sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id asus
Minggu, 22 Nov 2020 11:20 WIB

Review Acer Aspire TC-866: kerja oke, multimedia oke

Komputer desktop Acer Aspire TC-866 yang diulas kali ini ditenagai prosesor Intel Core i5 yang dipadukan dengan kartu grafis Nvidia GeForce GT730 2 GB dan RAM DDR4 4 GB.

Review Acer Aspire TC-866: kerja oke, multimedia oke

Acer merupakan salah satu penyedia komputer desktop terkenal di dunia. Model desktop terbaru keluaran perusahaan asal Taiwan tersebut adalah Acer Aspire TC-866. Ada beberapa model dari seri Aspire TC-866, yang menyertakan prosesor Intel Core i7, Core, i5, dan Core i3. Acer menghadirkan beberapa pilihan demi kebutuhan masing-masing pengguna.

Kebetulan komputer desktop Acer Aspire TC-866 yang saya ulas dimotori dengan prosesor Intel Core i5 yang dipadukan dengan kartu grafis Nvidia GeForce GT730 2 GB dan RAM DDR4 4 GB (dapat diekspansi hingga 32 GB). Sesuatu yang tidak kalah penting adalah paket penjualan desktop ini hadir dengan kelengkapan mouse dan keyboard.

Desain

Ditujukan untuk pengguna mainstream, Aspire TC-866 hadir dengan dimensi yang tidak terlalu besar. Acer merancang desktop TC-866 dengan dimensi hanya 240 x 163 x 350 mm. secara keseluruhan, ukuran desktop ini tidak lebih tinggi dari monitor berukuran 24 inci yang saya gunakan. Bahkan, ketika kaki penyangga monitor tersebut dilepas, tinggi desktop TC-866 tidak melebihi monitor.

Bobot keseluruhan Aspire TC-866 (tanpa keyboard dan mouse) adalah 7,4 kg. Artinya, tidak terlalu berat jika dibandingkan dengan beberapa desktop di kelasnya dengan bobot hingga 8 kg ke atas. Bagian depan TC-866 dibuat tidak terlalu datar karena memiliki lekukan-lekukan sehingga dapat menaikan nilai estetika di tempat ia diletakkan.

Masih di bagian depan, pada sisi ini didominasi dengan bentuk melengkung dengan bagian bawahnya terdapat corak garis-garis. Pada bagian yang melengkung ini terdapat Optical Disk Drive (ODD) DVD SuperMultiPlus Writer yang mendukung media DVD-RAM / ±R / ±RW. Ini memungkinkan kamu menyalin file apa pun ke dalam media DVD.

Uniknya, berbeda dengan sistem desktop dengan ODD kebanyakan, Acer mendesain drive tersebut dengan orientasi vertikal, bukan horizontal. Selain itu, mekanisme yang pada ODD TC-866 menggunakan sistem yang sama pada laptop dengan ODD. Artinya, setelah menekan tombol ‘eject’, tray ODD ini akan terbuka sedikit dan kemudian harus ditarik secara manual untuk terbuka secara menyeluruh.

Mekanisme tersebut menyebabkan lensa ODD dan dudukan cakram berada di tray-nya ketimbang berlokasi di dalam seperti kebanyakan ODD pada desktop lain. Saya sendiri lebih menyukai mekanisme seperti ini karena lebih minim risiko tersenggol secara tidak sengaja ketika tombolnya tersentuh, apalagi ketika dekstop ini diletakkan di bawah meja.

Tidak seluruh sisi depan memiliki desain melengkung, karena sekitar sepertiga sebelah kanan sisi depan desktop Acer ini dibuat lurus. Artinya, bagian depan Aspire TC-866 tidak dibuat model monoton dan terlihat cukup mewah. Pada sisi bagian datar depan desktop, terdapat tombol power. Kemudian agak jauh di bawahnya terdapat beberapa slot yang cukup membantu untuk segala macam kebutuhan.

Acer melengkapi sisi depan desktop Aspire TC-866 dengan slot SD Card, USB 3.1 Type-C, USB 3.0, jack earphone, dan jack mikrofon. Seluruh jajaran port antarmuka tersebut disusun secara vertikal sehingga selaras dengan tray ODD. Oleh karena itu, secara keseluruhan TC-866 terlihat ramping. Pada bagian belakangnya terdapat 4 USB 2.0 dan 2 USB 3.0. Di sini juga terlihat port mikrofon serta LAN. Video output pada Aspire TC-866 adalah HDMI (x1) dan DVI (x1).

Fitur

Pada Acer Aspire TC-866 yang saya ulas, prosesornya menggunakan Intel Core i5-9400 generasi kesembilan. Tidak ketinggalan pula sistem operasi Windows 10 Home 64 bit. Pada paket penjualannya, perusahaan yang berasal dari Taiwan ini membekali TC-866 dengan RAM DDR4 4 GB. Kamu juga dapat meningkatkan kapasitas RAM ini hingga total 32 GB lewat 1 slot ekspansi yang tersedia. Untuk kartu grafis, komputer desktop ini diperkuat oleh Nvidia GeForce GT730 2 GB.

Soal penyimpanan, TC-866 menggunakan hard disk drive (HDD) berkapasitas 1 TB, yang mana cukup lega untuk kebutuhan rumahan atau kantor. Ada juga konektivitas Wi-Fi agar kamu tidak perlu repot-repot menghubungkan kabel ke port LAN untuk mengakses internet. Tidak luput pula dukungan Bluetooth 4.0 agar kamu dapat menghubungkan perangkat periferal secara nirkabel.

Tentu saja Acer juga melengkapi Aspire software bawaan dari untuk TC-866. Salah satunya adalah Acer Care Center (ACC). Software ini merupakan penghubung ke struktur dukungan Acer yang menyediakan aneka kebutuhan esensial pengguna. Ketika mengaksesnya, ACC menyediakan berbagai layanan, pemeriksaan, dan pembaruan dalam satu tempat agar dapat selalu menjaga TC-866 tetap optimal.

Ketika membukanya, terdapat beberapa kolom dengan warna berbeda-beda. Setiap kolom tersebut menwakilkan menu utama seperti My System, Checkup, Tune-Up, System Updates, Support Info, dan Recovery Management. Saya merasa antarmuka yang diberikan oleh ACC cukup intuitif. Misalnya, ketika saya memilih menu My System, seluruh menu utama lainnya terpampang di sebelah kiri panel. Dengan demikian saya tidak perlu kembali ke halaman utama ketika ingin memilih menu lainnya.

Jika mengklik menu My System di aplikasi ACC, maka akan tampil informasi detail sistem seputar hardware dan software pada TC-866. Selain itu, pada opsi ini saya juga dapat memeriksa informasi mengenai komponen sistem yang menyertakan sistem operasi, CPU, sistem grafis, memori sistem, dan sebagainya.

Sedangkan menu Checkup pada ACC akan mengantarkan saya pada status pada drive dan jaringan. Semua informasi di sini akan memberitahu kamu apakah TC-866 berfungsi dengan baik atau sebaliknya. Di sisi lain, saat memilih menu Tune-Up, maka mengantarkan saya pada pembersihan file-file yang tidak berguna pada ruang penyimpanan. Baik menu Checkup dan Tune-Up di ACC agak mirip aplikasi CCleaner atau aplikasi pihak ketiga sejenis lainnya.

Hadirnya menu System Updates, ACC memudahkan saya untuk memeriksa pembaruan sistem terkini di satu tempat. Di sini menyediakan pembaruan driver pada TC-866. Selain itu, saya juga dapat mengetahui riwayat versi masing-masing pembaruan beserta tanggal terjadinya. Sesuai namanya, menu Recovery Management di ACC memungkinkan saya membuat cadangan atau memulihkan pengaturan sistem demi melindungi dari efek kegagalan sistem. Ya, menu yang terakhir ini sama seperti System Restore pada sistem operasi Windows.

Sempat saya katakan bahwa paket pembelian Aspire TC-866 hadir dengan keyboard dan mouse eksternal. Tentu saja keyboard yang hadir bersama desktop buatan Acer ini memiliki ukuran penuh yeng lengkap dengan tombol numerik di sebelah kanan. Meskipun demikian, seperti keyboard yang ada pada laptop saat ini, keyboard TC-866 memiliki tombol Function (Fn).

Tombol Fn berguna jika kamu ingin mengakses tombol F1-F12 dan lainnya. Artinya, ketika tidak menekan tombol Fn dan sambil menekan tombol tersebut, maka akan mengakses pengoperasian lainnya seperti volume, mode standby, play, pause, dan masih banyak lagi. Tetapi sayangnya keyboard ini tidak dilengkapi dengan mekanisme penyannga agar dapat diatur kemiringannya.

    Share
    ×
    tekid
    back to top