sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id benq
Sabtu, 15 Agst 2020 09:59 WIB

Review Honor Choice Indonesia, TWS dengan akses praktis

Masing-masing earbud TWS Honor Choice memiliki form factor in-ear. Artinya, ujung masing-masing earphone dilengkapi dengan bahan silikon empuk yang membuatnya nyaman di lubang telinga.

Review Honor Choice Indonesia, TWS dengan akses praktis

Tren earphone true wireless stereo semakin digandrungi oleh orang-orang mengingat kepraktisan yang disuguhkannya. Earphone ini sama sekali tidak mengandalkan kabel untuk mendengarkan musik dari perangkat pintar yang terhubung, seperti pada ponsel. Konektivitas pada jenis earphone ini kebanyakan adalah Bluetooth, yang mana teknologi nirkabel ini sudah menjamur di hampir semua perangkat pintar.

Tidak mau ketinggalan momentum TWS, salah satu pabrikan asal Tiongkok Honor baru saja meluncurkan earphone TWS dengan nama Choice True Wireless Earbuds. Earphone nirkabel ini mengandalkan teknologi Bluetooth 5.0 sebagai penghubungnya. Karena ini merupakan perangkat audio nirkabel, tentu saja ini dilengkapi dengan codec agar dapat melakukan streaming musik. Dukungan codec yang yang ada di TWS Choice True Wireless Earbuds adalah SBC dan AAC. Berikut hasil review yang saya lakukan.

Desainnya tak asing

Masing-masing earbud TWS Honor True Wireless Earbuds memiliki form factor in-ear. Artinya, ujung masing-masing earphone dilengkapi dengan bahan silikon empuk yang membuatnya nyaman di lubang telinga. Terdapat tiga pasang ujung silikon di dalam paket penjualannya, kamu dapat menganntinya sesuai dengan ukuran lubang telinga masing-masing.

Agar dapat pas dengan anatomi bentuk telinga, unit driver kiri dan kanan sengaja dibuat tidak simetris. Cara ini juga memudahkan kamu langsung mengenali bagian unit driver kiri dan kanan jika hanya melihat dari bentuknya saja. Ya, tidak terlalu jadi masalah ketika mendengarkan musik dengan channel yang terbalik di kiri/kanan. Tetapi akan menjadi masalah ketika kamu menonton film. Oleh sebab itu, bentuk earphone True Wireless Earbuds tidak akan membuat kamu terbalik memasang antara channel kiri dan kanan.

Tidak ada tombol fisik sama sekali pada earphone buatan Honor ini. Meski demikian, kamu masih dapat mengontrol musik via masing-masing unit driver Choice True Wireless Earbuds. Ini dikarenakan oleh TWS tersebut dilengkapi oleh panel sensitif sentuhan di bagian belakang masing-masing unit driver.

Pada bagian bawah batang masing-masing earbud, ada sepasang lubang berwarna kuning yang berguna untuk mengisi ulang ketika ditempatkan di dalam charging case-nya. Ada pula lubang kecil di antara kontak pengisian earphone dan di dekat area akses sentuh, ini adalah mikrofon yang berguna untuk melakukan panggilan dan meredam suara bising saat melakukan panggilan telepon.

Berbicara mengenai charging case (kotak pengisian daya), Honor mendesainnya dengan penutup mekanisme magnet. Mekanisme ini memungkinkan kotak pengisian daya selalu tertutup rapat ketika sedang tidak digunakan. Ada pula lampu LED kecil di bagian depan kotak pengisian daya. Secara keseluruhan, baik charging case dan earphone Honor Choice sangat mirip dengan earphone TWS Apple AirPods Pro.

Pengoperasian

Lampu LED pada berguna sebagai informasi baterai internalnya. Ketika tutup charging case sedang dibuka dan baterainya menunjukkan warna biru, maka kapasitas baterai masih dalam batas aman. Namun ketika lampu menunjukkan warna merah, ini artinya kapasitas baterai sudah tersisa sedikit.

Untuk mengisi ulang baterai charging case, cukup hubungkan sumber daya ke port USB-C di bagian belakangnya. Lampu akan berwarna merah menandakan proses pengisian sedang berlangsung. Saat lampu berubah menjadi warna biru ketika sedang proses ini ulang, ini menandakan bahwa baterai charging case True Wireless Earbuds sudah penuh. Sayangnya lampu LED yang ada di kotak pengisian ini hanya satu, jadi kamu tidak dapat memperediksi seberapa banyak sisa daya baterainya. Sama seperti earphone TWS lainnya, baterai di dalam earbud Honor Choice dapat diisi ulang dengan cara dimasukkan ke dalam kotak pengisian daya.

Cara melakukan pairing untuk pertama kali cukup mudah. Membuka penutup kotak Honor Choice akan memungkinkan earphone masuk ke mode pairing. Setelah itu, aktifkan Bluetooth di ponsel kamu dan pilih perangkat bernama Wireless Earbuds di menu Bluetooth. Setelah melakukan pairing, Honor Choice akan secara otomatis memutuskan hubungan ketika dimasukkan ke dalam kotak pengisian. Saat dikeluarkan dari kotaknya, maka earphone ini akan secara otomatis terhubung.

Seperti yang saya katakan, earphone TWS dari Honor ini dilengkapi dengan area sensitif sentuhan untuk mengakses pemutaran musik dan lainnya. Menurut saya akses kontrol yang diberikan oleh TWS ini cukup intuitif dengan memanfaatkan sentuhan. Contoh, tekan dua kali pada area sentuh pada earphone kiri atau kanan untuk melakukan Pause/Play musik, dan menghentikan pembicaraan ketika sedang melakukan panggilan telepon.

Hal yang paling praktis dalam hal kontrol musik adalah bahwa Honor dapat memajukan atau memundurkan track musik. Jika ingin mendengarkan lagu selanjutnya, tekan dan tahan area sentuh earphone sebelah kanan selama dua detik. Sebaliknya, jika kamu ingin mendengarkan track lagu sebelumnya, tekan dan tahan area sentuh earphone kiri selama dua detik.

Kamu juga dapat menolak panggilan masuk dengan cara menekan dan menahan area sentuh earphone kiri maupun kanan untuk menolak panggilan masuk. Selama menggunakan area sentuh pada Honor Choice, aksesnya cukup memiliki respons yang baik dan akurat.

Performa

Lagu pertama yang saya putar untuk menguji TWS Honor Choice berjudul ‘Can I Have It Like That’ yang dinyanyikan oleh Pharrel Williams dan Gwen Stefani. Karakteristik lagu ini memiliki frekuensi rendah pada hampir seluruh durasinya. Honor True Wireless Earbuds mampu menangani suara bass yang baik karena responsnya terhadap frekuensi rendah yang cukup andal. Meski demikian, suara frekuensi tinggi atau treble terkadang dikorbankan pada saat musik benar-benar melantunkan suara frekuensi sangat rendah.

Suara separasi strereo cukup dapat saya dengar dengan baik, terutama suara berfrekuensi menengah atau middle. Ketika saya meningkatkan volume ke tingkat sekitar di atas 75%, performa bass masih terdengar baik tetapi tidak seoptimal ketika saya mendengarkan lagu pada volume 70% ke bawah. Saya menyukai Honor True Wireless Earbuds yang tidak menampilkan suara terdistorsi ketika saya mendengarkan pada tingkat volume tinggi, termasuk bass dan vokal.

Pada pertengahan lagu, terdapat efek stereo yang mereproduksi suara berfrekuensi menengah ke bawah yang bergerak dari channel kiri ke kanan. Pada titik ini, Honor Choice mampu melakukannya dengan sangat baik karena separasi nada rendah di saluran sebelah kanan terdengar dengan jelas dan lebar. Ada di mana ketika suara bass dan treble yang kuat berbunyi secara bersamaan. Ketika melewati skema tersebut, Honor unggul dalam menampilkan reproduksi frekuensi suara rendah, tetapi sayangnya nada berfrekuensi tinggi kurang tersalurkan sebagaimana mestinya.

Setelah lagu Pharrel Williams, saya mendengarkan lagu berjudul ‘Never Leave You’ oleh penyanyi Lumidee. Awal-awal lagu ini diputar, earphone nirkabel dari Honor tersebut mampu menampilkan suara bernada menengah dengan sentuhan frekuensi tinggi yang bagus. Detail suara vokal yang terdapat di saluran kiri dan kanan pada awal-awal lagu dimulai juga terdengar alami. Begitu juga dengan suara backing vokal yang ada di masing-masing channel, terdengar dengan jelas serta efek separasi yang lebar.

Lagu yang dirilis tahun 2003 ini memiliki bass dengan nada yang sangat rendah. Meski demikian, Honor Choice dapat menanggulanginya dengan sangat baik tanpa gangguan distorsi meski dengan volume yang agak tinggi. Meski terkadang frekuensi tinggi terdominasi oleh suara bass, tetapi hal yang saya suka dari performa Honor Choice adalah detail suara backing vokal yang terdengar jelas baik di channel kiri maupun kanan. Sedangkan suara vokalnya sendiri dapat didengar dengan jelas hingga lagu habis tanpa terdominasi oleh instrumen musik apa pun.

Selanjutnya saya mendengarkan lagu yang pembawaannya agak lebih tenang dengan lumayan banyak alat musik, yaitu berjudul Viva Forever oleh Spice Girls. Saya menyukai bagaimana efek stereo yang ditawarkan oleh Honor Choice di awal-awal lagu dimulai. Instrumen bernada agak sedikit tinggi yang berjalan dari channel kiri ke kanan terdengar mulus dengan efek yang lebar. Suara efek stereo pada instrumen musik gitar dalam lagu tersebut tetap terdengar baik di channel kiri dan kanan. Namun saya mendengar kualitas treble yang agak terlalu agresif pada beberapa backing vokal sehingga menurunkan tingkat kealamiannya. Secara keseluruhan, performa suara Honor Choice pada lagu ini menampilkan efek stereo yang lebar dengan suara detail yang cukup bagus untuk ukuran earphone di kelasnya.

Tidak luput saya menggunakan earphone TWS ini sambil bermain gim PUBG Mobile. Menurut Saya, respons suara yang diberikannya cukup gesit sehingga tidak terasa ada gangguan delay pada audio. Jadi bagi kamu yang merupakan gamer kasual seperti saya, maka Honor Choice cukup dapat diandalkan ketika bermain gim. Suara efek surround-nya pun terasa bagus pada frekuensi menengah.

Kesimpulan

Selain untuk bersantai, earphone TWS Honor Choice juga cocok untuk mendengarkan musik ketika berolah raga karena desainnya yang ergonomis dan telah dilengkapi dengan sertifikasi IP54. Artinya, earphone nirkabel ini tahan terdahap cipratan air dan debu. Bagi kamu para pemain gim kasual, Honor Choice dapat digunakan saat bermain gim agar tidak direpotkan oleh kabel dan memegang ponsel lebih nyaman tanpa gangguan jack earphone di sisi ponsel.

Aksesnya juga mudah dilakukan dengan bantuan area sentuh di bagian belakang masing-masing earphone. Dengan demikian, kamu dapat mengontrol hampir semua akses playback atau panggilan telepon tanpa mengeluarkan ponsel di dalam kantung. Namun alangkah lebih praktis lagi jika akses volume dapat dikontrol lewat area sentuhnya. Bagi kamu yang berminat membelinya, siapkan dana Rp399.000 untuk Honor Choice.

75
Honor Choice True Wireless Earbuds
 
Keunggulan
  • Efek stereo lebar
  • Detail suara cukup bagus di kelasnya
  • Respon bass bagus
 
Kekurangan
  • Kualitas treble kurang stabil
  • Beberapa frekuensi suara terdominasi di beberapa lagu
  • Efek surround kurang baik di frekuensi rendah
Share
×
tekid
back to top