Earphone Rapoo VM150: Paket yang benar-benar komplit

Earphone gaming tak selalu harus bongsor. Buktinya, meski kecil Rapoo VM150 hadirkan paket komplit buat para gamer.

Earphone Rapoo VM150: Paket yang benar-benar komplit Source: Patardo/ Tek.id

Joko sering sekali bermain gim PUBG. Sayang, ia kerap gagal meraih chicken dinner. Pasalnya selama ini, Joko hanya mengandalkan speaker ponsel saja. Pernah ia membeli earphone murah tetapi kurang bagus kualitasnya. Efek pemisahannya tidak seimbang, yang sebelah kiri ternyata memiliki suara lebih keras dari sebelah kanan.

Permasalahan Joko sebagai seorang gamer mungkin banyak dialami orang. Ada segudang earphone bagus di luar sana, tetapi dibanderol dengan harga yang lumayan. Padahal earphone memainkan peranan penting untuk meningkatkan pengalaman bermain.


BACA JUGA

Google Pixel 4 bakal pakai punch hole

Cortex-A77 ARM tingkatkan performa hingga 20 persen

Ini bahaya tersembunyi di balik lampu LED


Kebetulan saja, meja redaksi kedatangan earphone Rapoo VM150. Katanya sih, earphone ini khusus buat para gamer mobile nih, Sahabat Tek.

Karena penasaran, saya mencoba earphone ini selama satu minggu penuh, khusus untuk bermain gim dan mendengarkan musik. Seperti apa rasanya? Simak ulasan di bawah ini.

 

Kokoh itu wajib

Pertama kali membuka earphone VM150 dari kemasannya, saya langsung terpesona oleh desain yang ditawarkan Rapoo. Desainnya memang simpel, namun ternyata sangat kokoh. Finishingnya juga terlihat sangat rapi.

Yang paling saya sukai adalah dimensinya yang tidak terlalu tebal. Earphone atau headset gaming selalu identik dengan bentuk yang tebal dan besar. Tetapi tidak dengan Rapoo VM150. Ukurannya kecil, simpel namun memancarkan kesan elegan dan kuat. Di bagian belakang housing speaker, ada panel metal dengan logo Rapoo di sana yang akan makin keren ketika tertimpa cahaya. Sisanya masih menggunakan plastik, tetapi kuat dan rapat.

Eartipsnya dibuat mengikuti kontur daun telinga, mencegahnya untuk terlepas secara tidak sengaja. Cantolan pada eartipsnya menjaga eraphone ini tetap di telinga. Beberapa kali karena asik nge-gim, earphone ini tertarik secara tidak sengaja, namun tetap bertengger manis di telinga saja.

Oh iya, namanya eraphone gaming, pasti harus memiliki mic tambahan. Nah, Rapoo ini punya. Ada di housing sebelah kiri. Yup, di housing kiri ada jack untuk mikrofon yang bisa langsung dipasang. Sebenarnya saya bisa tetap menggunakan mikrofon dekat panel pengendalinya, tetapi akan lebih eye catching kalau pakai mikrofon tambahan ini. Selain itu, kualitas suara yang dihasilkan juga lebih jernih ketimbang tidak memakainya. Tetapi dalam beberapa keadaan, mikrofon ini cukup mengganggu juga.

Beralih ke kabel. Kendati berbahan dasar karet, kabel VM150 ternyata bersifat untangled. Artinya, tidak mudah kusut. Saya menjajalnya dengan memasukkan earphone ini secara sembarangan ke dalam tas saya. Benar saja. Kabelnya dapat diuraikan dengan mudah, malahan tidak ada lilitan yang terjadi ketika saya memasukkannya asal-asalan. Jujur saja, hal ini sangat membantu saya untuk mengakses earphone dalam waktu yang sangat cepat.

Menusuri kabel, ada panel pengendali di sana. Ada pengendali volume dan tombol untuk pause. Nah ada yang berbeda di sini ketimbang earphone kebanyakan. Model volume tidak menggunakan tombol, tetapi digeser. Ke atas untuk menaikkan volume dan sebaliknya. Well, ini sangat berguna untuk menaikkan dan menurunkan volume dalam waktu singkat. Begitu menurut saya. Pun mencegah tombol volume untuk tidak sengaja tertekan saat mengaksesnya.

 

Main gim makin asyik

Sesuai namanya, potensi maksimal VM150 ini akan keluar ketika digunakan untuk bermain gim. Kebanyakan saya mencoba earphone ini untuk bermain PUBG Mobile. Di sini, earphone sangat vital karena saya harus mendengarkan langkah kaki musuh dan menebak arah tembakan dari suaranya.

Hasilnya sangat impresif. Langkah kaki musuh dapat terdengar dengan jelas. Efek pemisahan antara kiri dan kanan mampu dieksekusi dengan baik. Jujur saya, saya lebih fokus bermain gim mobile ketimbang PC. Dan earphone gaming VM150 dengan bentuk kecil, kabel tidak mudah kusut, kualitas suara yang baik seperti memberikan paket lengkap bagi saya. Mudah dibawa dan mudah pula digunakan.

Kembali ke pengalaman bermain gim, suara tembakan dapat ditentukan arahnya dengan mudah, demikian pula dengan efek kedalamannya. Saya jadi bisa memperkirakan di mana lokasi musuh dan seberapa dekat ia dengan karakter saya.

Nyatanya, tidak cuma pengalaman bermain gim saja yang semakin meningkat. Pengalaman serupa bisa saya nikmati ketika menonton film, baik di ponsel maupun di PC atau laptop. Hasilnya sama. Kualitas, kejernihan bahkan efek pemisahannya masih sangat terasa baik.

Mendengarkan musik pun bisa dilakukan dengan maksimal. Saya terkesan bagaimana Rapoo mengatur komposisi untuk earphone ini. Biasanya, untuk earphone gaming pengaturan treble akan lebih besar ketimbang frekuensi lainnya. Namun hal ini tidak saya temui di Rapoo VM150.

Treble nya memang besar, tetapi kualitasnya diimbangi dengan middle dan bass yang juga tertata dengan apik. Saya sendiri kaget bagaimana musik yang saya dengarkan ternyata memiliki komposisi yang asik ketika didengarkan dengan earphone ini. Nilai plusnya lagi, karena menggunakan kabel tak perlu lah bolak balik mengisi daya baterai earphone nya.

Jujur saya termasuk salah satu yang cukup selektif untuk urusan earphone, apalagi kalau terasa tidak nyaman di telinga. Ya, pengait di eartipsnya berhasil membuat saya terdiam dan menikmati kualitasnya saat bermain gim atau mendengarkan musik.

Oh iya, awalnya saya bingung bagaimana cara saya untuk mengendalikan musik melalui panel kendali Rapoo VM150. Biasanya berpindah ke musik selanjutnya dilakukan dengan menekan volume up dua kali. Tetapi karena pengendali volume ini digeser, otomatis tidak bisa saya tekan. Rupanya, next song bisa dilakukan dengan menekan tombol pause dua kali.

 

Kesimpulan

Untuk para gamer yang ingin mendapatkan eraphone berkualitas dengan harga terjangkau, Rapoo VM150 jelas menjadi salah sat pilihannya. Earphone ini wajib dipertimbangkan dengan sejumlah keunggulannya, seperti bentuknya simpel, kabel tidak mudah kusut, kualitas suara bagus dan harganya hanya dibanderola 200 ribuan saja.

Dengan harga terjangkau, paket komplit bisa didapatkan di Rapoo VM150 ini.

 

 

 
Rapoo VM150
Bagus ...
  • Kualitas suara bagus
  • Bodi kokoh
  • Efek pemisahan suara bagus
Kurang ...
  • Mikrofon menambah berat earphone
  •  
  •  

 

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: