Ini bohlam sok pintar atau memang pintar beneran?

Ga perlu dinyalain atau dimatiin, dia bisa mati dan hidup sendiri, dia bisa menguning juga bisa kebiruan

Ini bohlam sok pintar atau memang pintar beneran?

Sampai rumah tepat waktu adalah hal yang gampang-gampang susah, terlebih bagi pekerja di kota besar seperti Jakarta. Kemacetan menjadi momok dan panganan rutin setiap harinya. Seringkali hunian terabaikan, karena sekadar menyalakan lampu tepat waktu rasanya susah sekali.

Kondisi hunian yang gelap bisa menjadi indikasi tidak ada orang dirumah. Inilah yang sering memancing niat jahat dari pelaku-pelaku kejahatan untuk melancarkan aksinya.

Untungnya perkembangan teknologi membawa solusi bagi pekerja yang kerap telat pulang ke rumah. Teknologi pintar yang berkembang cukup pesat belakangan ini sudah sampai pada sebuah bohlam pintar, disebut juga Smart Bulb. Sepintar apa sih?

Bentuk sih biasa aja, malah sedikit lebih besar

Secara fisik Smart Bulb buatan TP-Link ini memiliki desain yang menyerupai bohlam LED yang umum dijual toko elektronik, hanya saja LB 120 tampak sedikit lebih panjang dari bohlam kebanyakan. Materi yang dipakai TP-Link bukanlah kaca melainkan plastik.

Smart Bulb milik TP-Link ini hadir dengan dimensi 5,138 x 2,560 inci dengan berat 175 gram. Jadi masih bisa terpasang dengan baik pada fiting lampu yang banyak dijual di pasar.

Saya suka proses instalasinya

Awalnya saya cukup bingung bagaimana caranya agar bisa mengontrol bohlam pintar ini, karena tidak ada tombol apapun pada bodinya. Namun disinilah TP-Link menawarkan proses installasi yang ternyata sangat mudah dan cepat.

Langkah pertama untuk menghubungkan smartphone dengan Smart Bulb LB 120 yakni Anda harus mengunduh aplikasi TP-Link Kasa terlebih dahulu di Google Play Store (berhubung saya menggunakan smartphone berbasis Android). Kemudian pastikan sudah ada jaringan Wi-Fi pada ruangan dimana bohlam tersebut ditempatkan.

Begini prosesnya …

Seperti saya sebutkan sebelumnya, proses instalasi Smart Bulb LB 120 sangat mudah dan singkat. Ketika Lampu sudah dimasukan ke soket lampu, proses intallasi pun dimulai.

Buka aplikasi Kasa lalu pilih jenis seri perangkat, pilih Smart Bulb LB 100 Series. Hidup dan matikan saklar lampu tiga kali, tunggu sampai LB 120 berkedip tiga kali. Saat ini aplikasi Kasa akan mendeteksi bohlam LB 120. Kemudian beri nama.

Ketika smartphone dan bohlam sudah terhubung bisa diketahui dari aktivitas bohlam yang berpijar terang kemudian meredup kembali sebelum standby ke konfigurasi awal. Jika sudah sampai tahap ini, tampilan Kasa juga akan berubah dan menampilkan pengaturan Smart Bulb LB 120.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: