Review keyboard Rapoo Vpro V720S

Keyboard ini berisik tapi asyik

Keyboard Vpro V720S memiliki switch mekanik Rapoo Blue. Karakteristik switch ini adalah mengeluarkan bunyi yang lumayan nyaring ketika ditekan

Keyboard ini berisik tapi asyik

Rapoo terkenal akan produk pendukung gaming seperti keyboard, mouse, dan sebagainya. Pabrikan asal China tersebut baru saja menghadirkan keyboard gaming terbarunya yang masuk ke dalam kelas flagship mereka, Vpro V720S. Sebagai keyboard flagship, tentu saja ia dilengkapi dengan lampu LED RGB.

Desain

Dilihat dari desainnya, keyboard V720S memiliki tampilan tanpa casing. Artinya, Rapoo mendesainnya hanya dengan kerangka dasar yang (tentu saja) dilengkapi dengan aneka tombol. Oleh karena itu, Anda dapat melihat switch pada tombol-tombol yang ada di tepi ketika dilihat dari samping.

Berbicara seputar switch tombol, keyboard Vpro V720S memiliki switch mekanik Rapoo Blue. Karakteristik switch ini adalah mengeluarkan bunyi yang lumayan nyaring ketika ditekan. Oleh karena itu Anda akan mengetahui ketika menekan titik aktuasinya.

Selain terdapat di tombol-tombol, lampu LED RGB juga ada di bagian bodi bawah keyboard. Penambahan lampu di daerah tersebut menjadikan keyboard terlihat lebih apik, apalagi ketika diletakkan di ruangan gelap. Pada bagian bawah, bodi dilengkapi dengan bahan plastik. Tidak ketinggalan pula bahan karet yang terletak di hampir setiap sudut bagian bawah agar memastikan keyboard tidak ‘pergi kemana-mana’ saat Anda menggunakannya mengetik atau bermain gim. Ya, penambahan karet seperti itu adalah hal yang wajib pada setiap keyboard.

Ada pula kaki penyangga keyboard yang berada di bagian kiri dan kanan atas untuk mengatur kemiringan sehingga penggunaan lebih optimal. Sayangnya, Anda hanya dapat mengatur satu sudut kemiringan saja. Saya sendiri lebih suka menggunakan kaki pengangga tersebut karena mengetik akan lebih mudah. Tidak ada port USB atau apapun di sebanjang sisi bodi Vpro V720S. Artinya Anda harus tetap menghubungkan flashdisk atau perangkat sejenisnya di PC atau laptop.

Kabel yang ada pada Vpro V720S menggunakan lapisan bahan mirip katun yang memiliki panjang sekitar 1,5 meter. Menurut pengalaman saya, kabel keyboard ini dapat menjangkau meski desktop berada di bawah meja, dan dihubungkan di port USB bagian belakang unit desktop. Kabel milik Vpro V720S juga tidak mudah kusut. Antarmuka port USB kabel keyboard ini memiliki lapisan emas yang menjanjikan transfer data dan daya jauhlebih cepat dibandingkan dengan bahan konvensional.

Performa

Seluruh tombol yang ada pada keyboard Vpro V720S dibuat tidak terlalu mepet di antara satu dengan lainnya. Oleh karena itu, saya dapat menggunakanya dengan lancar tanpa menekan dua tombol sekaligus secara tidak sengaja. Menggunakan fitur anti-ghosting, Vpro V720S mampu mendeteksi meski saya menekan banyak tombol sekaligus. Saya pun mengujidengan menekan banyak tombol sekaligus. Hasilnya? Huruf yang saya tekan keluar semua dan tidak ada satu pun yang tertinggal. Hal tersebut memang kurang berguna ketika digunakan mengetik, tetapi akan sangat berguna saat bermain gim.

Di dalam paket penjualan, tidak ada kelengkapan lain kecuali tatakan wrist pad yang dapat dipasang di bagian bawah keyboard. Dapat dipasang dengan sangat mudah, wrist pad dapat membuat pengalaman mengetik atau bermain gim menjadi lebih nyaman. Saya sendiri lebih memilih menggunakan Vpro V720S ketika dipasangkan wrist pad.

Karena tidak ada CD driver di dalam kemasan penjualan, Anda harus mengunduh driver secara manual di halaman situs resmi Rapoo. Setelah mengunduh dan memasangnya, Anda dapat mengustomisasi fungsi keyboard berdasarkan kebutuhan pada setiap gim tertentu. Untuk melakukan tersebut, klik tab Macro Editor dan di pilihan Macro List di sebelah kiri terdapat banyak kumpulan gim yang ingin dimainkan setelah memilih gim, fungsi macro pada keyboard akan secara otomatis diterapkan.

Anda juga dapat mengatur lampu LED dengan memilih tab LED Control. Pada pilihan ini, Anda dapat melakukan kustomosasi lampu LED sesuai selera, baik yang sudah ada di dalam preset, atau membuat preferensi sendiri. Mode pola yang tersedia adalah Whole Lighting, Wave Lighting, Breathing, Single Lighting, dan Constant On.

Antarmuka yang disajikan pada driver keyboard tidak terlalu intuitif karena terlalu banyak menu. Selain itu, respon yang ditawarkannya pun kurang mulus. Setiap saya mengatur referensi LED atau yang lainnya, aplikasi ini memerlukan waktu yang agak lama untuk menyimpan pengaturan.

Karena menggunakan aplikasi tidak terlalu lancar, saya lebih menyukai mengatur referensi lampu LED langsung di keyboard. Caranya cukup mudah, yaitu tekan dan tahan tombol VPRO yang ada di kiri atas serta diikuti penekanan tombol F1 hingga F12. Selain itu, Anda juga dapat mengatur kecerahan lampu LED dengan menekan tombol tanda panah ke atas atau ke bawah. Ada empat tingkat kecerahan yang dapat dipilih. Selain itu, Anda dapat mengatur kecepatan ritme efek pergerakan lampu LED dengtan menekan tombol VPRO ditambah tanda panah ke kiri atau ke kanan.

Kesimpulan

Sebagai keyboard mekanis, Rapoo Vpro V720S dapat digunakan ketika bermain gim dan mengetik. Namun, suara yang dihasilkan ketika mengetik akan menjadi perhatian di teman sekitar Anda. Hal ini tidak terlalu menjadi masalah.

Saya juga menyukai cara Rapoo menyematkan memori internal di dalam Vpro V720S sehingga konfigurasi yang saya buat dapat disimpan di keyboard agar tidak perlu mengatur ketika dihubungkan ke PC atau laptop lain. Soal harga, keyboard Rapoo Vpro V720S dibanderol dengan Rp 1.300.000.

 
Rapoo Vpro V720S
Bagus ...
  • Banyak pilihan LED RGB
  • Preset makro untuk gim
  • Terintegrasi memori internal
Kurang ...
  • Aplikasi kurang intuitif
  • Bagian bawah plastik
Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: