sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id wd
Selasa, 28 Des 2021 15:04 WIB

Review Huawei nova 9: Terasa flagship, cuma kurang Google

Huawei meluncurkan Huawei nova 9 ke Indonesia pada Desember ini sebagai smartphone mid-range yang membawa kamera flagship, chipset Snapdragon 778G 4G, dan HarmonyOS 2.

Review Huawei nova 9: Terasa flagship, cuma kurang Google

Huawei resmi menghadirkan Huawei nova 9 ke Indonesia pada awal Desember 2021. Smartphone ini menyasar generasi muda yang dibanderol seharga smartphone mid-range, namun memberikan pengalaman flagship bagi penggunanya. Lebih spesial lagi, nova 9 kini berjalan dengan sistem operasi baru Huawei yakni HarmonyOS, serta ditenagai chipset Qualcomm Snapdragon 778G 4G terlepas dari sanksi Amerika Serikat yang masih mengekangnya.

Lalu, bagaimana pengalaman flagship dari smartphone mid-range Huawei ini? Berikut ulasan Tek.id selama menggunakan Huawei nova 9.

Desain dan layar

Dari desainnya saja sudah menggambarkan kalau nova 9 smartphone-nya anak muda. Mulai dari bodi yang tipis, ponsel yang ringan, serta desain cover belakang yang menarik untuk dipandang. 

Sama seperti pendahulunya, Huawei nova 9 masih mengusung tampilan layar curved yang membuatnya ramping. Selain ramping, layar lengkung berukuran 6,5 inci juga memberikan kesan premium pada smartphone. Ditambah lagi, perangkat didesain dengan Ultra-Thin Design yang memiliki ketebalan hanya 7.77 mm dan bobot 175 gram, sehingga sangat nyaman digenggam.

Beralih ke bagian belakang yang terlihat mengkilap, cover ini menggunakan desain yang disebut Starry Flash AG Glass dengan warna Starry Blue. Tampilan warna ini sangat unik karena dapat berubah-ubah di bawah pantulan cahaya, menghasilkan warna-warna seperti ungu, kuning, dan hijau. 

Cover belakang ini melalui proses double coating, partial etching, dengan glitter sand, sehingga menampilkan kesan mengkilap yang sedemikian rupa indah. Sayang, materialnya tergolong licin jadi harus menggunakan casing silikon yang tersedia dalam paket pembelian.

Housing kamera belakang masih memiliki bentuk yang sama dengan Huawei nova 8, tapi dengan struktur dalam yang berbeda. Tiga kamera pendukung serta lampu flash kini dikelompokkan lagi ke dalam bentuk frame lingkaran di dalam housing, sementara kamera utama mengusung desain Star Orbit Ring.

Kamera

Huawei mengklaim, kemampuan kamera nova 9 setara dengan kamera yang diusung pada seri Huawei P. Smartphone dibekali teknologi kamera sekelas flagship, yang merupakan pertama kalinya untuk jajaran seri nova. Ini termasuk kamera utama 50MP Ultra Vision RYYB colour filter array (CFA) dan XD Fusion Engine. 

Teknologi tersebut memberikan komposisi gambar yang lebih baik dalam kondisi minim cahaya dan backlight. Selain itu, resolusi yang besar juga memberikan kualitas gambar yang lebih baik. Seperti foto di bawah ini yang diambil menggunakan kamera utama Huawei nova 9.


Hasil kamera 50MP dan lensa ultrawide Huawei nova 9

Baik gedung maupun awan di latar belakangnya terlihat sangat jelas, begitu juga dengan warnanya. Ketika di-zoom, gambar tidak pecah dan bahkan beberapa detail dapat terlihat, seperti lampu-lampu yang ada di dalam gedung tersebut. Kamera juga secara otomatis menawarkan lensa ultrawide ketika mendeteksi gambar lanskap. Hasilnya cukup baik, meskipun terjadi penurunan warna.

Kamera juga dilengkapi dengan fitur AI Snapshot yang membuat hasil foto lebih baik lagi. Seperti foto di atas, yang fokus pada bagian wajah objek dan membuatnya menjadi lebih terang dan jelas meskipun saat itu kondisinya sedang mendung. Ini berkat perpaduan teknologi XD Fusion Engine dan fitur AI Snapshot.

Hasil foto di malam hari dengan kamera Huawei nova 9

Foto di atas yang diambil pada malam hari dan kondisi minim cahaya menunjukkan fungsi RYYB Ultra Vision bekerja dengan baik. Foto yang dihasilkan memiliki kecerahan yang cukup untuk memperlihatkan objek, flare yang dihasilkan oleh sumber-sumber cahaya di latar belakang juga tidak terlalu mengganggu. 

Selain itu, dua kamera lainnya adalah kamera makro dan depth sensor. Kamera makro dapat menghasilkan gambar makro dengan jarak sedekat 4 cm, sedangkan kamera depth dapat menghasilkan gambar bokeh. 

Di sisi depan, kamera dibekali 32MP UltraHD Selfie yang tampaknya akan sangat digandrungi oleh banyak anak muda. Hasilnya, selfie dengan kamera ini memuaskan berkat resolusi yang tinggi. Fitur beauty-nya juga bekerja dengan baik, dengan intensitas yang dapat diatur. Jadi, pengguna tidak merasa berlebihan atau kekurangan ketika memanfaatkan fitur beauty.


Hasil foto selfie menggunakan kamera depan Huawei nova 9

Selain fotografi, Huawei nova 9 juga memiliki kemampuan videografi yang tidak kalah bagusnya. Baik kamera depan maupun belakang, keduanya didukung pengambilan video 4K dan stabilisasi AI Image. Dengan demikian, dapat merekam momen dengan definisi yang tinggi. 

Smartphone juga dapat difungsikan sebagai kamera vlogging karena memiliki fitur tersebut. Fitur vlog ini sangat membantu mereka para konten kreator tanpa harus membeli perangkat baru. Fitur vlog juga didukung Continuous Front/Rear Recording, dimana dapat beralih dengan mudah antara kamera depan dan belakang. Pengguna juga bisa langsung menggunakan template mini vlog yang tersedia.

Performa dan AppGallery

Meskipun masih dibatasi oleh sanksi AS yang memaksa Huawei tidak menggunakan produk dari negara tersebut, namun perusahaan dapat membekali Huawei nova 9 dengan chipset Qualcomm Snapdragon 778G 4G. Chipset ini dikombinasikan dengan CPU 8 core yang terdiri dari 4 × Cortex-A78 2.4GHz dan 4 × Cortex-A55 1.8GHz. Smartphone dilengkapi RAM 8GB dan penyimpanan internal 256GB.

Berdasarkan hasil pengujian Huawei nova 9 menggunakan Geekbench 5, mendapatkan poin single-core sebesar 783 poin. Hasil ini setara dengan smartphone 5G berprosesor Snapdragon 865 dan hampir setara dengan seri Galaxy S terbaru, berdasarkan laman Geekbench 5. Sementara itu, poin untuk pengujian multi-core sebesar 2927.

Dan berikut ini adalah poin performa Huawei nova 9 berdasarkan hasil pengujian benchmark PCMark 3.0.

Pengalaman bermain PUBG dengan Huawei nova 9 terasa imersif. Setiap tombol berfungsi dengan baik dan dapat dimainkan dengan lancar tanpa ada lagging. Huawei nova 9 juga mendukung fitur gyroscope. Dari sisi grafis, pengaturan tertinggi untuk grafis HDR adalah Ultra, sementara Smooth dapat mencapai Extreme.

Meskipun terasa sedikit peningkatan suhu di bagian belakang ponsel, hal ini tidak terlalu mengganggu permainan. Perangkat juga dilengkapi sistem pendingin VC Liquid Cooling dan graphene yang dapat menjaga suhu tetap stabil.

Performa layarnya patut diacungi jempol, karena memberikan pengalaman scrolling yang lancar dan mulus. Ini Saya rasakan sejak pertama kali mengoperasikan Huawei nova 9, layarnya tidak kesat dan benar-benar responsif, begitu juga ketika bermain gim. Tentu saja, ini menjadi nilai lebih bagi para gamer. Apalagi, bodi smartphone yang terbilang tipis dan ringan ini juga memberikan kenyamanan untuk main gim berjam-jam. 

Sebagai informasi, Huawei nova 9 menggunakan layar OLED FHD+ berukuran 6,5 inci dengan 120Hz Original-Colour Curved Display, permukaan layar lengkung untuk meminimalisir bezel. Layarnya mendukung refresh rate 120Hz dan touch sampling rate 300Hz. Layar juga didukung teknologi Touch Turbo yang memungkinkan kontrol pada layar lebih akurat dan responsif. Selama bermain gim, layarnya juga sangat enak untuk berselancar di media sosial seperti TikTok dan Instagram. 

Sayangnya, cukup sulit untuk mengunduh gim PUBG atau aplikasi tertentu di smartphone ini. Pasalnya, Huawei masih terbatas untuk membekali smartphone-nya dengan Google Play Store dan layanan Google lainnya. Alih-alih menggunakan GMS, Huawei nova 9 menggunakan Huawei Mobile Service-nya sendiri dengan toko aplikasi yang disebut AppGallery.

Menurut Huawei, perusahaan sudah berkolaborasi dengan hampir 4,5 juta pengembang yang terdaftar saat ini, dengan 141.000 aplikasi yang telah terintegrasi. Aplikasi penting seperti mobile banking dan e-wallet juga sudah dapat diunduh di AppGallery. Meskipun tidak mencakup aplikasi Google, seperti YouTube, Gmail, Google Meet, Google Drive, dan lainnya, namun Saya tetap dapat mengunduh melalui APK yang juga tersedia di dalam pencarian App Gallery. 

Di samping itu, terdapat beberapa aplikasi yang hanya bisa dijalankan melalui launcher atau aplikasi pihak ketiga. Ini termasuk aplikasi-aplikasi dari Google, seperti YouTube, Gmail, Google Meet, dan Google Chrome.

Absennya GMS mungkin menjadi satu-satunya kekurangan dari Huawei nova 9. Meskipun berbagai alternatif diberikan dan bekerja dengan baik, tapi tetap saja bagi pengguna yang serba cepat dan praktis, hal ini akan sangat membuang waktu. 

HarmonyOS

    Share
    ×
    tekid
    back to top