Cari tahu, sejauh mana Facebook memegang data pribadi kita?

Raksasa media sosial ini diam-diam sedang mengawasi kita!

Dengan jumlah pengguna bulanan mencapai 2 miliiar, Facebook bisa saja masuk sebagai "Negara" dengan populasi tertinggi ketiga di dunia. Makin banyaknya pengguna Facebook, tentu makin banyak data pribadi penggunan yang digali. Tanpa sadar, kita menyerahkan data-data pribadi kita dan Facebook memanfaatkannya untuk meraih keuntungan.


BACA JUGA

Foto pribadi 6,8 juta pengguna Facebook diumbar tanpa izin

Selebgram bakal makin meroket di Instagram

Data pribadi 52,5 juta pengguna Google+ diumbar


Pertama, data-data pribadi kita diserahkan kepada pengiklan. Untuk mengetahui sejauh mana data pribadi kita dipakai Facebook untuk kegiatan iklan mereka, Anda bisa cek di sini.

Itu saja belum cukup. Facebook masih menyembunyikan apa yang mereka ketahui tentang Anda. Aktivitas Facebook di belakang punggung Anda jauh lebih rahasia lagi.

Untuk tahu bagaimana aktivitas Anda di Facebook menjadi sumber data penting, Anda bisa memasang Data Selfie di Chrome. Ini adalah file extention yang akan memonitor aktivitas Anda ketika menggunakan Facebook.

Selain itu semua, aplikasi Facebook sebenarnya memanfaatkan data lokasi Anda. Caranya adalah dengan mengoleksi data GPS tracker yang ada di dalam smartphone Anda. Kalau Anda tidak suka, Anda bisa non-aktifkan aktivitas ini. Caranya, masuk ke menu settings smartphone Anda, cari bagian Applicatins. Di sektor App permissions, non-aktifkan data lokasi yang Anda berikan ke Facebook.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: