sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id benq
Jumat, 22 Jan 2021 09:20 WIB

ASUS RT-AC59U V2, bikin WFH makin produktif

Dihargai Rp700 ribu-an, ASUS RT-AC59U V2 bisa menjadi salah satu pilihan upgrade kalian untuk mendapatkan performa internet yang lebih baik.

ASUS RT-AC59U V2, bikin WFH makin produktif

Semasa WFH, smartphone dan laptop jadi perangkat yang makin sering digunakan. Hal ini dikarenakan baik para pelajar dan pekerja membutuhkan kedua perangkat tersebut untuk dapat terus berkegiatan selama di rumah.

Tapi, sebenarnya bukan hanya kedua perangkat tersebut yang merupakan perangkat esensial saat bekerja atau belajar dari rumah. Namun, router juga memegang peranan penting selama berkegiatan selama di rumah.

Soalnya nih, router bawaan ISP biasanya merupakan sebuah router yang cukup standar. Biasanya, saat digunakan untuk mengakses internet untuk video call satu atau dua perangkat, router ini dapat bekerja dengan baik. Tapi, kalau sudah tiga atau empat perangkat sekaligus, biasanya kita akan menemukan banyak masalah.

Pada kesempatan kali ini, saya bakal mengulas salah satu router milik ASUS, dimana memiliki banyak keunggulan jika dibandingkan dengan router bawaan ISP. Router yang bakal saya bahas adalah ASUS RT-AC59U V2.

Kelebihan pertama yang dapat kita lihat adalah router ini memiliki total 4 antena 5dBi sekaligus. Jika dibandingkan dengan router dua antena, ruang jangkau WiFi pun akan jauh lebih baik dimana akan meningkatkan pengalaman penggunaan.

Meski demikian, sayangnya ASUS tak menggunakan teknologi MU-MIMO di router ini. Pengguna hanya mendapatkan dukungan MIMO saja, namun dengan konfigurasi 2.4 GHz 4 x 4 serta 5 GHz 2 x 2.

Untuk kecepatan, ASUS RT-AC59U V2 memiliki rating kecepatan 600 Mbps di 2.4GHz dan 867 Mbps di 5GHz. Tentu saja, kecepatan ini jauh lebih kencang jika dibandingkan dengan router bawaan ISP.

Tak ketinggalan, ada juga dukungan hingga empat port Gigabit LAN, yang memiliki kecepatan transfer 10 kali lebih cepat jika dibandingkan dengan koneksi 100Base-T Ethernet standar. Jadi, kalian dapat menggunakan 4 PC atau laptop menggunakan kabel LAN.

Ada juga satu USB 2.0 port yang mendukung ASUS AiDisk. Dengan menggunakan teknologi ini, para pengguna akan dapat membagikan data dari perangkat eksternal ke semua pengguna router tersebut.

Terakhir, dikarenakan versi penyempurnaan, ASUS juga menyematkan teknologi AiMesh di ASUS RT-AC59U V2. Hal ini akan memudahkan para pengguna melakukan pemasangan mesh router hanya dengan beberapa langkah mudah.

Dan untuk lampu indikasi, kalian akan mendapatkan total 9 lampu, yakni power, LAN 1 hingga 4, WAN indicator, indikator 2,5Ghz dan 5Ghz, serta serta satu USB indicator. Dan jika kalian ingin membeli router ini, pastikan memiliki colokan yang cukup besar karena adaptor dari perangkat ini cukup besar.

Proses instalasi mudah, fitur berlimpah

Untuk kesempatan kali ini, saya tidak akan melakukan setting AiMesh, namun akan mempersiapkan router ini sebagai router biasa. Dan dalam proses setup, yang saya harus lakukan adalah memencet tombol next dan mengisi nama jaringan serta password saja. Tak ketinggalan, kita juga harus mengisi ID dan password untuk mengakses router tersebut.

Tampilan utama dari router ini pun cukup modern. Oh iya, untuk mengaksesnya, kalian hanya tinggal mengetik http://router.asus.com di browser kalian. Setelah itu, kalian tinggal masuk untuk mengakses admin router tersebut.

Selain dapat mengakses beberapa pengaturan umum, di tampilan ini juga kita dapat melakukan beberapa pengaturan. Salah satunya adalah membuat jaringan WiFi khusus untuk tamu, agar terpisah dari jaringan utama.

Di sini, kalian dapat mengatur kecepatan maksimal yang dapat digunakan oleh tamu. Selain itu, kita juga dapat memberikan durasi tertentu untuk jaringan WiFi tamu ini dimana jaringan ini akan menghilang setelah beberapa jam sesuai keinginan kita.

Ada juga pengaturan Parental Control. Fitur ini memungkinkan para orang tua memblokir situs khusus di perangkat yang digunakan oleh anak mereka. Hal ini penting agar anak-anak dapat menelurus internet dengan lebih aman.

Dan satu fitur unik lagi yang membuat saya terkesan adalah USB yang ada di ASUS RT-AC59U V2 ternyata dapat dikonfigurasi sebagai input untuk modem 3G/4G eksternal. Bahkan, router ini akan mengenali smartphone Android sebagai modem eksternal juga.

Performa apik, internetan jadi kencang

Untuk percobaan kali ini, kami akan membandingkan ASUS RT-AC59U V2 dengan dua router lain, satu yang merupakan bawaan ISP dan satu lagi modem harian saya yakni Tenda AC6 AC1200. Sebagai informasi, saya akan menggunakan data pada saat kedua perangkat tersebut dalam keadaan baru.

Untuk internet, saya menggunakan salah satu provider ISP swasta. Kecepatan internet yang saat ini saya gunakan adalah hingga 100Mbps. Dan ternyata, kami mendapatkan hasil yang cukup menarik.

Untuk kepekaan sinyal, ternyata ASUS RT-AC59U V2 memiliki tingkat kepekaan sinyal terbaik. Baik tanpa halangan dan dengan halangan, modem ini dapat memancarkan sinyal dengan sangat baik.

 

 

Sedangkan untuk PING, memang ada perbedaan yang cukup jauh antara jaringan 2,5Ghz dan 5Ghz. Untuk para gamer, terutama gamer di smartphone, kalian akan mendapatkan PING yang sangat rendah saat menggunakan router dengan koneksi 5Ghz.

 

 

Dan untuk kecepatan internet, satu-satunya yang dapat mengimbangi kecepatan dari ASUS RT-AC59U V2 adalah modem pribadi saya. Tapi, terdapat gap yang cukup lebar diantara kedua perangkat tersebut.

Hal ini sangat penting dikarenakan saat ini menonton serial TV atau film melalui internet sudah merupakan kebiasaan yang baru. Jadi, dengan hanya melakukan upgrade router, kalian dapat menonton film di YouTube, Netflix, atau streaming media lain tanpa ada buffer.

 

 

 

 

Kesimpulan : Upgrade penting untuk pengalaman internetan terbaik

Dihargai Rp700ribu-an, ASUS RT-AC59U V2 bisa menjadi salah satu upgrade murah terbaik yang dapat kalian dapatkan selama pandemi ini. Router ini akan memastikan semua perangkat yang terhubung mendapatkan potensi terbaik dari ISP kalian.

Dilengkapi dengan 4 antena sekaligus membuat smartphone atau gadget lain tidak bertabrakan sinyal antara satu dengan lainnya. Hal ini memberikan kestabilan saat sama-sama menggunakan internet untuk melakukan video call.

Tak ketinggalan, untuk para gamer, teknologi 5Ghz merupakan fitur yang sangat penting mengingat lag sekecil apapun akan menentukan menang kalahnya kalian dalam pertandingan.  Selain itu, pengalaman kalian dalam menikmati konten di platform  streaming juga akan semakin membaik.

80
ASUS RT-AC59U V2
 
Keunggulan
  • Harga cukup terjangkau
  • Mendukung WiFi 2,4Ghz dan 5Ghz
  • Ping stabil
 
Kekurangan
  • Adaptor cukup besar
  •  
  •  

 

Tag
Share
×
tekid
back to top