sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id oppo
Rabu, 06 Mei 2020 17:44 WIB

ASUS M409, laptop murah buat temani pelajar selama WFH

Dihargai tak sampai Rp7 juta, ASUS M409 bisa menjadi salah satu laptop yang cocok menemani para pelajar dalam masa WFH ini.

ASUS M409, laptop murah buat temani pelajar selama WFH
ASUS M409

Menjalani aktifitas di rumah selama pandemi virus corona ini tidak jauh-jauh dari laptop. Hal ini dialami hampir semua orang, terutama para pelajar yang biasanya mengikuti kelas online untuk tetap dapat belajar dari rumah.

Banyak orang yang mencari laptop murah untuk digunakan oleh para anak-anak mereka untuk belajar. Nah kebetulan, saat ini redaksi Tek.id punya satu rekomendasi laptop murah untuk para pelajar, namun memiliki performa yang sangat baik.

Pada kesempatan kali ini, kami akan melakukan ulasan terhadap ASUS M409. Dihargai tak sampai Rp7 juta, laptop ini memiliki spesifikasi yang cukup mumpuni untuk digunakan oleh para pelajar.

Desain Khas Anak Muda

Kesan pertama kami saat membuka box dari laptop ini, kami merasa laptop ini ditujukan untuk para kawula muda. Desain minimalis yang tak terkesan seperti laptop bisnis menjadi salah satu alasannya.

ASUS M409 Bagian Belakang

Sebenarnya, laptop ini tak terlalu tipis, namun tak terlalu tebal. ASUS juga mengklaim, M409 ini memiliki ukuran body yang lebih kecil dari laptop 14 inci pesaingnya. Hal ini memudahkan pengguna untuk membawa laptop ini kemanapun setelah PSBB berakhir.

Pengguna juga akan menemukan dua USB 2.0, satu audio combo jack 3,5mm, dan MicroSD card reader di sebelah kanan. 

ASUS M409 Bagian Kanan

Sedangkan di sebelah kiri, pengguna akan mendapatkan USB 3.1 Type-C, HDMI, 1 USB 3.0, dan DC in.

ASUS M409 Bagian Kiri

Tapi dikarenakan semua body dari laptop ini terbuat dari bahan polycarbonat, ASUS M409 terasa cukup ringkih dipegang. Apa lagi saat mengetik, kami merasakan wilayah di sekitar keyboard sedikit ringkih, bahkan hanya saat digunakan mengetik biasa.

Pengalaman Penggunaan yang Menarik

Selama melakukan pengetesan, kami menemukan beberapa hal menarik dari ASUS M409. Namun, yang paling menarik adalah seberapa lama laptop ini dapat bertahan hanya dengan mengandalkan baterainya untuk menemani para penggunanya selama WFH.

Kami mencoba melakukan simulasi video conference untuk melihat seberapa lama laptop ini dapat bertahan. Dengan keadaan WiFi dan Bluetooth menyala, serta keadaan kecerahan layar di angka 50 persen, ASUS M409 dapat bertahan selama hampir 3 jam.

Keyboard yang hadir di laptop ini pun bisa dibilang bukan yang paling nyaman, namun juga bukan yang paling buruk. Key travel dari keyboard ini cukup keras, dan saat digunakan menulis dalam waktu lama, seperti selama 4 jam, rasanya jari-jari kami cukup letih.

ASUS M409 Keyboard

Meski begitu keypadnya cukup responsif, namun beberapa kali terasa ada miss-click saat menggunakan touchpadnya. Tak ketinggalan, terdapat juga pemindai sidik jari di bagian kanan atas touchpad ini. Dan harus diakui, sensornya cukup responsif.

ASUS M409 Touchpad

Ada dua hal lain yang membuat penggunaan laptop ini kurang nyaman menurut kami. Pertama adalah masih digunakannya HDD, bukannya SSD. Selain itu, laptop ini juga masih menggunakan RAM 4GB single channel, yang sedikit mempengaruhi performanya yang akan kami bahas sebentar lagi.

Kameranya pun cukup menjanjikan, jika kalian menggunakannya di ruangan yang sangat cerah. Sedangkan jika ruangan kalian gelap, siap-siap melihat banyak noise di muka kalian.

    Share
    back to top