sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id qnap
Senin, 14 Sep 2020 12:53 WIB

QNAP TS-230, NAS imut pelengkap ruang keluarga

Memiliki harga yang cukup terjangkau, QNAP TS-230 bukan hanya dapat menyimpan file pekerjaan saja. Melainkan bisa menjadi pusat multimedia untuk anak-anak.

QNAP TS-230, NAS imut pelengkap ruang keluarga
QNAP TS-230

Pandemi virus Corona saat ini membuat para orang tua harus memutar otak untuk tetap dapat menghibur anak-anak mereka, sekaligus tetap dapat memotivasi mereka untuk tetap mau belajar dirumah.

Nah, salah satu solusi yang bisa diandalkan adalah dengan menggunakan NAS. Selain dapat menyimpan file pekerjaan, NAS juga bisa digunakan sebagai multimedia center yang dapat menemani anak-anak di sela-sela belajar di rumah.

Kebetulan, tim Tek.id saat ini kedatangan sebuah NAS imut dari QNAP, yakni TS-230. Selain imut dan dapat dijadikan sebagai pelengkap ruang keluarga, performa dari NAS ini pun cukup baik. 

Penasaran bagaimana pengalaman kami dalam menggunakan NAS ini? Berikut ini ulasan lengkap dari QNAP TS-230.

Desain imut, cocok jadi aksesoris ruang keluarga

Hal pertama yang kami perhatikan dari QNAP TS-239 ini adalah desainnya yang imut. Perangkat ini tak terlihat seperti NAS lainnya yang terlihat kaku serta industrial dengan pilihan warna solid.

NAS ini memiliki warna biru muda yang sangat kalem. Jadi, NAS ini tidak akan terlihat menonjol ketika diletakkan di ruang keluarga. Bahkan, menurut kami perangkat ini dapat dijadikan ornamen di ruang keluarga.

Meski demikian, port I/O yang dimiliki oleh NAS ini cukup lengkap lho. Di bagian depan, kita akan melihat sebuah port USB 3.2 gen 1 yang ditemani oleh tombol Power dan USB Copy. Ada juga 5 indikator LED di bagian atas perangkat.

Beralih ke bagian belakang, kita akan melihat sebuah LAN RJ45, 1 USB 2.0 dan 1 USB 3.2 gen 1, serta power jack. Sedangkan di bagian atas terdapat sebuah kipas berkuran 80mm yang cukup untuk membuang panas.

Dan di bagian bawah kita akan menemukan sebuah baut yang digunakan untuk membuka bagian dalam. Tak ketinggalan, di sisi kiri dan kanan bawah juga terdapat lubang masuk udara yang cukup besar.

Beralih ke bagian dalam, kita akan menemukan dua buah drive bay yang kami rasa cukup untuk penggunaan rumahan. Kalian dapat memasukkan tidak hanya HDD 3,5 inci saja, melainkan dapat menggunakan HDD atau SSD 2,5 inci.

Kapasitas maksimum dari TS-230 ini adalah 2x18 TB, yang menurut kami cukup besar. Tapi, seperti biasa, kalian dapat melakukan ekspansi menggunakan drive bay eksternal seperti QNAP TR-004 dan lainnya untuk mendapatkan penyimpanan yang lebih besar.

Performa cukup buat streaming 1080p 60fps

Beralih ke bagian performa, QNAP TS-230 ini menggunakan prosesor Realtek, lebih lengkapnya Realtek RTD1296. Prosesor ini memiliki konfigurasi quad-core dengan kecepatan prosesor maksimal 1.4GHz.

RAM-nya hanya 2GB yang sayangnya tidak dapat diupgrade. Jadi, kalian akan terbatas oleh kapasitas RAM saat menggunakan NAS ini. Sayang, QNAP tidak menghadirkan versi yang memiliki RAM lebih tinggi.

Sedangkan untuk OS, saat kita membelinya sudah terpasang OS QTS 4.4.1. Tapi kami dapat melakukan pembaruan ke sistem yang lebih baru, meski spesifikasinya bisa dibilang cukup terbatas.

Seperti NAS lainnya, TS-230 juga akan dapat mendukung semua aplikasi yang ada di 
App Center, termasuk menjadi server untuk CCTV dan lainnya. Jadi, kalian juga dapat mengatur NAS ini menjadi apapun yang kalian inginkan.

Lalu, bagaimana dengan performanya? Untuk melakukan pengujian, kami menggunakan HDD khusus NAS. Saat digunakan sebagai backup solution, TS-230 ini sangat andal dalam melakukan hal tersebut.

Dan pada saat kami lakukan pengetesan melakukan streaming video, di sini kami mulai melihat batasan dari RAM 2GB yang ada di NAS ini. Saat melakukan streaming 4K 60fps secara normal, memang tidak ada kendala. Namun, pada saat kami melakukan frame skipping, NAS ini akan melakukan buffer video selama kurang lebih 5 sampai 7 detik.

Kami coba turunkan kualitas video yang kami putar menjadi 4K 30 fps, dan masalah yang sama muncul. Namun kali ini, TS-230 ini hanya akan melakukan buffering dalam waktu 3 hingga 5 detik saja.

Tapi, jika kalian hanya akan melakukan pemutaran video 1080p 60fps, kami tidak menemukan kendala apapun. Saat melakukan frame skipping, videonya terasa mulus tanpa ada buffer sedikitpun.

Begitu juga saat kami gunakan NAS ini menjadi Plex Server, kami tidak merasakan adanya gangguan buffer saat memutar video di resolusi 1080p 60fps.

Dan berbicara mengenai daya, saat idle, NAS ini hanya akan mengkonsumsi daya di kisaran 4.48 W saja. Sementara itu, saat “bekerja keras” dengan menggunakan 2HDD, power yang ditarik hanya ada di kisaran 130W saja.

Kesimpulan : cocok buat pusat multimedia rumahan

Dengan harga yang ditawarkan di kisaran USD179 atau sekitar Rp2,6 juta, QNAP TS-230 merupakan salah satu NAS rumahan yang termurah. Selain itu, desainnya yang manis pun menjadi nilai tambah tersendiri.

Meski demikian, dikarenakan RAM yang terbatas, membuat beberapa kegiatan terasa cukup kurang memuaskan. Apa lagi saat kita ingin menyaksikan video 4K, seringkali terjadi buffering saat kita ingin memajukan video. Tapi, NAS ini sangat mumpuni untuk melakukan streaming video 1080p.

Penyimpanannya yang cukup lega serta telah mendukung ekspansi internal juga membuat nilai tambah dari NAS mungil ini. Jadi, para orang tua dapat menyimpan file pekerjaan mereka dengan aman sembari dapat menghibur anak-anak menggunakan NAS ini.

75
QNAP TS-230
 
Keunggulan
  • Harga cukup terjangkau
  • Desain menarik
  • Cocok buat keluarga
 
Kekurangan
  • Performa kurang gesit
  • RAM tak bisa diupgrade

 

Tag
Share
×
img
×
tekid
back to top