Review Asus Zephyrus S GX531

Asus Zephyrus S GX531, laptop bertenaga tak harus tebal

Asus Zephyrus S GX531 memiliki performa luar biasa karena dilengkapi dengan prosesor Intel Core i7 8750H dan GPU Nvidia RTX 2070 Max-Q.

Asus Zephyrus S GX531, laptop bertenaga tak harus tebal Asus Zephyrus S GX531

Mencari laptop gaming tipis, bertenaga, bukan perkara mudah. Biasanya, kedua hal ini saling bertolak belakang. Jika ingin laptop bertenaga, kita harus memilih laptop tebal. Jika ingin laptop tipis, maka kita harus mengorbankan performa.

Namun, hal ini kini bukan lagi sebuah hal yang harus dipusingkan. Melalui Zephyrus S GX531, Asus membuktikan bahwa laptop tipis dapat mengeluarkan performa yang sangat tinggi. Penasaran bagaimana kemampuannya? 

Pengalaman Penggunaan

Saya awalnya kurang percaya kalau laptop ini laptop gaming. Ketebalannya hanya 18mm saja dalam keadaan tertutup. Sangat tipis bukan?

Saking tipisnya, Asus harus mengorbankan beberapa hal untuk mendapatkan suhu yang baik. Salah satunya adalah memindahkan keyboard ke bagian bawah. Hal ini juga memaksa mereka memindahkan trackpad di bagian sebelah kanan.

Untuk pengalaman mengetik, layout ini sangat tidak nyaman. Saran saya, seharusnya dalam paket penjualan, Asus memberikan wristpad untuk membantu meningkatkan kenyamanan saat mengetik. Apalagi, mengingat harganya yang tidak murah.

Trackpad-nya pun berada di posisi yang menurut saya sangat aneh. Berlokasi di sebelah kanan keyboard, otak saya masih sering kali refleks untuk mencarinya di bagian bawah. Setelah dua minggu memakai laptop ini, saya masih belum terbiasa. Saya pun lebih memilih menggunakan mouse ketimbang menggunakan trackpad tersebut.

Tapi, menggunakan trackpad sebagai NUMPAD adalah sebuah solusi yang cukup elegan. Ketika dinyalakan, teknologi yang disebut Asus sebagai Numberpad ini sangat membantu saya untuk memasukkan angka lebih cepat.

Keluhan saya adalah tidak adanya feedback dari Numberpad ini. Jadi, saya sering kali mengecek apakah tombol yang saya inginkan sudah masuk atau belum.

Kekurangan lain, meskipun ada LED untuk menunjukkan tombol touchpad, hanya ada pilihan warna merah. Padahal, warna LED di keyboard dan di bagian bawah laptop dapat dipersonalisasi.

Di atas Numberpad juga terdapat satu tombol dengan logo ROG. Tombol ini adalah pintasan untuk masuk ke aplikasi Armoury Crate. Di aplikasi itu, pengguna dapat mengub LED keyboard hingga memantau keadaan laptop Zephyrus mereka.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: