sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id oppo
Selasa, 19 Jan 2021 11:45 WIB

Review AMD Ryzen 7 5800X, Zen 3 lebih superior

Dengan menggunakan arsitektur Zen 3 yang disempurnakan, AMD Ryzen 7 5800X mungkin bisa jadi pilihan prosesor baru pengguna di 2021.

Review AMD Ryzen 7 5800X, Zen 3 lebih superior

Tak terasa kita sudah ada di pertengahan Januari 2021. Namun tampaknya, harapan untuk kembali hidup normal tahun ini masih hanya sekedar angan saja. Hingga kini, kita masih harus  bekerja dari rumah paling tidak selama satu tahun ini.

Nah, dari pada kalian bersedih, ini mungkin waktu yang tepat untuk melakukan upgrade PC kalian. Bukan hanya buat kerja aja, tapi kayaknya saat ini merupakan waktu yang tepat untuk upgrade prosesor untuk gaming.

Pada kesempatan kali ini, tim Tek.id akan mengulas salah satu prosesor yang diluncurkan AMD akhir tahun lalu. Kenapa baru kami ulas sekarang? Soalnya, akhir tahun lalu prosesor ini cukup susah untuk dicari, dan harganya masih cukup tinggi.

Tapi untungnya, saat ini Ryzen 7 5800X sudah cukup banyak ada di pasaran, dengan harga yang mendekati MSRP. Jadi kami kira ini merupakan waktu yang cocok untuk menulis review prosesor tersebut.

Seperti diketahui, prosesor ini merupakan prosesor yang berbasis arsitektur Zen 3. Prosesor ini masih menggunakan teknologi fabrikasi 7nm, namun dengan performa yang lebih matang jika dibandingkan dengan versi Zen 2.

AMD mengklaim bahwa ada peningkatan performa di angka 19% pada prosesor yang menggunakan arsitektur Zen 3 jika dibandingkan dengan arsitektur Zen 2. Tentu saja, ini merupakan janji yang cukup besar.

Prosesor ini memiliki total 8 core dan 16 thread, dimana cukup besar untuk sebuah prosesor mainstream. Kecepatan dasarnya ada di angka 3.8 GHz dan kecepatan boost bisa mencapai angka 4.7 GHz, dengan total TDP 105W.

Meskipun menggunakan arsitektur Zen 3, namun Ryzen 7 5800X masih kompatibel dengan motherboard 400 series. Namun, AMD menyarankan untuk menggunakan motherboard 500 series untuk mendapatkan pengalaman penggunaan yang terbaik.

Untuk pengujian kali ini, kami akan menggunakan dua motherboard. Yang pertama menggunakan GIGABYTE X570 Aorus Master serta Gigabyte B450M DS3H. Hanya dengan melakukan update bios, kedua motherboard ini dapat menjalankan prosesor Ryzen 7 5800X tanpa masalah.

Kami menggunakan RAM Corsair DDR4 3200MHz, SSD WD Blue 1TB, dan menggunakan cooler Corsair iCUE H115i RGB Pro XT dengan Deepcool Z7 untuk semua prosesor yang kami uji.

    Share
    ×
    tekid
    back to top