sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id benq
Selasa, 09 Mar 2021 10:13 WIB

Review 1More True Wireless ANC: Makin asyik kalau pakai equalizer

Di antara produk 1More yang belum lama ini diluncurkan di Indonesia yaitu 1More True Wireless ANC. Perangkat dengan nomor model EDH9001TA ini dibekali fitur ANC lengkap.

Review 1More True Wireless ANC: Makin asyik kalau pakai equalizer
Source: Tek.id

Earphone berjenis True Wireless Stereo (TWS) kini banyak dihadirkan oleh berbagai vendor perangkat teknologi. 1More kini juga meramaikan pasar Indonesia dengan berbagai perangkat audionya melalui Erajaya Group. Di antara produk 1More yang belum lama ini diluncurkan di Indonesia yaitu 1More True Wireless ANC. Perangkat dengan nomor model EDH9001TA ini dibekali dengan fitur ANC yang lengkap. Selengkapnya berikut ulasan saya menggunakan 1More True Wireless ANC.

Desain

Kesan pertama membuka box 1More True Wireless ANC adalah kemasannya yang premium dan kokoh. Begitu pula kesan yang saya dapatkan ketika menggenggam charging case earbuds ini. Material logam yang digunakan 1More membuat perangkat ini kokoh dengan handling yang nyaman dan tidak mudah kotor. Bodi utama dari earbuds ini terbilang bongsor dibanding earphone TWS pada umumnya. Kendati demikian, eartips-nya dirancang dengan ukuran yang kecil sehingga memudahkannya terpasang di telinga. 

Review 1More True Wireless ANC

Masing-masing earbuds 1More True Wireless ANC dilengkapi dengan tombol kontrol, mikrofon untuk mengakomodir input suara atau suara sekitar, charging pins, sensor inframerah, lampu indikator serta area sentuh untuk mengontrol fitur ANC. 

Review 1More True Wireless ANC

Jika eartips-nya kurang cocok dengan lubang telinga, 1More menyediakan beberapa opsi silikon eartips yang dapat ditukar dengan silikon eartips bawaannya. Eartips tersebut tersedia dalam beberapa ukuran mencakup XS, S dan L. Dalam paket pembeliannya pengguna juga akan mendapatkan pouch untuk membawa 1More True Wireless ANC kemanapun, user guide, serta kabel charging USB tipe-C untuk mengisi ulang daya charging case

Review 1More True Wireless ANC

Performa

1More True Wireless ANC dibekali dengan dukungan bluetooth untuk menghubungkannya dengan perangkat lain seperti smartphone. Proses pairing-nya sendiri terbilang mudah, baik menggunakan aplikasi maupun tanpa aplikasi. Tanpa menggunakan aplikasi 1More Music, proses pairing berjalan tanpa kendala, dengan indikator earbuds menyala berwarna merah dan biru. Saat sukses terhubung, akan terdengar notifikasi audio bahwa pairing berhasil dilakukan. Notifikasi melalui audio juga akan terdengar ketika mengubah level ANC, menonaktifkan earbuds atau peringatan ketika baterai earbuds tersisa sedikit. 

Setelah terhubung, berbagai perintah dapat dilakukan melalui earbuds langsung maupun melalui aplikasi 1More Music. Pada aplikasi tersebut, saya dapat mengatur ANC, melihat kapasitas baterai yang tersisa, hingga menjalankan menu Smart Playback yang akan mengatur bagaimana 1More True Wireless ANC ketika salah satu earbuds terdeteksi mati atau terlepas dari telinga. 

Kontrol panggilan maupun musik sendiri dapat dijalankan melalui tombol yang tersedia pada masing-masing earbuds. Misalnya dengan mengklik tombol di earbuds kanan untuk menambah volume atau tombol di earbuds kiri untuk mengurangi volume. Sementara untuk memutar, menghentikan atau menjeda lagu, pengguna dapat mengklik tombol earbuds kanan dua kali. Untuk berpindah ke lagu selanjutnya, pengguna dapat menekan tombol earbuds kanan selama dua detik dan tombol earbuds kiri untuk berpindah ke lagu selanjutnya. 

Review 1More True Wireless ANC

Review 1More True Wireless ANC

Kontrol yang sama juga dapat dijalankan untuk panggilan telepon. Mengklik tombol earbuds kanan dua kali dapat berfungsi untuk menerima atau menutup telepon. Sementara dengan menekan tombol kanan maupun kiri selama 2 detik, dapat difungsikan ketika Anda menolak panggilan. 

Secara personal saya merasa nyaman dengan hadirnya tombol pada earbuds ini karena memudahkan pengoperasian musik maupun telepon meskipun menggunakan hijab. Tombol ini juga dapat meminimalisir kesalahan deteksi perintah seperti yang mungkin terjadi pada earbuds dengan kontrol sentuh sepenuhnya. Sayangnya responsifitas tombol earbuds ini terkadang berkurang khususnya ketika baterai dengan kapasitas rendah. 

Kualitas audionya sendiri terbilang nyaman, khususnya bagi saya yang suka musik dengan bass besar. Audio vokal baik saat mendengarkan musik maupun saat bertelepon juga dapat didengar dengan jelas tanpa kendala. Berkat dukungan hingga tiga mikrofon, earbuds ini juga dapat mengakomodir audio yang jelas bagi lawan bicara dalam telepon.  

Bagi Sahabat Tek yang suka dengan musik yang didominasi treble, mode Pass-Through mungkin bisa menjadi alternatif. Sayangnya 1More True Wireless ANC tidak dilengkapi dengan fitur untuk mengatur equalizer sehingga saya hanya dapat mendengarkan musik dengan komposisi audio yang ditawarkan earbuds ini secara default. Dalam aplikasi 1More Music juga terlihat tak menyediakan fitur ini.

Soal daya tahannya, 1More True Wireless ANC dilengkapi baterai masing-masing 55 mAh. Charging case-nya sendiri memiliki daya baterai 410 mAh. Saat fitur ANC diaktifkan, kapasitas baterai earbuds ini memang lebih banyak terkuras. Dengan fitur ANC aktif, pengalaman saya menggunakan 1More True Wireless ANC untuk bertelepon hingga mendengarkan musik, baterainya terkuras sekitar 30% setiap satu jam. Namun hal ini berlaku untuk earbuds kanan karena kontrolnya lebih sering digunakan baik untuk memindah lagu, menjeda lagu maupun menerima/menutup panggilan. Lain dengan earbuds kiri yang masih tersisa 40% ketika digunakan untuk aktivitas yang sama selama sekitar dua jam. 

ANC 2 level...

    Share
    ×
    tekid
    back to top