sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id samsung
Jumat, 04 Nov 2022 17:25 WIB

Kingston NV2, value to storage terbaik!

Jika kalian sedang mencari sebuah SSD dengan value to storage terbaik, kalian bisa intip Kingston NV2.

Kingston NV2, value to storage terbaik!

Mencari sebuah SSD yang tepat memang bukan perkara mudah. Banyak pengguna yang kadang terkecoh saat ingin membeli SSD dikarenakan kurang pahamnya mereka dalam menentukan apakah sebuah produk tepat atau tidak untuk mereka.

Apa lagi nih, sekarang ukuran gim sudah semakin membengkak. Selain itu, hasil foto maupun video dari kamera modern sudah berukuran sangat besar. Jadi, kapasitas besar dan harga terjangkau kini menjadi perhatian utama para gamer dan pekerja kreatif.

Nah, kalau kalian sedang mencari sebuah SSD NVMe dengan value to storage terbaik, kalian bisa baca ulasan Tek.id. Soalnya, kami akan membahas sebuah SSD NVMe dari Kingston, yakni NV2.

Secara kemasan, memang SSD yang satu ini tidak terlalu spesial. Namun, seperti pepatah, jangan nilai buku dari sampulnya. Soalnya, performa SSD yang satu ini tidak bisa dipandang sebelah mata.

Di sisi desain sendiri, NV2 masih menggunakan desain pendahulunya, NV1. Desainnya cukup membosankan, dengan PCB warna biru terang sehingga jika kalian tidak memiliki motherboard yang mendukung heatsink terintegrasi, maka SSD ini akan terlihat mencolok. Jika saja Kingston memberikan PCB berwarna hitam, akan terlihat lebih elegan mesti tanpa harus ditutupi.

Untuk kontroler sendiri, mereka menggunakan Phison PS5021-E21. Sedangkan untuk memory flash, mereka menggunakan Kingston FB25608UCT1-AF, yang tampaknya sebuah flash 112-layer 3D milik Toshiba.

Dan dikarenakan untuk menekan harga, mereka tidak menggunakan chip cache DRAM pada NV2. Namun mereka menawarkan 80 TBW untuk versi 256 GB, 160 TBW untuk versi 512 GB, 320 TBW untuk versi 1 TB, dan 640 TBW untuk versi 2 TB. Semua varian juga akan mendapatkan garansi selama 3 tahun.

Pada ulasan kami kali ini, Kingston mengirimi kami varian 2TB. Mereka menggunakan form factor M.2 2280 dengan antarmuka PCIe 4.0 x4 NVMe. Kecepatan write/read yang dijanjkan adalah 2800/3500 MB/s.

Untuk performa sendiri, dalam pengujian yang kami lakukan, ternyata kecepatan dari Kingston NV2 ini sesuai bahkan melebihi janji. Dalam pengujian kami, kecepatan read maksimal yang kami dapatkan mencapai 3621 MB/s, sedangkan kecepatan write maksimalnya ada di 2866 MB/s.

 

 

Harga yang ditawarkan oleh Kingston sendiri untuk perangkat yang satu ini adalah di kisaran Rp2,3 sampai Rp2,4 juta-an. Jadi kalau dihitung-hitung, kalian membayar sekitar Rp1200 per MB. Tentu saja, ini merupakan harga yang cukup murah.

Dan jika dibandingkan dengan beberapa vendor terkemuka lain, dengan kapasitas yang sama, harganya antara Rp800 ribu hingga Rp1 juta. Jadi, selain mendapatkan kecepatan yang cukup kencang, kalian juga dapat menyimpan lebih banyak data.

Jadi, jika kalian seorang gamer atau pekerja kratif yang mencari solusi SSD NVMe kencang dan punya kapasitas besar namun dengan harga terjangkau, kalian bisa coba lirik Kingston NV2.

75
Kingston BV2
 
Keunggulan
  • Harga terjangkau
  • Kapasitas besar
  •  
 
Kekurangan
  • Tidak memiliki cache DRAM
  • Desan boring
  •  

 

Share
×
tekid
back to top