sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id acer
Rabu, 14 Okt 2020 09:05 WIB

HP 14s DK1004AU, murah dengan banyak fitur

Laptop yang dibanderol Rp5 jutaan ini dibekali dengan berbagai fitur menarik. Mulai dari kualitas webcam yang apik, port teknologi terkini, storage berukuran besar, juga adapter WiFi yang kencang.

HP 14s DK1004AU, murah dengan banyak fitur

Belakangan ini, laptop yang dapat menunjang proses belajar dan bekerja dari rumah cukup banyak diminati. Dari sekian banyak faktor, harga dan kinerja masih menjadi dua hal utama yang paling sering dicari konsumen Indonesia.

Bagaimana jika ada konsumen yang mengingingkan keduanya? Sebuah laptop yang bisa dipakai untuk menunjang aktivitas belajar dan bekerja dari rumah, tapi juga dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau. Tidak usah khawatir, saat ini sudah banyak laptop dengan harga Rp5 jutaan dengan kinerja yang cukup oke untuk menunjang aktivitas belajar atau bekerja dari rumah.

Desain cukup oke

Dibanderol dengan harga Rp5 jutaan, HP tetap dapat mengemas laptop ini dengan tampilan yang cukup menarik. Sapuan warna Pale Gold dengan logo HP beraksen chrome pada tengah cover membuat tampilannya tampak sederhana, namun tetap elegan.

Laptop ini hadir dengan dimensi yang cukup ringkas, karena sejatinya laptop ini mengusung layar berukuran 14 inci. Bentuknya pun tidak terlalu tebal dan berat, sehingga mudah untuk dipindah-pindah atau dibawa menggunakan ransel.

Mengikuti desain tren saat ini, HP turut menggunakan bezel tipis di kanan dan kiri layar. Hasilnya tampilan layarnya jadi terlihat cukup lega.

Bezel kanan dan kiri layar cukup tipis

Masih pada sisi layar, salah satu fitur yang cukup dicari dari laptop saat ini adalah kamera. Kamera yang kemarin hampir tidak terlalu dianggap penting dari sebuah laptop, kini baru mendapatkan perhatian.

Beruntungnya, HP 14s DK1004AU sudah dibekali dengan HP TrueVision HD camera yang terintegrasi dengan mikorofon. Menariknya, tampilan kameranya tergolong terang, hal ini jadi poin yang cukup baik dari laptop milik HP ini.

Laptop ini menampilkan keyboard dengan desain yang ringkas, ukuran keycapnya juga tidak besar-besar. Tombol daya diletakkan di sisi kiri atas dengan ukuran yang cukup mungil. Meski begitu, keyboardnya cukup nyaman dipakai mengetik karena didesain dengan jarak yang tidak terlalu rapat. Selain itu, HP 14s DK1004AU sudah dilengkapi backlit pada keyboardnya. Hal ini memudahkan penggunaan baik di ruangan dengan cahaya cukup atau gelap.

Keyboard dengan backlit

Meski dibanderol cukup terjangkau, HP menawarkan port I/O yang bisa dibilang cukup komplit. Bahkan tergolong kekinian, karena hadirnya port USB type-C yang saat ini sudah umum digunakan oleh smartphone atau tablet sebagai media pengisian daya atau menyalin data. Ada pula port USB type-A SuperSpeed berjumlah 2 buah, sebuah slot SD card, port HDMI, port RJ45, dan sebuah port 3,5mm audio combo.

Spesifikasinya sudah cukup untuk menunjang WFH dan SFH

Laptop ini hadir menggunakan prosesor AMD Athlon Gold 3150U dengan Radeon Graphics yang bertanggung jawab untuk pengolahan grafisnya. Storagenya masih menggunakan HDD, cukup wajar mengingat banderolnya yang cukup murah. Namun, HP memberikan kapasitas penyimpanan yang cukup besar yakni 1 TB.

Jika dipasaran laptop ini dibekali dengan RAM 4GB DDR4, unit yang kami terima ini dibekali dengan RAM 8GB. Salah satu hal yang bisa dipastikan adalah laptop ini mendukung penambahan RAM, karena menyediakan satu slot kartu RAM lagi.

Lantas bagaimana pengalaman penggunaan laptop ini?

Ditenagai AMD Athlon Gold dan Radeon Graphics

Untuk penggunaan harian, rasanya laptop ini bisa memenuhi banyak hal mengingat fitur-fitur yang ditawarkan sudah cukup komplit. Penggunaan prosesor Athlon Gold 3150U juga sudah cukup bertenaga untuk menunjang kebutuhan harian. Mau dipakai untuk bekerja ataupun belajar dari rumah, laptop ini bisa diandalkan.

Kualitas kamera webcam di laptop ini cukup baik. Meski dibanderol cukup terjangkau, HP bisa memberikan kamera yang berkualitas untuk menunjang kegiatan video conference yang saat ini tengah populer untuk meeting online atau menghadiri kelas online. Tampilan kameranya tergolong terang, tidak seperti kamera webcam kebanyakan yang cenderung gelap dan kurang jelas. Saya jadi tidak perlu menambah lampu lagi untuk menerangi wajah saya.

Webcam untuk video conference

Mengetik di laptop ini juga tergolong nyaman. Meski agak ringkas, keycapnya didesain cukup renggang untuk mengurangi risiko salah ketik. Menurut saya, karakter keycapnya agak kurang empuk. Jadi mengetiknya harus pakai semangat sedikit.

Terlepas hal tersebut, HP membekali keyboard dengan backlit yang dapat memberikan kemudahan saat digunakan di ruangan dengan cahaya redup. Keyboard di laptop ini juga dilengkapi dengan tombol pintasan untuk mengatur kecerahan layar, volume, dan multimedia, sehingga memudahkan saya untuk mengakses tombol pintasan dengan cepat.

Tombol pintasan multimedia

Lengkapnya port I/O juga menawarkan keunggulan tersendiri. Semua port yang ada di laptop ini sebagian besar sudah mendukung penyalinan data dengan transfer cepat. Tidak seperti port USB type-A yang banyak ditawarkan pada laptop mainstream, HP memberikan dua buah port USB type-A di laptop berharga Rp 5 jutaan ini. Dari pengalaman mentransfer data sebesar 50 GB, saya membutuhkan waktu berkisar 24 menit 50 detik.

Sementara USB type-C di sisi kiri, selain dapat menyalin data dengan cepat, port ini juga menawarkan pengisian daya ke smartphone. Namun, jangan mengharapkan bahwa port ini mendukung pengisian cepat atau fast charging ya.

Port USB type-C dapat dipakai untuk menyalin data juga mengisi daya ke smartphone

Kalau untuk pengalaman menonton film rasanya juga sudah cukup baik. Layar dengan bentang 1366 x 768 piksel ini bisa menemani kamu untuk menikmati drama-dram korea atau film-film favoritmu. Namun, karena mash menggunakan panel TN, kita ga perlu membicarakan akurasi warna di sini. Intinya dibuat nonton masih cukup oke kok, meski tampilannya agak pucat.

Harga 5 juta bisa buat main gim? Untuk judul gim yang belakangan ini saya mainkan, Valorant, bisa dimainkan dengan cukup lancar. Grafisnya juga pentok kanan (untuk Valorant itu berarti pengaturan Low).

Saya memilih Valorant juga karena gim ini tidak menawarkan grafis yang membutuhkan detil tinggi dan indah, tetapi membutuhkan jaringan yang stabil agar nyaman dimainkan. Karena sudah menggunakan adapter WiFi dengan standar AC, itu artinya tranmisi data bisa lebih cepat. Faktor ini juga yang membuat sesi bermain Valorant jadi nyaman dan lancar.

Untuk daya tahan baterainya, laptop ini dapat menemani pengguna hingga 7 jam 27 menit untuk aktivitas harian seperti bekerja dan belajar. Jika masih di rumah saja, daya tahan baterai rasanya belum menjadi isu yang cukup berarti. Namun, jika kalian mulai aktif beraktivitas di luar rumah, maka daya tahan baterai dari laptop ini tergolong umum. Tidak cepat habis, namun juga tidak terlalu tahan lama.

Bisa jadi pilihan terjangku untuk WFH atau SFH 

Laptop HP 14s DK1004AU yang dibanderol Rp 5 jutaan ini merupakan versi sedikit berbeda dari 14 DK1002AU yang sudah pernah kami review sebelumnya. Perbedaan pertama ada pada tipe prosesornya, besaran RAM, juga jenis storage serta ukuran yang ditawarkan.

Untuk menunjang aktivitas harian, laptop ini juga bisa diandalkan untuk bekerja atau sekadar mengerjakan tugas sekolah.

Keyboard dengan backlit, webcam yang terang, storage yang lega, dukungan port dengan teknologi terkini, serta sudah menggunakan WiFi standar AC adalah beberapa keunggulan yang ditawarkan laptop ini. Selain itu, kalian juga masih bisa memainkan gim-gim kasual yang tidak membutuhkan grafis detail, seperti Valorant.

Hanya saja penempatan port USB type-A di sisi kanan dikhawatirkan  akan mengganggu pergerakan mouse. Apalagi jika ukuran flashdisknya cukup panjang.

Bagi kalian yang sedang mencari laptop dengan harag terjangkau tapi bisa dipakai untuk bekerja atau belajar dari rumah, HP 14s DK1004AU bisa dijadikan pilihan. Namun, untuk memberikan pengalaman lebih baik lagi, kalian perlu menambah besaran RAM-nya. 

75
HP 14s DK1004AU
 
Keunggulan
  • Keyboard dengan backlit
  • Port cukup lengkap
  • Ada opsi upgrade
 
Kekurangan
  • Keyboard kurang empuk
  • Posisi port USB type-A di sisi kanan dikhawatirkan akan mengganggu mouse
  •  
Share
×
tekid
back to top