Baterai besar jadi andalan Samsung Galaxy M30

Samsung Galaxy M30 berbekal baterai berkapasitas 5000 mAh, seberapa bagus sih performa smartphone ini?

Baterai besar jadi andalan Samsung Galaxy M30

Samsung telah meluncurkan berbagai seri Galaxy terbarunya di tahun 2019 ini, termasuk Galaxy M30 yang luncur Juli lalu di Indonesia. Smartphone ini mengusung baterai yang besar dan tiga kamera di bagian bodi belakangnya. Kebetulan saya berkesempatan untuk menguji smartphone ini selama kurang lebih satu minggu. 

Berbicara soal desain, Samsung Galaxy M30 tampil dengan bezel tipis dan layar Super Amoled 6,4 inci. Resolusi layarnya ialah FullHD 1080x2340 piksel dengan aspek rasio 19,5:9. Pada bagian layarnya juga menampilkan notch waterdrop untuk menempatkan kamera depan, sehingga membuat layarnya terkesan semakin lega. 

Saat menggenggam smartphone ini, saya merasa nyaman karena bobotnya yang ringan sekitar 174 gram dan tidak begitu besar untuk tangan saya yang mungil. Namun yang saya kurang sukai adalah bodinya cukup licin saat digenggam dengan satu tangan dan layarnya yang mudah terdapat bercak sidik jari. 

Pada bodi belakangnya, Galaxy M30 menampilkan tiga kamera belakang dengan LED flash yang yang posisinya secara vertikal pada kiri atas bodi. Tak ketinggalan, Samsung juga menampilkan pemindai sidik jari untuk sistem keamanannya. 

Ini adalah gambar bodi belakang dari Samsung Galaxy M30

Berbicara mengenai sistem keamanannya, saya lebih mengandalkan pemindai sidik jari dibanding sistem Face Unlock. Pasalnya sistem Face Unlock kerap gagal dalam membaca wajah. Kalaupun berhasil, sistem ini membutuhkan waktu yang cukup lama. 

Samsung juga membekali smartphone ini dengan baterai berkapasitas 5000 mAh, yang mampu bertahan hampir seharian. Jadi, saya enggak perlu khawatir menggunakan smartphone ini seharian untuk kegiatan sehari-hari. Namun sayangnya saya membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mengisi daya smartphone tersebut hingga 100 persen.

Hasil pengujian pada baterainya, smartphone ini mampu bertahan hingga 11 jam 6 menit. Sayangnya saya membutuhkan waktu yang cukup lama sekitar 2 jam untuk mengisi baterai ini dari 0%-100%. Namun ini masih terbilang wajar, mengingat Galaxy M30 berbekal baterai berkapasitas 5000 mAh.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: