Discord, aplikasi komunikasi untuk gamer

Discord punya sederet fitur yang memanjakan gamer untuk bisa saling berkomunikasi satu dengan yang lain

Discord, aplikasi komunikasi untuk gamer

Mengisi waktu luang dalam libur lebaran bisa dengan melakukan berbagai macam aktivitas, seperti halnya bermain gim bersama teman-teman. Namun seringkali kita kerepotan untuk berkomunikasi bersama teman saat bermain gim, apalagi saat kita bermain gim yang membutuhkan penyusunan strategi. Kebetulan, kami sedang mengulas aplikasi Discord yang cocok digunakan untuk para gamer saling berkomunikasi.

Di Google Play, aplikasi Discord telah diunduh lebih dari 10 juta unduhan dan telah digunakan lebih dari 271 ribu pengguna. Tentunya, aplikasi ini mendapat ulasan yang cukup besar yakni sekitar 4,5 bintang dari 5 bintang di Google Play. Bukan hanya itu, aplikasi banyak digunakan gamer karena ukuran file-nya yang terbilang ringan yaitu sekitar 63,23 MB.


BACA JUGA

Ini rencana Line tahun depan

Ini rencana Line tahun depan

Google ciptakan Call Screen, fitur menjawab telepon otomatis


Pada dasarnya, Discord berguna sebagai platform para gamer untuk saling terhubung melalui chatting, voice call, video call, dan lainnya. Selain berkomunikasi, aplikasi ini juga memungkinkan para gamer untuk membuat komunitas dari berbagai macam wilayah, seperti Jepang, Amerika, Singapura, Brazil, Hong Kong, dan lainnya.

Dimanjakan berbagai fitur

Pertama kali membuka aplikasi Discord, saya langsung disuguhkan dengan timeline kontak teman saya. Jadi saya bisa melihat siapa saja teman saya yang ada di kontak, teman yang online, teman yang diblokir, teman yang masih tertunda permintaan pertemanannya, dan teman yang disarankan.

Sedangkan untuk menambahkan teman, Anda hanya perlu memilih fitur Add Friend yang terletak pada kanan atas. Anda juga bisa membuat grup chat bersama sembilan teman, dengan memilih fitur Invite Friends to Group yang terletak pada pojok kanan atas.

Untuk melihat chat, Anda hanya perlu memilih menu Option yang terletak pada pojok kiri atas. Di sana, Anda bisa melihat siapa saja yang mengirim Direct Messages. Bila Anda ingin melakukan chat, Anda hanya perlu memilih chat tersebut dan memulai mengobrol seperti di aplikasi chatting pada umumnya. Seperti mengirim teks, file, gambar, dan emoticon.

Oh iya, dalam chat tersebut Anda juga bisa melakukan panggilan atau video call dengan hanya memilih menu Option yang terletak pada pojok kanan atas. Fitur voice chat ini mampu digunakan untuk berkomunikasi selagi Anda bermain gim mobile bersama teman. Jadi, Anda tidak perlu repot saat mengatur strategi gim dengan teman Anda. Selain itu, dalam menu tersebut Anda juga bisa melihat profil teman dan menandai pesan dari teman Anda.

Fitur lainnya yakni Anda bisa membuat atau bergabung dengan komunitas chat dari berbagai macam wilayah. Anda hanya perlu memilih menu Option, kemudian pilih ikon "+" atau Add a Server yang terdapat di pojok kiri atas. Untuk membuat server, Anda hanya pelu menulis nama server, kemudian pilih regional server, dan pilih Create yang terletak di pojok kanan atas. Namun bila Anda ingin bergabung dalam server, Anda hanya perlu memilih Join a Server, masukkan link server yang diinginkan, dan pilih Join yang terletak pada pojok kanan atas.

Bukan hanya itu, aplikasi ini juga memungkinkan Anda mengganti status seperti Online, Idle, Do Not Disturb, dan Invisible. Untuk melakukannya, Anda hanya perlu memilih menu Option, kemudian pilih akun Anda yang terletak di pojok kiri atas, dan pilih status sesuai yang diinginkan.

Sementara untuk melakukan penyetelan akun, Anda hanya perlu memilih menu Option, kemudian pilih User Settings yang terletak di pojok kanan bawah. Pada fitur penyetelan ini, Anda bisa mengatur user settings, apps settings, dan log out akun yang terletak di kanan atas.

Kesimpulan

Menurut kami, Discord sangat memudahkan para gamer untuk berkomunikasi satu sama lain dan memanjakan para gamer dengan berbagai macam fiturnya. Selain itu, Discord juga mudah digunakan untuk para gamer pemula yang ingin mencari teman dengan fitur komunitas Server. Dibandingkan dengan Skype atau bahkan WhatsApp, Discord memang lebih unggul dari segi komunitas dan fitur khusus gaming-nya, meski sama-sama memiliki fitur perpesanan dan panggilan.

Discord juga tersedia di PC. Tentu saja, Anda bisa menghubungkan akun Anda di aplikasi versi PC-nya. 

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: