Empat kamera di Huawei Nova 2i, bisa apa?

Memasang empat kamera di ponsel pintar bukan perkara mudah. Apalagi bisa memberikan kualitas gambar yang prima.

Huawei Nova 2i memeriahkan persaingan kamera ponsel pintar dengan membawa empat kamera sekaligus. Dua kamera utama dan dua kamera depan menjadi andalan. Tahun ini, pertarungan memang makin tajam di fitur kamera, baik depan maupun belakang.

Benarkah empat kamera berarti hasil foto yang lebih bagus?Berikut pengalaman saya menggunakan Nova 2i.

Kamera

Kamera Nova 21 tersusun vertikal, atau menumpuk dua lensa ke bawah. Secara estetika, tampilan bodi jadi lebih manis dengan penempatan seperti ini. Sayangnya, demi mengejar bodi tipis, kedua lensa kamera belakang menonjol keluar. Tentu, ia rentan untuk terantuk permukaan meja yang keras.

Kemampuan kamera utama Huawei Nova 2i sendiri terbilang baik. Spesifikasinya begini, Huawei menggabungkan lensa kamera 16MP di bagian belakang dengan kamera sekunder 2MP. Bicara soal produksi warna yang dihasilkan lensa 16MP ini,  memang mampu menghasilkan warnna cukup cerah. Ketika ditransfer ke layar monitor laptop pun, tidak terjadi penurunan kualitas.

Insinyur-insinyur yang menukangi kamera Huawei Nova 2i ini tampaknya belajar banyak pada produk premium mereka terdahulu, seperti seri P9 dan Mate 10. Hasilnya kualitas kamera kelas menengah jadi prima. Taste kamera premium di ponsel pintar Huawei bisa terasa di produk ini.

Aplikasi kamera bawaan pun lengkap. Di kamera belakang bahkan tersemat fitur portrait yang secara khusus menangkap wajah manusia. Jadi, ketika fitur ini aktif, ia bisa mendeteksi wajah seseoranng. Kebetulan, fitur ini pun dibubuhi beautify . Lainnya, ada fitur gambar bergerak (moving picture). Ini mirip dengan kemampuan mengambil gambar GIF.

Sementara itu, fungsi kamera sekunder pada Huawei Nova 2i rupanya untuk mengatur besar kecilnya aperture. Artinya, saya bisa menciptakan gambar bokeh hingga ke titik fokus yang paling dekat dengan mata lensa. Setelah gambar selesai diambil pun, saya masih bisa mengatur efek bokeh ini.

Kelemahan kamera Nova 2i terasa di kondisi gelap. Pada kondisi seperti ini, gambar menjadi kehilangan fokus (blur) dan mulai terasa berbintik-bintik (noise).

Beralih ke kamera depan. Spesifikasi kamera depan nyaris mirip dengan belakang. Huawei menggabungan lensa 13MP dengan lensa sekunder 2MP. Hasilnya, kamera depan tidak berbeda jauh dengan kamera utama. Secara khusus, kamera depan juga dirancang untuk fokus mengenali wajah manusia.

Sementara fungsi kamera sekunder di bagian depan pun sama: untuk menghasilkan bokeh di latar belakang foto. Kendati begitu, tidak ada fitur laser auto focus pada kamera depan. Hasilnya, tangan gemetar sedikit saja, membuat objek di belakang kurang tajam.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: