Pengguna Android lebih betah di Facebook ketimbang Instagram

Bulan ini, pengguna Instagram di AS menghabiskan hampir banyak waktu yang sama dengan pengguna Facebook pada perangkat Android

Pengguna Android lebih betah di Facebook ketimbang Instagram (Foto: Boadella)

Popularitas Instagram rupanya tak berbeda jauh dengan Facebook meski laporan menyebutkan banyak pengguna dari kalangan muda di Amerika Serikat (AS) beralih pada aplikasi berbagi foto tersebut. Bulan ini, pengguna Instagram di AS menghabiskan hampir banyak waktu yang sama dengan pengguna Facebook pada perangkat Android. Bahkan jika ditelisik leih detail, Facebook lebih menang sedikit ketimbang Instagram.

Menurut data yang dirilis Similar Web, rata-rata pengguna Instagram menghabiskan waktu selama 53 menit per harinya di Android pada Juni 2018. Durasi tersebut selisih lima menit dengan Facebook yang digunakan selama 58 menit per harinya.

Namun demikian peningkatan durasi penggunaan Instagram tercatat lebih tinggi dibanding Facebook dimana pada Mei lalu selama 48 menit, sementara Facebook 55 menit sehingga selisihnya 7 menit. Penggunaan Snapchat sendiri tercatat rata-rata 49 menit per harinya melalui aplikasi. Penggunaan Snapchat sendiri tercatat rata-rata 49 menit per harinya melalui aplikasi.

Instagram sebagaimana diketahui diakuisisi Facebook pada 2012 lalu. Meski bersaing ketat dengan Snapchat, Instagram tumbuh dengan signifikan. Jumlah pengguna aktif bulanan Instagram bahkan mencapai satu miliar pada Juni ini.

Durasi yang digunakan pengguna dalam menghabiskan waktu di aplikasi memang dinilai penting. Pasalnya data tersebut menjadi acuan misalnya bagi para pengiklan, yang akhirnya menguntungkan pemilik platform. Ini juga menunjukkan bagaimana sebuah aplikasi bersaing dengan aplikasi lainnya.

Beruntungnya, kini beberapa perusahaan juga menyediakan fitur yang akan menunjukkan kepada pengguna seberapa lama mereka menghabiskan waktu dalam layanannya. Apple misalnya belum lama ini mengumumkan fitur baru dalam iOS 12 yang bisa menginformasikan berapa banyak waktu yang dihabiskan pengguna pada aplikasi tertentu. Facebook dan Instagram juga telah menegaskan akan menghadirkan fitur serupa.

Data dari Similar Web ini mirip dengan data sebelumnya yang juga dirilis perusahaan. Namun Instagram dan Snapchat belum merilis data serupa sejak tahun lalu. 

Similar Web sendiri mengumpulkan data melalui panel global, data ISP, sumber data publik serta data pengukuran langsung. Demikian dilansir Recode.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: