Review Aerocool SI-5200, murah dapat 3 kipas RGB!

Dihargai sekitar Rp500 ribu-an, Aerocool menawarkan tiga kipas RGB dan kemampuan untuk menyematkan radiator 240mm di SI-51200.

Review Aerocool SI-5200, murah dapat 3 kipas RGB!

Mencari sebuah casing dikisaran Rp500 ribu yang sudah memiliki tiga kipas memang perkara mudah. Tapi, mencari casing di rentang harga tersebut dengan kipas RGB merupakan sebuah hal yang cukup sulit.

Tapi, Aerocool baru saja meluncurkan sebuah casing terbaru mereka di Indonesia, yakni SI-5200. Casing ini menawarkan cukup banyak kelebihan, salah satunya adalah tiga kipas RGB serta glass panel  (panel kaca) untuk memamerkan komponen para penggunanya.


berita tentang tek.id

BACA JUGA

D-Link DIR-842, sudah dapat WiFi 5GHz MU MIMO di bawah Rp1 juta

Review ZenFone 6, kami menyukainya

Review Black Shark 2 Pro, auto chicken dinner?


Nah, pada kesempatan kali ini, tim Tek.id akan membahas keunggulan dan kelemahan dari casing tersebut. Kita mulai dari desain casing ini. Menurut saya, SI-5200 memiliki desain yang cukup kekinian.

Warna yang ditawarkan hanya ada satu, yakni berwarna hitam. Finishing di bagian cat pun cukup baik, membuat casing ini tidak terlihat seperti casing murahan. Meski demikian, saat dipegang, ketebalan besi yang membungkus casing ini terasa cukup tipis. Ketebalannya hanya 0,5mm. Jadi, kalian harus sangat berhati-hati, sedikit benturan mungkin bisa menyebabkan casing ini penyok.

Tapi, saya lumayan terkesan dengan Aerocool yang menyematkan PSU shroud di dalam casing ini. Jadi, saya dapat menyimpan kabel ekstra tanpa harus mengorbankan tampilan dari komputer. 

Hal ini dikarenakan kompartemen untuk kabel di bagian kanan perangkat sangat sempit. Belum lagi, tidak terlalu banyak lubang untuk mengikat kabel agar dapat di routing dengan baik. Banyak kabel PSU tidak dapat dirapikan dengan baik. Jadi, gunakan PSU Shroud ini sebaik mungkin.

Oh iya, berbicara mengenai PSU, di bagian bawah dari casing ini memiliki sebuah penyaring debu yang bisa dibilang seadanya. Namun, masih tergolong efektif untuk menghalau kotoran berukuran besar masuk ke dalam PSU.

Sedangkan di bagian depan dari PSU Shroud terdapat dudukan untuk menyimpan dua buah HDD 3,5 inci. Sayang, dudukan ini tidak dapat dilepas.

Beralih ke bagian depan casing, kita akan menemukan cover akrilik transparan. Tapi, yang menjadi perhatian saya adalah lubang intake untuk udara masuk ke dalam casing. Hanya ada beberapa lubang kecil untuk intake. Sedangkan di bagian depan tertutup dengan rapat.

Di belakang panel depan terdapat sebuah saringan debu, yang melindungi tiga kipas berukuran 120cm. Oh iya, kipas ini bukan kipas biasa, melainkan kipas RGB. Sayangnya, RGB di ketiga kipas ini tidak dapat dapat diubah alias statis.

Untuk menyalakan kipas ini ada dua cara. Yang pertama adalah dengan menghubungkan power langsung ke motherboard. Tapi, kalau header kipas di motherboard tidak cukup banyak, kalian bisa menjalankannya menggunakan kabel molex. Tapi kekurangan menggunakan molex adalah kecepatan kipas tidak dapat diatur.

Aerocool juga menyebut bahwa di bagian depan, SI-5200 mampu menyematkan radiator hingga ukuran 240mm. Tapi sayang, ada sedikit bagian dari tempat penyimpanan HDD yang menonjol, sehingga mengganggu pemasangan. Bahkan jika tidak dipotong secara paksa, kita tidak dapat memasukkan radiator dengan ketebalan standar.

Beralih ke bagian samping kiri, Aerocool menyematkan sebuah panel kaca, yang tampaknya bukan merupakan kaca tempered glass. Ketebalannya sekitar 5mm, yang cukup tebal di kelas casing Rp500 ribu-an.

Mekanisme penguncian panel kaca ini juga sebenarnya cukup mengerikan. Tidak ada slot untuk mengamankan panel di casing. Untuk membuatnya stabil, benar-benar hanya menggunakan baut yang dilindungi oleh karet.

Oh iya, saat membukanya kalian juga harus sangat berhati-hati. Karena tidak ada pegangan saat melepas baut. Jika tak hati-hati, kalian bisa saja menjatuhkannya secara tidak sengaja.

Selain itu, panel kaca ini tidak sejajar dengan panel lain. Hal ini membuat casing ini kurang sedikit rapi.

Untuk di bagian belakang, terdapat sebuah tempat untuk menempatkan sebuah kipas berukuran 120mm, yang sayangnya tidak ikut dalam paket penjualan. 

Nah, setelah puas membahassisi luar casing, kini saatnya saya membahas bagian dalam casing. Aerocool SI-5200 ini mampu mengakomodir motherboard dari ukuran mini-ITX hingga ATX.

Pengguna juga mendapatkan dua tempat untuk memasang SSD secara vertikal. Di paket penjualan juga terdapat delapan mur untuk mengencangkan SSD tersebut.

Sedangkan untuk I/O port, semuanya terletak di bagian atas casing. Pengguna akan mendapatkan tombol power dan reset serta beberapa lampu HDD activity serta jack headphone dan mic yang terpisah.

Pengguna juga akan mendapatkan total dua USB 2.0 dan satu USB 3.0. Oh iya, kabel untuk mengkoneksi USB tersebut tergabung menjadi satu. 

Kesimpulan

Secara umum, sebenarnya casing ini tidak terlalu jelek untuk kisaran harga Rp500 ribu-an. Bahkan, ada beberapa produk lain di kisaran harga tersebut yang memiliki kualitas dan rancang bangun yang lebih buruk.

Komplain utama saya adalah banyaknya bagian tajam di bagian dalam casing. Saya beberapa kali tergores saat melakukan inspeksi di bagian dalam. Seharusnya, Aerocool lebih hati-hati dalam melakukan inspeksi produksi dari casing ini.

Lantas, apakah saya akan merekomendasikan Aerocool SI-5200? Jika kalian mencari casing dikisaran Rp500 ribu yang sudah mendapatkan tiga kipas LED sekaligus, maka casing ini cocok bagi kalian.

Tapi, jika kalian ingin menggunakan AIO liquid cooling, kalian harus sedikit kreatif untuk dapat memasangnya di bagian depan. Selain itu, kalian juga harus mengorbankan untuk tidak memasang SSD di bagian dalam casing, dan harus menyembunyikannya di tempat lain.

 
Aerocool SI-5200
Bagus ...
  • Murah
  • Dapat 3 Kipas RGB
  • Sudah Pakai Panel Tempered Glass
Kurang ...
  • Kualitas FInishing Masih Kurang Baik
  • LED Kipas Tidak Dapat Dikontrol
  • Sedikit Ringkih
Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini:
Tags :
Game