Review Asus VivoBook Ultra A412

Laptop ini ringkas tapi bisa bertahan lama

Meskipun memiliki ukuran yang lebih kecil jika dibandingkan dengan laptop 14 inci lain, namun Asus VivoBook Ultra A412 dapat bertahan lama saat dipakai.

Laptop ini ringkas tapi bisa bertahan lama Asus VivoBook Ultra 412

Asus menghadirkan laptop baru berdesain stylish dan berwarna-warni. Menyasar kalangan muda, VivoBook Ultra A412 juga hadir dengan desain yang ringkas. Perusahaan bahkan mengklaim laptop ini 20% lebih ringan ketimbang laptop lain yang memiliki ukuran sebanding.

Bodinya juga cukup tipis untuk laptop berukuran 14 inci. Dimensinya hanya 21,2 cm x 32,2 cm, cukup untuk dibawa Sahabat Tek yang memiliki aktivitas yang mobile. Berikut ulasan pengalaman saya menggunakan Asus VivoBook Ultra A412.

Desain padat tapi ringkas

Desain Vivobook Ultra A412 tak ubahnya laptop Asus yang lain. Bedanya, laptop ini menggunakan desain ErgoLift sehingga terasa nyaman digunakan untuk mengetik. Hadir di tahun 2019, laptop ini mengikuti perkembangan zaman dimana layarnya memiliki bezel cukup tipis. Namun demikian, pengguna bisa mendapatkan tampilan lega dengan layar yang membentang 14 inci. Layarnya juga memiliki lapisan anti-glare yang membuat tampilan nyaman dipandang tanpa efek pantulan. 

Asus juga merancang laptop ini cukup tipis. Dimensinya mencapai 21,2 cm x 32,2 cm, cukup ringkas untuk diajak mobile. Akan tetapi, meski ukurannya ringkas, materialnya yang terbuat dari metal membuat laptop ini cukup berat. Belum lagi baterainya yang memiliki kapasitas cukup besar.

Keyboard-nya sendiri memiliki jarak yang cukup renggang serta sudut yang membulat. Dengan komposisi tersebut, saya cukup nyaman mengetik di laptop ini. Keyboard Vivobook Ultra A412 ini juga terasa empuk diajak mengetik meski dalam waktu yang lama.

Sayangnya, saya masih belum terbiasa dengan penempatan tombol power di sudut kanan atas yang biasanya menjadi tempat tombol delete. Meski tak mengalami kesalahan saat memencet tombol tersebut, terkadang saya merasa was-was ketika hendak memilih tombol delete.

Asus juga melengkapi laptop ini dengan pemindai sidik jari yang ditempatkan di sudut kanan atas pada trackpad-nya. Dengan begitu, saya bisa memanfaatkan fitur tersebut untuk mengaktifkan laptop dalam waktu singkat ketika layar terkunci. Orang lain juga tak bisa dengan mudah mengakses data di laptop berkat dukungan fitur tersebut.

Lebih lanjut Asus Vivobook Ultra A412 dilengkapi dengan port HDMI, dua USB, serta port USB tipe-C. Ada juga jack audio 3,5mm dan slot microSD untuk memudahkan transfer data bagi pengguna. Port untuk pengisian baterai sendiri ditempatkan Asus di sisi kiri laptop.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini:
Editor :