sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id poco
Rabu, 14 Feb 2024 20:00 WIB

Review Intel Core i9-14900K, CPU monster untuk segala tugas!

Baik digunakan untuk produktivitas atau gaming, Intel Core i9-14900K hadir dengan performa yang sangat baik dengan kemampuan overclock yang tinggi.

Review Intel Core i9-14900K, CPU monster untuk segala tugas!

Tahun 2024 kemungkinan besar akan menjadi tahun AI. Bukan AI di cloud saja, namun peran AI di personal computer (PC) juga kemungkinan akan meningkat drastis di tahun ini. Oleh karena itu, memiliki prosesor yang memiliki performa tinggi untuk dapat memastikan semua kebutuhan dapat dijalankan secara optimal.

Nah, salah satu prosesor yang bisa kalian andalkan adalah prosesor baru dari Intel, yakni Core i9-14900K. Tapi, bagaimana sih performa dari prosesor yang satu ini, sehingga dapat digunakan bukan hanya untuk produktivitas, melainkan juga untuk gaming. Yuk kita bahas!

Bawa arsitektur baru

Seperti diketahui, prosesor Intel Core generasi ke-14 menggunakan arsitektur baru, yakni menampilkan teknologi monolitik yang mereka sebut sebagai "Raptor Lake Refresh". Meski disebut baru, namun mereka masih menggunakan form factor yang sama dengan generasi ke-13, yakni menggunakan soket LGA 1700.

Prosesor ini juga hadir dengan teknologi P-Core dan E-core, yang dimana memiliki peran mereka masing-masing. Namun, pada i9-14900K/KF, prosesor ini hadir dengan Thermal Velocity Boost, yang dapat mengatur secara optimal kecepatan clock mereka hingga boost tertinggi mencapai 6GHz, yang dikontrol melalui seberapa efektifnya pendinginan yang digunakan pengguna.

Hal baru yang didapatkan dengan menggunakan prosesor baru ini adalah dukungan pengontrol memory yang lebih tinggi, baik dari besaran RAM yang dapat digunakan atau kecepatan yang bisa dicapai. Dukungan DDR4 dan DDR5 juga masih tersedia.

Menariknya, hal tersebut dapat dicapai meski tidak merubah chipset untuk motherboardnya. Pengguna dapat menggunakan motherboard dengan chipset seri 700, meski mereka harus cross check kemampuan motherboard mereka apakah dapat menjalankan kecepatan RAM yang lebih tinggi atau tidak.

Tak ketinggalan, ada juga fitur “Intel Application Optimization" atau "APO" adalah perpanjangan dari Dynamic Tuning Technology (DTT) Intel yang dikhususkan untuk game. Fitur ini tersedia pada model prosesor Core Generasi ke-14 tertentu, seperti i9-14900K/KF, dan menyediakan DTT untuk meningkatkan alokasi beban kerja ke berbagai sumber daya perangkat keras, seperti P-core, dan mendukungnya dengan frekuensi setinggi mungkin. 

Intel mengklaim bahwa fitur tersebut dapat menghasilkan peningkatan frame rate hingga 13% di "Tom Clancy's Rainbow Six Siege", bahkan hingga 16% di "Metro Exodus". Pengoptimalan aplikasi Intel bekerja dengan mengoptimalkan penjadwalan thread mesin dan mengelola alokasi sumber daya aplikasi secara real-time. 

Versi baru Intel Extreme Tuning Utility (XTU) juga diperkenalkan Intel untuk prosesor Unlocked K Generasi ke-14, yang disebut AI Assist. Saat diluncurkan, fitur ini eksklusif untuk i9-14900K/KF, namun Intel berupaya memperluasnya ke model prosesor Core Generasi ke-14 lainnya.

Silikon "Raptor Lake" juga dibuat pada teknologi fabrikasi Intel 7 (10 nm Enhanced SuperFin) yang sama dengan "Alder Lake" generasi sebelumnya. Namun, Intel mengklaim sudah melakukan perbaikan sehingga mendapatkan efisiensi yang lebih baik.

Hal ini memungkinkan P-core dan E-core memperoleh peningkatan kecepatan clock sebanyak 600 MHz dibandingkan generasi sebelumnya, dengan daya yang lebih rendah. Namun, untuk kepadatan transistor sendiri masih tidak berubah karena cetakan "Raptor Lake" masih berukuran 23,8 mm x 11,8 mm (area cetakan 257 mm²).

Testbed

Untuk mencoba performa dari prosesor kali ini, kami menggunakan motherboard dari ASUS, yakni ROG STRIX Z790-A GAMING WIFI II. Untuk RAM kami menggunakan Kingston Fury DDR5 4300MHz CL38 2x16GB.

Untuk pendinginan, kami akan mencoba dua metode, yakni menggunakan pendinginan udara menggunakan Noctua NH-D15 dan ROG Ryujin III 360. Sedangkan GPU kami menggunakan GPU NVIDIA RTX 3060, dengan penyimpanan SSD NVMe Gen 3 2TB, dan PSU 850W Gold.

    Share
    ×
    tekid
    back to top