sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
Selasa, 27 Des 2022 15:24 WIB

Review EZVIZ BC1C eLife, CCTV bertenaga surya

EZVIZ BC1B eLife merupakan kamera keamanan nirkabel yang dibekali baterai isi ulang, dan diklaim dapat bertahan selama 210 hari dengan satu kali pengisian penuh baterai. 

Review EZVIZ BC1C eLife, CCTV bertenaga surya

EZVIZ, perusahaan yang berkecimpung dalam industri perangkat smart home berbasis layanan awan dan teknologi AI, belum lama ini meluncurkan perangkat baru dari jajaran kamera CCTV-nya, yaitu EZVIZ BC1C eLife. 

Ini merupakan kamera keamanan nirkabel yang dibekali baterai isi ulang, dan diklaim dapat bertahan selama 210 hari dengan satu kali pengisian penuh baterai. 

Uniknya lagi, perangkat dapat dihubungkan dengan Solar Charging Panel, sehingga dapat memanfaatkan paparan sinar matahari untuk mengisi ulang daya. Penasaran fitur-fitur apa saja yang dibawa EZVIZ BC1C eLife? Simak artikel ini sampai selesai ya, Sahabat Tek.

Desain dan pemasangan

Dari segi desain, EZVIZ BC1C eLife berbentuk seperti tabung, dengan bagian depan datar sebagai tempat lensa kamera, lampu indikator LED, dua lampu sorot, fotoresistor, dan senso PIR untuk mendeteksi gerakan. 

Sementara itu di bagian bodinya, terdapat tombol reset, kode QR kamera, loudspeaker, dan port untuk mengisi daya. Dimensi dari perangkat ini adalah 104.76 x 62.80 x 62.80 mm dan bobot seberat 365 gram.

Memiliki ukuran segenggaman tangan orang dewasa, EZVIZ BC1C eLife tidak terlalu besar atau terlalu kecil. Perpaduan warna hitam dan abu-abu membuat perangkat tampak premium dan tentunya tidak akan mudah kotor meskipun diletakkan di luar rumah. 

Kamera pengawas ini juga tidak dibekali kabel untuk menambah kesan ringkas. Jika biasanya pemasangan CCTV harus berkelut dengan perkabelan, tidak dengan EZVIZ BC1C eLife yang dapat dengan mudah dipasang.

Setiap pembelian perangkat akan mendapatkan dasar skrup dan pelat untuk pemasangan di dinding. Untuk penggunaannya sendiri, kamera ini didukung dengan aplikasi EZVIZ sehingga pengguna dapat memantau video serta mengatur perangkat langsung dari smartphone

Untuk menyambungkan aplikasi dengan perangkat, buka aplikasi dan pilih Kamera, lalu pindai kode QR yang ada di bodi EZVIZ BC1C eLife. Pastikan lampu indikator biru menyala dan langkah berikutnya adalah konfigurasi jaringan pada perangkat. Setelah itu, perangkat CCTV pun tersambung dengan smartphone

EZVIZ BC1C eLife mendukung resolusi video hingga 1080p atau Full HD. Namun, resolusi ini bergantung pada sinyal yang diterima. Semakin dekat CCTV dengan router, maka semakin bagus sinyal yang ter-cover.

Fitur-fitur

EZVIZ BC1C eLife hadir dengan kamera beresolusi 2MP dengan sudut pandang 125 derajat diagonal, dan 107 derajat horizontal, serta sensor gambar Scan CMOS 1/2.8 inci.

CCTV ini memiliki beragam fitur, termasuk deteksi gerakan manusia. Sensor PIR yang disematkan pada bagian depan kamera berfungsi untuk mendeteksi gerakan dan dapat membedakan antara objek manusia yang objek yang tidak bergerak. 

Saat gerakan terdeteksi, kamera akan secara otomatis mengirimkan notifikasi langsung kepada pengguna, melalui aplikasi EZVIZ. Jika gerakan dirasa mencurigakan, pengguna dapat menyalakan lampu sorot yang ada di kamera, dengan mengaktifkan fitur Active Defense di aplikasi.

Dalam situasi buruk, fitur ini mungkin akan sangat berguna untuk menggagalkan aksi pencurian. Ditambah lagi, kita juga bisa menyalakan sirine bersamaan dengan lampu sorot, apabila situasi semakin terlihat tidak kondusif sehingga memberikan tingkat keamanan yang sangat mumpuni.

Hasil gambar EZVIZ BC1B eLife di siang hari

Fitur lainnya yang dimiliki CCTV ini adalah Vivid Night Vision untuk membantu pencahayaan ketika menangkap gambar atau video di malam hari. Dengan demikian, objek dan lingkungan sekitar yang ditangkap kamera lebih terlihat lebih tajam.

Tidak hanya menangkap gambar, kamera ini juga dilengkapi dukungan audio yang memberikan kemampuan komunikasi dua arah. Pengguna dapat mendengarkan suara di luar rumah atau yang terekam dari kamera, dan sebaliknya, dapat mengeluarkan suara dari perangkat CCTV melalui aplikasi.

Terkait durabilitas produk, EZVIZ memberikan ketahanan debu dan air yang telah mengantongi sertifikasi IP66. Jadi, tidak perlu khawatir di kala musim hujan seperti sekarang ini, atau bahkan perusahaan mengklaim kondisi cuaca ekstrem sekalipun. 

Perangkat didukung 2.4GHz WiFi yang diharapkan dapat memberikan koneksi internet stabil. Sayangnya, beberapa kali koneksi CCTV ke aplikasi memakan waktu. 

Daya tahan dan Solar Charging Panel

Dibekali kapasitas 7.800 mAh, perusahaan mengklaim perangkat ini dapat bertahan selama 210 hari dalam satu kali pengisian penuh baterai. Pengisian daya dapat menggunakan kabel atau Solar Charging Panel yang dijual terpisah.

Solar Charging Panel merupakan pengisi daya yang mengandalkan energi sinar matahari. Bentuknya seperti papan yang dihadapkan ke sinar matahari, untuk menampung pasokan tenaga surya dan disalurkan ke kamera pengawas EZVIZ.

Perangkat menggunakan material sel Surya Silikon Monokristalin yang dipadukan dengan kayu laminasi PET. Ini dapat menghasilkan daya hingga 6,18W untuk pemakaian yang lama. Oh iya, untuk mengganti daya dari baterai ke tenaga solar, pengguna perlu mengaturnya di aplikasi.

Di samping itu, seperti perangkat kameranya, Solar Charging Panel juga telah mengantongi sertifikasi IP65. Dengan demikian, dapat tahan terhadap debu dan hujan.

Kesimpulan

EZVIZ BC1C eLife mampu menangkap gambar dan video dengan jelas di siang maupun malam hari. Berkat fitur Vivid Night Vision serta Activate Defense, perangkat ini memberikan tingkat keamanan yang lebih tinggi bagi pengguna. 

Ditambah lagi, dukungan EZVIZ Solar Panel Charging memberikan perangkat ini keunikan sendiri dan tidak perlu repot bolak balik untuk mengisi daya.

Dijual terpisah, CCTV EZVIZ BC1C eLife dibanderol dengan harga Rp1.790.000, sedangkan EZVIZ Solar Panel Charging seharga Rp349.000. Produk tersedia di EZVIZ Official Store yang ada di Tokopedia, Shopee, atau EZVIZ Store terdekat.

80
EZVIZ BC1B eLife
 
Keunggulan
  • Pemasangan mudah
  • Ada Vivid Night Vision
  • Isi daya tenaga surya
 
Kekurangan
  • Koneksi lama
  •  
  •  
Tag
Share
×
tekid
back to top