sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id asus
Jumat, 23 Okt 2020 15:18 WIB

Review Huawei FreeLace Pro: Suara bagus, kedap bising

Sama seperti pendahulunya, Freelace Pro memilki form-factor neckband earphone, sehingga memilki bagian yang menjadi tumpuan di belakang leher.

Review Huawei FreeLace Pro: Suara bagus, kedap bising

Huawei tahun lalu meluncurkan earphone nirkabel berbasis teknologi Bluetooth yang diberi nama Huawei FreeLace. Meskipun bukan termasuk jenis true wireless stereo (TWS) yang saat ini sedang digandrungi, FreeLace dikabarkan menerima ulasan positif karena menghadirkan performa suara berperforma tinggi dan daya tahan baterai yang lama.

Oleh karena itu, Huawei kini menghadirkan earphone nirkabel FreeLace Pro yang merupakan versi penyempurnaan dari FreeLace versi standar. Salah satu peningkatan yang paling menonjol pada FreeLace Pro adalah hadirnya fitur Active Noise Cancellation (ANC) yang secara real-time memblokir suara bising sekitar sehingga menjanjikan suara musik yang lebih jelas tanpa gangguan.

Desain

Sama seperti pendahulunya, Freelace Pro memilki form-factor neckband earphone, sehingga memilki bagian yang menjadi tumpuan di belakang leher. Pada earphone nirkabel ini tumpuan tersebut terbuat dari bahan yang fleksibel yang dilapisi oleh karet. Meski memiliki bahan yang fleksibel, neckband tersebut tetap akan kembali ke bentuknya semula agar lebih mudah saat ingin digunakan.

Lapisan karet pada neckband membuatnya tetap berada di posisinya meski saya bergerak gerak dan bahkan berolahraga seperti bersepeda. Antara neckband dan unit driver kiri dan kanan, dihubungi dengan kabel disertai lapisan karet. Selama menggunakannya, saya tidak pernah mengalami kekusutan kabel.

Ada pula tombol kontrol yang ada di sisi kanan kabel earphone. Jumlah kabel ini ada empat buah yang menyertakan tombol volume (-/+), tombol Play/Pause, dan tombol daya. Semua tombol ini memiliki desain yang menonjol sehingga relatif mudah diakses meski tanpa melihatnya.

Ujung earphone kini memiliki desain yang cukup berbeda secara signifikan jika dibandingkan dengan FreeLace versi awal. Sekarang karet ujung earphone dilengkapi dengan pengait telinga sehingga membantunya tetap di tempatnya. Hal yang perlu diingat adalah kamu harus menyesuaikan ukuran ujung silikon earphone yang tersedia dalam paket penjualannya.

Dalam kemasan penjualan, Huawei melengkapi FreeLace Pro dengan dua pasang ujung karet silikon agar kamu dapat memiliki ukuran mana yang paling pas di telinga. Ukuran karet silikon yang cocok di lubang telinga juga akan membantu kualitas suara, karena dapat memblokir suara luar secara pasif. Ada pula kabel untuk mengisi ulang baterai di boks penjualannya.

Fitur

Seperti dijelaskan sebelumnya, FreeLace Pro dilengkapi dengan ANC. Pada earphone nirkabel terbaru buatannya, fitur ini diberi nama Dual Microphone Active Noise Cancellation. Seperti namanya, ANC di FreeLace Pro mengandalkan mikrofon ganda yang masing-masing menghadap ke luar dan ke arah dalam. Dengan demikian, perangkat ini mampu menangkap suara bising di sekitar dengan optimal.

Seperti pendahulunya, FreeLace Pro juga hadir dengan HiPair Plug. Ini memungkinkan kamu melakukan pairing dengan sangat mudah dan cepat. Caranya adalah lepaskan kabel yang ada di sebelah kanan earphone hingga terpisah dari modul tombol control. Setelah itu, hubungkan port USB-C earphone ke port ponsel. Tetapi fitur ini tidak dapat dilakukan di semua jenis ponsel.

Ketika ingin mengisi ulang baterainya, hubungkan colokan USB-C yang ada di earphone setelah dicabut dari modul tombol kontrol ke kabel charger. Kamu juga dapat menghubungkan colokan USB-C ke ponsel untuk mengisi ulang baterai FreeLace Pro yang mengambil daya dari baterai ponsel. Sebagai informasi, ponsel kamu harus mendukung reverse charging ketika ingin mengisi ulang baterai FreeLace Pro lewat ponsel.

Kapasitas baterai pada earphone yang berbobot 34 gram ini adalah 150 mAh. Waktu yang diperlukan untuk mengisi baterainya hingga penuh dari keadaan kosong adalah 60 menit. Sedangkan daya tahan baterai FreeLace Pro hingga 24 jam.

Kelengkapan fitur yang tidak kalah keren adalah bahwa FreeLace Pro memiliki sertifikasi IPX5 yang mana membuatnya tahan terhadap cipratan air. Ini berarti earphone buatan Huawei tersebut aman dikenakan saat berolah raga dan berkeringat. Kamu juga tidak perlu panik ketika hujan tiba-tiba turun ketika sedang mengenakannya.

Bagian belakang unit driver sebelah kiri dan kanan dilengkapi dengan magnet. Ini berguna untuk fungsi yang bernama Magnetic Switch. Fitur ini berguna ketika sedang tidak menggunakan earphone, dimana kamu dapat menempelkan kedua earphone kiri dan kanan. Ketika ini terjadi, daya FreeLace Pro akan mati dan memutuskan koneksi Bluetooth ke ponsel terhubung.

Fitur tersebut memang praktis, karena juga dapat menghemat daya baterai saat tidak digunakan tetapi masih berada di leher pengguna. Tetapi saya merasa ketika ingin lanjut mendengarkan musik dari keadaan Magnetic Switch terhubung, tingkat volume tidak sama seperti terakhir saya mendengarkan musik dan fitur ANC dalam keadaan tidak aktif.

    Share
    ×
    tekid
    back to top