366x768) TN AG, 220nits, 45% NTSC

Port
  • 2x USB 3.0

  • 1x USB 2.0

  • HDMI

  • 4-in-1 card reader

  • Headphone/ mic combo

Storage SSD 512 GB
OS Windows 10 Home
Berat 1,6 kg

Desain

IdeaPad S145 ini punya desain yang tidak macam-macam. Sederhana namun menarik, dengan khas logo Lenovo yang diletakkan di sisi perangkat. Corak finishing brush diaplikasikan pada cover yang menggunakan material plastik. Lenovo juga menggunakan pilihan warna perak yang membuat laptop ini jadi lebih elegan.

Lenovo IdeaPad S145 dibandingkan dengan mouse

Dimensi laptop ini tergolong ringkas, dengan panjang 12,9 inci dan lebar 9,5 inci. Ukuran umum dari laptop yang memiliki layar berukuran 14 inci. Menariknya, laptop ini tidak tebal dan bobotnya cukup ringan. Beratnya hanya berkisar 1,6 kilogram saja. Jadi laptop ini pastinya mudah dibawa-bawa.

Meski tipis, IdeaPad S145 punya deretan port yang cukup lengkap. Di sisi kanan ada port SD Card dan audio combo. Untuk yang hobi fotografi jadi mudah memindahkan hasil karyanya. Sementara di area kiri tampak lebih ramai. Laptop ini punya 3 port USB di mana dua port sudah menggunakan teknologi USB 3.0, sebuah port HDMI dan port adapter.

Deretan port Lenovo IdeaPad S145

Meski tergolong laptop entry level, tampilan layar IdeaPad S145 juga sudah kekinian. IdeaPad S145 turut mengaplikasikan bezel tipis. Alhasil pengguna akan mendapatkan pengalaman visual yang luas. Layarnya memiliki resolusi 1366x768 piksel dengan kecerahan 220 nits menggunakan panel TN. Layar ini punya keunggulan dalam kemampuan response time yang baik, namun agak pucat dalam urusan warna meski hitamnya masih tergolong cukup baik.

IdeaPad S145 hadir dengan keyboard berukuran ringkas. Memang keyboardnya tidak memiliki deretan tombol angka, karena umumnya hanya laptop berukuran 17 inci yang memiliki laptop full-sized. Namun, meski hadir dengan ukuran keyboard yang lebih ringkas, ini justru membuat ukuran keycapnya jadi cukup besar.

Bagi pengguna baru atau adik-adik yang masih duduk di bangku pendidikan, mengetik di IdeaPad S145 ini akan terasa mudah. Berkat ukurannya yang besar pula, jadi mengurangi risiko salah tekan. Keycapnya sendiri cukup nyaman ditekan, tidak terlalu empuk juga tidak terlalu keras. Cukup responsif.

Tampilan keyboard, touchpad, dan monitor IdeaPad S145

Touchpad pada laptop ini punya ukuran yang cukup luas. Posisinya tepat di bawah tombol Spasi (Space). Desainnya tanpa tombol. Jadi untuk melakukan klik kiri ataupun klik kanan, kita hanya harus mengira-ngira dan menekan pada sisi sebelah kiri dan sisi kanan.

Touchpadnya juga sudah mendukung input 3 jari untuk akses cepat menggunakan Windows. Ini memberikan pengalaman yang lebih cepat dalam berpindah antar aplikasi, membuka, atau menutupnya. Berhubung ukurannya cukup luas, pengalaman menggunakan input 3 jari tergolong cukup nyaman.

Webcam awalnya hampir tidak mendapat perhatian berlebih saat konsumen akan membeli sebuah laptop. Tapi belakangan, webcam justru mendapat perhatian. Peranti yang bertugas untuk menampilkan video secara langsung atau mengambil gambar ini jadi salah satu elemen yang dicari. Karena dengan webcam, proses bekerja atau belajar mengajar secara online tetap bisa dilakukan.

Webcam pada IdeaPad S145 memiliki resolusi tertinggi pada 720 piksel dengan aspect ratio 16:9. Untuk tampilannya sendiri memang tidak bisa dikatakan bagus banget, cukup lah untuk sekadar mengikuti kelas online atau meeting online untuk pekerja kantoran.

    Share
    ×
    img
    ×
    tekid
    back to top