sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id wd
Rabu, 14 Okt 2020 10:34 WIB

Corsair 4000D tampil minimalis dengan airflow optimal

Meski tak memiliki LED, namun Corsair 4000D tetap dapat menunjukkan keindahan sebuah komputer gaming.

Corsair 4000D tampil minimalis dengan airflow optimal
Corsair 400D

Selama beberapa tahun belakangan ini, RGB LED menjadi salah satu fitur yang disediakan oleh vendor kepada para gamer. Tren ini pun terjadi di semua aspek, bahkan hingga di casing sekalipun.

Tapi, ada kalangan orang yang ingin membuat sebuah komputer yang “clean look”, tanpa ada RGB LED sekalipun di komputer mereka. Dan salah satunya adalah saya sendiri.

Saat ini semakin sulit menemukan casing yang menawarkan hal tersebut. Namun, Corsair baru saja memboyong casing terbaru mereka ke Indonesia, yakni Corsair 4000D. Casing baru ini menawarkan desain clean look, namun tetap indah untuk dipandang. Dan yang terpenting, tak ada LED di casing ini. Berikut ini ulasan kami untuk Corsair 4000D.

Stealthy tapi tetap beauty

Pertama kali melihat casing ini, saya pun langsung jatuh cinta. Soalnya, menurut saya, Corsair 4000D memiliki desain yang sangat kokoh, solid, namun masih terlihat manis untuk diletakkan di atas meja.

Ukurannya juga tak terlalu besar. Corsair 4000D memiliki panjang 453mm, lebar 230mm dan tinggi 466mm. Tak ketinggalan, ada sebuah kaki yang berguna agar kipas PSU memiliki clearance untuk dapat menarik udara segar.

Di bagian depan, kita akan melihat sebuah panel penutup solid yang terbuat dari metal. Bahan-nya kokoh dan dapat dilepas menggunakan mekanisme yang cukup simpel, yakni tinggal ditarik untuk dicopot.

Beralih ke bagian samping, kalian akan mendapatkan sebuah glass panel di sebelah kiri (jika dilihat dari depan). Corsair menggunakan mekanisme penahan baru agar mengurangi resiko terjatuh saat pengguna kurang hati-hati dalam melepas casingnya.

Selain itu, mereka merombak glass panel ini dengan menggunakan tahanan yang lebih kuat di bagian kacanya. Padahal, ketebalan dari tempered glass dari Corsair 4000D sudah cukup tebal dan kokoh. Tak ketinggalan, kacanya pun dibalut tint gelap agar terlihat lebih elegan.

Tak ketinggalan, kalian dapat menggunakan air cooler hingga 170mm. Selain itu, kalian juga akan dapat memasukkan GPU dengan panjang maksimal yang disarankan adalah 360mm.

Sedangkan di bagian kanan, kalian akan mendapatkan mekanisme penahan yang sama. Bedanya, di bagian kanan ini merupakan panel yang terbuat dari metal untuk menutupi “sarang lebah” dari kabel PSU dan lainnya.

    Share
    ×
    tekid
    back to top