Review Corsair Harpoon RGB Pro

Corsair Harpoon RGB Pro, ringan dan gesit

Meskipun salah satu mouse gaming termurah diantara yang lain, Corsair Harpoon RGB Pro sangat nyaman dipakai bermain gim dalam sesi panjang.

Corsair Harpoon RGB Pro, ringan dan gesit Corsair Harpoon RGB Pro

Selama ini para gamer dikenal dengan berbagai karakteristik, begitu juga periferal yang mereka pilih untuk bermain gim. Sebagian besar gamer menggemari ukuran periferal berukuran besar dan berat untuk kenyamanan bermain gim dalam waktu lama. Kebetulan saya adalah salah satunya.

Di sisi lain, banyak juga para gamer yang lebih menyukai mouse gaming yang lebih ringan dan memiliki ukuran kecil. Untuk kategori ini saya harus jujur mengatakan bahwa saya bukan penggemar.


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Plantronics BackBeat FIT 3200, earphone penggemar olahraga

Zowie S1 & S2, mouse eSports kok begini?

Corsair 220T RGB, casing ramah airflow!


Corsair baru-baru ini mengirim salah satu mouse mereka ke redaksi Tek.id. Adalah Harpoon RGB Pro, dan saya ditugaskan untuk melakukan ulasan. Awalnya, saya sedikit skeptis karena mouse ini sangat ringan dan memiliki ukuran yang tak sebesar mouse yang biasa saya gunakan.

Meski begitu, saya cukup kaget dengan build quality yang membangun mouse ini. Mereka menggunakan cat berwarna hitam doff yang memiliki tekstur di atasnya. Hal ini menjadikan Harpoon RGB Pro terlihat mewah, mengingat harganya yang sangat terjangkau.

Karet di sisi kiri dan kanan dari mouse ini pun memiliki kualitas yang cukup baik. Saat memegang mouse ini, karet tersebut membuat tangan saya tidak licin karena saya harus menggunakan teknik ‘claw grip’ untuk menggunakannya.

Melakukan scroll menggunakan scroll wheel di Harpoon RGB Pro ini juga nyaman. Scroll wheel di mouse ini dilapisi karet yang juga cukup baik dan empuk digunakan. Begitu juga dengan pemilihan switch Omron di kedua mouse button, yang sangat nyaman dan ringan saat ditekan.

Karena ada di kisaran harga low-end, Corsair hanya membubuhkan tiga tombol tambahan di mouse ini. Satu ada di bagian atas yang berfungsi sebagai pengganti tingkat DPI dan dua tombol di bagian kiri sebagai tombol tambahan atau juga bisa difungsikan macro key.

Berbicara mengenai DPI, Corsair menyematkan kemampuan DPI antara 800 DPI hinga 12.000 DPI. Mereka menyatakan, Harpoon RGB Pro sangat cocok digunakan para gamer untuk memainkan gim FPS.

Oh iya, selain dapat diubah menggunakan tombol, DPI dari mouse ini juga dapat diatur menggunakan aplikasi iCUE milik Corsair. Selain dapat mengatur DPI, melalui aplikasi tersebut, pengguna juga dapat mengubah warna LED di bagian belakang mouse.

Tak ketinggalan, pengguna juga dapat mengatur macro tersendiri di kedua macro key yang sudah saya sebut di atas. Pengguna dapat mengisi command apapun di kedua tombol tambahan tersebut. Bahkan, Corsair juga sudah menyediakan beberapa preset untuk berbagai gim populer yang dapat digunakan pengguna yang tak ingin pusing mengaturnya secara manual.

Lapisan teflon di bagian bawah yang berjumlah empat buah membantu mouse ini dapat bergerak dengan lancar di berbagai permukaan. Namun, sensor dari Harpoon RGB Pro agak lemah pada saat saya menggunakannya di atas kaca.

Kesan premium dari mouse ini juga saya dapatkan dari bentuk colokan USB yang disematkan. Bentuk ini sangat serupa dengan jajaran mouse premium mereka. Colokan USB ini terlihat sangat kokoh dan awet.

Sayang, kabel dari Harpoon RGB Pro terkesan murah. Mereka menggunakan karet ‘Tangle Free’ yang dalam kenyataannya memang tidak mudah kusut. Panjang kabel mouse ini pun cukup nyaman, yakni sekitar 1.8 meter.

Setelah saya memaparkan keseluruhan visual dari mouse ini, saya akan membagikan pengalaman saya dalam menggunakan Harpoon RGB Pro. Jujur, menggunakan mouse ini saat bermain gim terasa cukup nyaman meskipun dipakai dalam sesi yang cukup panjang.

Ada beberapa hal yang harus saya ubah saat menguji mouse ini, salah satunya adalah mengganti gaya penggunaan mouse menjadi ‘claw grip’ dari ‘palm grip’. Hal ini dikarenakan saya memiliki tangan yang cukup besar.

Yang membuat saya kaget adalah bagaimana nyamannya mouse ringan setelah bermain gim lebih dari 4 jam. TIdak melelahkan. Menurut Corsair, Harpoon RGB Pro hanya memiliki berat sekira 58 gram saja.

Jadi, apakah saya merekomendasikan mouse ini untuk Anda? Jawabannya adalah iya, jika Anda memiliki tangan yang cenderung kecil dan menginginkan mouse yang ringan. Begitu juga bagi Anda seorang pemula dalam dunia gim dan ingin mencari mouse gaming pertama Anda.

Harganya pun menarik, yakni di kisaran harga Rp240 ribu. Namun, Anda akan mendapatkan sebuah gaming mouse dengan 12.000 DPI dan RGB di bagian belakang yang dapat Anda kostumasi. Bagaimana menurut Anda? Tertarik untuk membelinya?

 
Corsair Harpoon RGB Pro
Bagus ...
  • DPI Hingga 12.000 DPI
  • Desain Premium
  • Terdapat RGB
Kurang ...
  • Kabel Terlihat Kurang Premium
  • Bentuk Mouse Kecil, Kurang Nyaman Bagi Pemilik Tangan Berukuran Besar
Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: