Corsair Carbide 678C, casing buat sultan yang anti bising

Dibanderol diatas Rp2 juta-an, Corsair Carbide 678C ini menawarkan banyak fitur dan mampu meredam suara dengan baik.

Corsair Carbide 678C, casing buat sultan yang anti bising Corsair Carbide 678C cover

Siapa sih yang tak kenal dengan Corsair? Ya, produsen periferal kenamaan tersebut selalu memiliki jajaran perangkat yang mengesankan. Mulai dari casing, RAM dan Power Supply mereka memiliki kualitas yang baik.

Nah, pada kesempatan kali ini, tim Tek.id berkesempatan untuk mengulas salah satu produk baru Corsair. Kami mendapatkan sebuah unit casing Corsair Carbide 678C, yang memiliki keunggulan fitur peredaman suara. Penasaran bagaimana ulasan kami mengenai casing tersebut? Kalau penasaran, yuk kita simak di bawah ini!

Desain elegan, fitur berlimpah!

Corsair membawa dua pilihan warna saat memperkenalkan Carbide 678C di Indonesia. Satu berwarna hitam dan satu lagi berwarna putih. Beruntung, kami pun mendapatkan unit yang berwarna putih.

Desainnya sangat elegan. Di sisi kanan, Corsair menggunakan sebuah panel berbahan besi yang solid. Sementara di bagian kiri, terdapat sebuah tempered glass dengan smoky tint. Jika dipadukan dengan RGB Lighting di bagian dalam, akan menghasilkan efek yang sangat elegan.

Secara keseluruhan, casing ini terasa solid. Sayang, saya memiliki beberapa komplain terkait dengan casing ini. Salah satunya adalah adalah penggunaan material plastik di penutup depan casing. 

Selain itu, penutup ini juga hanya dapat terbuka satu arah, dan tidak dapat dilepas dengan mudah. Pengguna harus membuka beberapa baut untuk melepas penutup tersebut.

Beralih ke port I/O, Carbide 678Cdibekali dengan kombinasi port I/O yang cukup lengkap. Dua USB 3.0 hadir di bagian atas casing bersama satu tombol power dan satu tombol reset. Tak ketinggalan, hadir juga header untuk USB 3.1 Type-C dan headset/mic combo di lokasi yang sama. Saya rasa, penempatan ini cukup mudah untuk diraih.

Oh iya, di bagian belakang terdapat beberapa lubang yang umum kita temui. Di bagian bawah ada potongan untuk PSU, tujuh lubang untuk PCI horizontal dengan dua yang vertikal, dan lubang kipas yang mendukung kipas hingga ukuran 140mm yang dapat diatur ke atas atau ke bawah.

Tak ketinggalan, Corsair juga memberikan total 3 kipas dengan kecepatan 3100rpm, yang sepertinya ada di keluarga Static Pressure mereka. Jadi, kipas ini tetap dapat menarik banyak udara tanpa mengeluarkan suara yang bising.

Sebagai informasi, Anda sebaiknya berhati-hati dengan kipas ini. Hal ini dikarenakan pada saat saya mencoba kipas tersebut, tangan saya tak sengaja menyentuhnya saat menyala. Dan percayalah, luka yang ditimbulkan cukup dalam!

Bagian Dalam Super Lega

Corsair Carbide 678C memiliki bagian dalam yang lega. Meski masuk ke kategori Mid-Tower, casing ini dapat mengakomodir motherboard dengan rentang pilihan yang cukup beragam. Mulai dari Mini-ITX, Micro-ATX, ATX, hingga E-ATX dapat diakomodir oleh casing ini.

Soal penyimpanan, Corsair menyematkan total empat tray HDD/SSD. Yang menarik, keempat tray ini dapat dicopot. Tipe pengunciannya pun cukup solid. Dari bagian belakang, pengguna dapat menguncinya dengan total tiga baut.

Saat keempat tray ini dibuka, casing ini akan terlihat sangat lega. Pengguna dapat menyematkan radiator yang cukup tebal di bagian depan. Sedangkan di bagian atas, pengguna dapat menggunakan radiator hingga ukuran 420mm, meski harus menggunakan tipe yang cukup tipis.

Oh iya, bagi Anda yang suka dengan sistem yang rapi, Corsair menyediakan banyak lubang routing kabel. Di bagian samping terdapat tiga lubang berkaret, yang memiliki posisi sedikit miring untuk memudahkan proses pemasangan kabel

Uniknya, di 2019 ini, Corsair masih menyematkan sebuah fitur yang menarik, yakni hadirnya ODD Tray di bagian atas. Padahal, saat ini penggunaan Optical Drive sudah mulai langka.

Beralih ke bagian belakang, Anda bisa menemukan total tiga tray khusus SSD. Mekanisme yang disematkan pun cukup unik. Agar SSD tidak mudah terlepas, Corsair mengandalkan material klip berbahan plastik. Kemudian, untuk memudahkan mengeluarkan SSD, Carbide 678C menambahkan per di bagian bawah.

Tak ketinggalan, terdapat juga sebuah Fan Hub di bagian atas belakang casing. Fan Hub ini dapat mengontrol enam kipas sekaligus serta menawarkan pengaturan PWM.

Casing Anti Bising

Seperti yang saya sebutkan diatas, Carbide 678C memiliki kelebihan untuk meredam suara. Hal ini dikarenakan di bagian dalam dari casing ini dibekali sebuah lapisan peredam yang disebut EVA Foam.

Peredam ini pun terdapat di tiga bagian. Yang pertama ada di bagian depan casing, di bagian samping kanan casing, dan juga terdapat di bagian atas. Khusus untuk yang ada di bagian atas, pengguna bisa menggantinya dengan cover mesh jika mereka memilih untuk menggunakan radiator. Jadi, mereka akan mendapatkan airflow yang lebih baik.

Lantas, seberapa bising casing ini saat digunakan? Dalam percobaan, saya menggunakan tiga kipas yang datang dengan casing ini. Selain itu, kami juga menggunakan sebuah kipas Noctua, yang menempel di Heatsink.

Ketika kami menempatkan casing berjarak 30 cm dari pengguna, kemudian memastikan semua kipas berjalan di 100 persen, tidak ada suara apapun yang terdengar. Jadi, lapisan EVA foam yang ada di casing ini bekerja dengan baik.

Penuh Dengan Filter Debu

Selain memiliki lapisan peredam, casing juga memiliki banyak penyaring debu. Di bagian depan terdapat satu buah saringan debu yang menutupi total tiga kipas. Lalu ada juga penyaring debu di bagian bawah casing.

Penyaring debu di bagian bawah ini selain dapat menyaring debu untuk masuk ke dalam casing, juga dapat menyaring debu untuk masuk ke PSU. jadi, PSU Anda juga akan lebih bersih dari debu.

Terakhir, penyaring tersebut juga terdapat di bagian atas. Penyaring debu tersebut juga dapat dicopot dan pasang, untuk diganti dengan panel yang lain.

Kesimpulan : Cocok bagi gamer sultan yang tak suka bising

Bagi Anda yang ingin menebus casing ini, Anda harus menyiapkan dana sebesar Rp2,7 juta-an. Meski terasa mahal, namun fitur yang diberikan Corsair di Carbide 678C sangat melimpah. 

Belum lagi, adanya peredam suara EVA membuat casing ini sangat senyap. Filter debu yang ada di casing ini pun berlimpah, yang memastikan bagian dalam dari casing ini tetap bersih dalam jangka waktu yang lama.

So, bagaimana sahabat Tek? Tertarik untuk membeli casing ini?

 
Corsair Carbide 678C
Bagus ...
  • Desain Eelgan
  • Banyak Filter Debu
  • Dapat Meredam Suara Dengan Baik
Kurang ...
  • Cukup Mahal
  • Tak Semua Komponen Terbuat Dari Besi
  • Agak Sulit Memasang Komponen PCI
Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: