Review Rapoo VH510

Headset ekonomis dengan efek virtual surround 7.1 yang mewah

Dihargai dibawah Rp500 ribu, Rapoo menawarkan VH510, sebuah headset gaming yang memiliki teknologi surround 7.1 virtual.

Headset ekonomis dengan efek virtual surround 7.1 yang mewah Rapoo VH510

Mencari sebuah headset gaming yang memiliki dukungan surround 7.1 dan terjangkau bukanlah perkara mudah. Hal ini dikarenakan fitur tersebut termasuk fitur ekslusif pada sebuah headset gaming. Biasanya headset yang memiliki spesifikasi tersebut harganya sudah di atas 1 juta rupiah.

Tapi, Rapoo memiliki sebuah solusi headset gaming yang sudah memiliki teknologi surround 7.1, namun tetap terjangkau. Adalah VH510, sebuah headset gaming terbaru yang ditawarkan oleh Rapoo untuk para gamer di Indonesia.


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Plantronics BackBeat FIT 3200, earphone penggemar olahraga

Zowie S1 & S2, mouse eSports kok begini?

Corsair 220T RGB, casing ramah airflow!


Pertama-tama saya akan membahas mengenai build quality dari headset ini. Jujur, kerangka dari headset ini terasa kurang kokoh. Besi yang merupakan struktur utama dari VH510 cukup tebal, namun elastis.

Bagian bantalan penyangga dari headset ini cukup nyaman saat dikenakan. Sayang, busa yang diberikan cukup tipis sehingga saat menggunakan VH510 dalam sesi gaming yang cukup panjang, sedikit terasa kurang nyaman.

Desain dari headset ini kekinian. Rapoo menggunakan desain palang lima seperti di kebanyakan velg mobil sport. Selain itu, desain jaring-jaring yang ada disekitarnya membuat VH510 terkesan sangat ‘gamers’.

Awalnya, pada saat melihat jaring, saya sempat berpikir kalau headset ini merupakan headset dengan desain ‘open-back’. Ternyata, pada saat dipakai, desain dari headset ini terasa seperti ‘semi-open’.

Bantalan busa dari headset ini seperti terbuat dari kulit sintetis. Bahannya cukup empuk, sangat nyaman untuk digunakan. Tapi, menurut pengalaman saya, bahan kulit sintetis ini cukup membuat telinga saya berkeringat. Saya lebih memilih untuk menggunakan busa penutup yang menggunakan bahan selain kulit sintetis.

Pengalaman saya menggunakan headset ini bisa dibilang sangat mengejutkan. Driver headset yang ada di dalam headset ini sangat enak digunakan, baik saat digunakan mengkonsumsi multimedia maupun bermain gm.

Hal pertama yang saya uji adalah menggunakan headset ini untuk bermain gim. Hal ini sangat jelas karena Rapoo menempatkan VH510 sebagai headset gaming. Secara mengejutkan, mereka dapat menampilkan teknologi 7.1 dengan sangat baik.

Tapi perlu diingat, 7.1 yang dihasilkan oleh headset ini merupakan hasil virtualisasi. Meski begitu, memainkan gim yang mendukung surround 7.1 pun sangat terasa nyata.

Saya dapat mendengar suara langkah kaki musuh yang datang dari belakang pada saat bermain beberapa gim FPS, seperti PUBG dan The Division 2. Begitu juga pada saat saya mencoba gim balapan, seperti Assetto Corsa, saya dapat mendengar suara decit ban belakang dari tempat semestinya.

Oh iya, berbicara mengenai gim, VH510 juga dibekali dengan sebuah microphone. Suara yang dihasilkan pun cukup baik. Tapi, beberapa kali teman saya yang mendengarkan suara saya mengeluhkan suara yang mereka dengar tidak terlalu jernih dan tergolong 'mendem' kalau mengikuti kamus ABG.

Selain itu, karena dibuat untuk gamer, ada satu fitur tambahan lain yang disematkan oleh Rapoo, yakni RGB. Sayangnya, RGB yang ada di VH510 tidak dapat dimodifikasi. Jadi, pengguna hanya akan dapat puas dengan pilihan mode ‘cycle’ yang merupakan pengaturan pabrikan Rapoo.

Menggunakan VH510 untuk melahap multimedia, seperti menonton film pun terasa sangat mengasyikkan. Beberapa film aksi saya coba, seperti Saving Private Ryan dan Avengers : Infinity War saya putar.

Dan hasilnya sangat mengejutkan. Saya dapat mendengarkan suara ambien dari kedua film tersebut. Sekali lagi, saya sangat terkesan dengan performa yang dapat dihasilkan oleh VH510.

Beralih ke pengalaman mendengarkan musik, headset ini juga dapat menghasilkan suara yang sangat baik di banyak lagu yang saya putar. Mulai dari Jazz, Rock, Pop, Acoustic, dan lainnya terdengar sangat jernih.

Sayang, saat saya meningkatkan volume VH510 ke level maksimal, terdapat beberapa suara mendesis yang cukup terdengar sangat jelas. Oh iya, berbicara mengenai volume, pengguna dapat menyetel volume dari headset ini dengan memutar knop volume di sebelah kiri bawah headset.

So, apakah saya akan menyarankan headset ini? Dengan kisaran harga Rp365 ribu, sulit rasanya tidak merekomendasikan Rapoo VH510, apalagi bagi mereka yang mencari headset gaming 7.1 dengan harga terjangkau.

Meski begitu, seperti yang sudah saya jabarkan di dalam ulasan, headset ini jauh dari sempurna. Masih banyak hal yang bisa sedikit diperbaiki untuk membuat headset ini menjadi headset gaming yang sempurna.

 
Rapoo VH510
Bagus ...
  • Surround 7.1
  • Murah
  • Kualitas Suara Baik
Kurang ...
  • Kurang Nyaman
  • Tidak Ada Dukungan Software
  • Sedikit Ringkih
Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: