Review Asus Zenfone Max Pro (M1) 4GB RAM

RAM lebih besar bikin smartphone lebih kencang?

Benarkah dengan menambah RAM menjadi 4GB dari 3GB bisa membuat smartphone ini menjadi lebih kencang?

RAM lebih besar bikin smartphone lebih kencang?

Asus Zenfone Max Pro (M1) memang merupakan salah satu smartphone yang paling diminati di Indonesia. Warganet bahkan menjuluki smartphone ini sebagai "ponsel ghaib" karena sulit didapat berkat permintaannya yang tinggi. Salah satu yang diunggulkan oleh Asus pada smartphone tersebut adalah spesifikasinya yang mumpuni dan dibanderol dengan harga cukup terjangkau.

Zenfone Max Pro (M1) dipasarkan sebagai smartphone gaming yang terjangkau. Wajar jika ia sangat unggul di spesifikasi dan harga. Dari ulasan kami sebelumnya, performa smartphone ini memang sangat baik untuk harga yang ditawarkan. Tidak hanya itu, ia juga memiliki memori yang sudah sangat mumpuni yaitu RAM sebesar 3GB dan penyimpanan internal 32GB.


BACA JUGA

Asus segera luncurkan laptop sebesar netbook

CEO Asus, Jerry Shen, mundur demi pimpin perusahaan baru

Asus Designo MZ27AQ, unggulkan desain dan audio


Tapi bagaimana kalau kapasitas memori tersebut masih kurang? Untungnya Asus juga sudah menyediakan varian dengan RAM 4GB dan penyimpanan internal 64GB. Varian ini diklaim lebih kencang dari saudaranya. Benarkah demikian?


Baca juga:

Review jujur Asus Zenfone Max Pro M1: bukan hape setrikaan


Sepertinya saya tidak perlu menjelaskan kembali desain yang diusung oleh smartphone ini karena bodinya sama persis dengan varian yang sudah diulas sebelumnya. Fiturnya juga masih sama persis, mulai dari pembaca sidik jari, face unlock, dan masih tampil dengan kamera ganda.

Kualitas kameranya juga masih sama, yaitu cukup untuk penggunaan sehari-hari namun termasuk tidak istimewa jika dibandingkan dengan smartphone lain yang menjadi pesaingnya. Untuk itulah, lebih baik Anda membaca terlebih dulu ulasan Zenfone Max Pro (M1) yang sudah kami rilis sebelumnya.

Pertanyaan yang paling penting adalah apakah RAM lebih besar membuat smartphone ini lebih kencang dari saudaranya?

Dari pengamatan saya, Zenfone Max Pro (M1) versi RAM 4GB masih menggunakan chipset yang sama, yaitu Qualcomm Snapdragon 636 dengan clock speed yang sama yaitu hingga 1,8GHz. Bahkan GPU yang digunakan juga masih sama persis, yaitu Adreno 509. Dengan kata lain, seharusnya smartphone ini seharusnya punya performa pemrosesan yang sama dengan saudaranya yang menggunakan RAM 3GB.

Hasil pengujian menggunakan berbagai aplikasi benchmark seperti 3DMark dan PCMark juga menghasilkan skor yang serupa. Dengan demikian bisa disimpulkan kalau Zenfone Max Pro (M1) versi RAM 4GB punya performa yang sama dengan RAM 3GB.

Tapi tunggu dulu, itu baru luarnya saja. Ada hal lain yang harus dipertimbangkan ketika menguji perangkat dengan jumlah memori yang berbeda.

Meski hasil benchmark memperlihatkan performa yang serupa, namun dalam praktiknya saya merasa Zenfone Max Pro (M1) versi RAM 4GB bisa beroperasi lebih lancar. Ini terjadi di banyak sekali skenario, mulai dari ketika saya membuka aplikasi, hingga menjalankan dua aplikasi dalam satu layar.

Ketika menggunakan Zenfone Max Pro (M1) versi RAM 3GB, saya masih merasa adanya lag ketika menjalankan aplikasi tertentu, khususnya gim mobile yang sedang saya mainkan saat ini yaitu Girls Frontline. Lag tersebut saya rasakan menjadi berkurang sangat drastis ketika saya beralih menggunakan Zenfone Max Pro (M1) versi RAM 4GB.

Setelah diamati lebih jauh lagi, ternyata jumlah RAM akan sangat berpengaruh ketika Anda membuka banyak aplikasi di smartphone. Sebagai contoh, dalam penggunaan sehari-hari saya selalu menghidupkan beberapa aplikasi seperti Facebook, Chrome, Line, WhatsApp, Instagram, Discord, serta gim Girls Frontline yang sedang saya mainkan. 

Semua aplikasi tersebut memakan RAM untuk beroperasi, dan ternyata dalam keadaan idle Zenfone Max Pro (M1) versi 3GB hanya bisa menyisakan RAM sebesar 28 persen. Itupun dengan skenario penggunaan saya yang tergolong tidak aktif bersosial media, serta dengan kondisi semua aplikasi dimatikan kecuali notifikasinya.

Dengan menggunakan skenario yang sama, Zenfone Max Pro (M1) versi RAM 4GB masih memiliki ruang RAM yang tidak terpakai sebesar 53 persen. Selisih sisa RAM yang tidak digunakan pun ada sekitar 1GB (1024MB) dengan Zenfone Max Pro (M1) versi RAM 3GB.

Biasanya saya membuka Chrome lebih dari 10 tab. Jenis web yang ditampilkan juga beragam, ada yang super ringan, ada pula yang menggunakan HTML 5 dan dipenuhi gambar. Ketika dikombinasikan dengan membuka aplikasi lain, Zenfone Max Pro (M1) versi RAM 3GB seringkali mengalami lag. Aplikasi yang dibuka ulang dari background biasanya tersendat dan membutuhkan waktu untuk ditampilkan.

Hambatan tersebut hampir hilang ketika saya beralih menggunakan Zenfone Max Pro (M1) versi RAM 4GB. Memang masih ada beberapa lag yang saya temukan seperti ketika membuka ulang gim dari background. Namun waktu yang diperlukan untuk membuka ulang gim tersebut tidak selama ketika saya menggunakan Zenfone Max Pro (M1) versi RAM 3GB.

Jadi apa Zenfone Max Pro (M1) versi RAM 4GB lebih baik? Ya, tentu saja. Setidaknya ada dua hal yang membuat Anda harus mempertimbangkan untuk membeli Zenfone Max Pro (M1) versi RAM 4GB.

Pertama adalah kemampuan multitasking-nya yang lebih baik berkat kapasitas RAM yang lebih besar. Kedua penyimpanan internalnya juga lebih besar jadi Anda lebih leluasa menyimpan gim di dalam smartphone ini. Kalau Anda memang suka bermain gim, saya lebih menyarankan membeli Zenfone Max Pro (M1) versi RAM 4GB karena dua alasan di atas.

  Asus Zenfone Max Pro (M1)
Chipset Qualcomm Snapdragon 636
RAM 4GB
Penyimpanan 64GB
Sistem Operasi (OS) Android Oreo stock
Layar 6 inci dengan rasio 18:9
Kamera 16MP + 16MP (belakang), 16MP (depan)
Baterai 5.000 mAh
Harga Rp2.799.000
 
Asus Zenfone Max Pro (M1) 4GB RAM
Bagus ...
  • Harga masih masuk akal
  • Ram lebih besar
  • Penyimpanan lebih besar
Kurang ...
  • Kamera masih biasa saja
  • Bodi licin
Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: