Review Lenovo Legion Y530

Lenovo Legion Y530, jangan tertipu dengan penampilannya!

Meski memiliki kemampuan gaming yang cukup mumpuni, Lenovo membalut Legion Y530 dengan body laptop bisnis.

Lenovo Legion Y530, jangan tertipu dengan penampilannya! Lenovo Legion Y530 (Tek.id | NCL)

Saat ini, para produsen laptop gaming merancang laptop mereka secara mirip-mirip. Ya, mereka selalu membuat laptop gaming terlihat garang dan macho. Mungkin menurut mereka, hal itu mewakili selera para gamer.

Namun, ada satu produsen laptop yang ternyata tidak ingin mengikuti tren tersebut, yakni Lenovo. Mereka merancang rupa laptop gaming yang terlihat seperti laptop kantoran. Eit, jangan salah. Spesifikasi laptop gaming kelas atas Legion Y530 patut diperhitungkan.

Penasaran bukan dengan performa laptop gaming ini? Kalau penasaran, yuk kita simak ulasan tim Tek.id berikut ini!

Desain yang menipu

Pertama kali laptop ini berada di tangan saya, membuat saya langsung terkesima. Pasalnya Legion Y530 ini mirip dengan Lenovo ThinkPad, salah satu laptop favorit saya. Bentuknya terlihat seperti laptop bisnis. Apalagi  pilihan warna abu-abunya, pastinya membuat orang tertipu.

Meski demikian, saat dinyalakan, Lenovo memutuskan untuk menyematkan sebuah lampu LED di huruf ‘O’ dari kata Legion. Dengan begitu, cukup ketara kalau Legion ini adalah sebuah laptop gaming.

Kesamaan lain antara Legion Y530 dengan ThinkPad adalah disematkannya I/O di bagian belakang laptop. Terdapat 1 USB Type C, Mini DP, USB 3.0, HDMI, Lan, dan colokan daya di bagian belakang.

Selain itu, ada juga satu USB 3.0 dan jack audio 3,5mm di sisi kiri. Sementara di bagian kanan terdapat satu USB lain. Jadi, total ada 3 pilihan USB di laptop ini, yang dirasa cukup untuk menghubungkan mouse dan perangkat pendukung gaming lainnya.

Engsel laptop ini pun terasa sangat unik. Lenovo tidak menempatkan engsel laptop ini persis di ujung bodi laptop. Lenovo meletakkannya sekira 5 sentimeter dari ujung laptop. Hal ini membuat laptop ini terlihat cukup unik.

Lenovo percaya, dengan meletakkan engsel di bagian tersebut, layar tidak akan terkena dampak dari angin panas yang keluar dari belakang laptop. Hal ini menjaga layar agar tidak cepat rusak.

Multimedia yang menyenangkan

Meski merupakan laptop gaming di dalam tubuh sebuah laptop bisnis, multimedia yang tersemat dalam Lenovo Legion Y530 pun sangat mumpuni. Menggunakan layar IPS antiglare dengan resolusi FHD 1080p berbezel tipis, membuat tampilan layar lebih cantik.

Menonton film di laptop ini pun terasa sangat menyenangkan. Detail dari janggut di beberapa film terlihat realistis. Menggunakan teknologi antiglare juga membuat saya nyaman menonton tanpa ada pantulan yang mengganggu di layar.

Saya pun menikmati bermain gim menggunakan layar ini. Dilengkapi dengan refresh rate sebesar 144Hz, membuat pengalaman gaming saya terasa menyenangkan. Tentunya hal ini juga tidak membuat mata cepat lelah.

Suara yang dihasilkan oleh Legion Y530 ini pun sangat mumpuni. Menonton film perang pun jadi terasa nyata. Suara ledakan bom terasa sangat menggelegar. Begitu juga saat saya mendengarkan musik rock dan jazz. Saat disetel ke volume tertinggi, tidak terdengar suara sember.

Speaker di laptop ini juga dapat menghadirkan kualitas yang sangat baik kala memainkan gim. Suara langkah kaki saat bermain gim FPS dan suara decitan ban saat memainkan gim balapan sangat memanjakan saya.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: