sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id poco
Jumat, 08 Mar 2024 13:04 WIB

5 wanita inspiratif yang membuka jalan bagi generasi STEM

Dalam perayaan International Women’s Day 2024, National Inventors Hall of Fame® (NIHF) menghadirkan kisah-kisah inspiratif dari lima wanita berprestasi yang telah merubah wajah dunia STEM.

5 wanita inspiratif yang membuka jalan bagi generasi STEM
Sumber: National Inventors Hall of Fame® (NIHF)

Dalam perayaan International Women’s Day 2024, National Inventors Hall of Fame® (NIHF) menghadirkan kisah-kisah inspiratif dari lima wanita berprestasi yang telah merubah wajah dunia teknologi. Mereka bukan hanya ahli di bidang mereka, tetapi juga menjadi pionir yang membuka jalan bagi generasi mendatang di dunia STEM (ilmu pengetahuan, teknologi, rekayasa, dan matematika).

Tema International Women’s Day tahun 2024 adalah: "Investing in Women: Accelerating Progress." Tema ini mencerminkan pengakuan terhadap perempuan sebagai katalisator perubahan positif dan pengakuan akan peran penting yang mereka mainkan dalam membentuk masa depan yang lebih baik untuk semua.

Dengan memfokuskan pada investasi dalam perempuan, kita mengakui bahwa kemajuan dan pembangunan yang sejati hanya dapat tercapai ketika perempuan diberikan sumber daya, peluang, dan dukungan yang mereka butuhkan untuk berkembang. Investasi ini melibatkan berbagai aspek, termasuk pendidikan, kesehatan, pemberdayaan ekonomi, dan peluang kepemimpinan.

Berikut 5 kisah wanita inspiratif versi National Inventors Hall of Fame® (NIHF)

Marian Croak
Sebagai Inductee NIHF, Marian Croak membuktikan bahwa teknologi dapat membawa dampak positif dalam kehidupan sehari-hari. Pekerjaannya di Bell Labs dan AT&T memunculkan hasratnya untuk menciptakan cara baru menggunakan teknologi. Penciptaan teknologi Voice over Internet Protocol (VoIP) oleh Croak mengubah paradigma komunikasi, memanfaatkan internet untuk mentransmisikan pesan suara. VoIP tidak hanya merubah cara kita berkomunikasi, tetapi juga menjadi kunci penting untuk pekerjaan jarak jauh, konferensi, dan komunikasi personal.

Kristina Johnson
Kristina Johnson, bersama dengan rekan NIHF Gary Sharp, memimpin perubahan dalam pemrosesan optoelektronika, imaging 3D, dan sistem manajemen warna. Penciptaan teknologi kontrol polarisasi oleh Johnson membuka pintu untuk aplikasi luas dalam industri hiburan dan elektronik. Keberhasilan mereka dalam perusahaan ColorLink, yang dijual ke RealD, mengukuhkan posisi mereka sebagai pemimpin di dunia imaging 3D. Setelah menjabat sebagai kanselir Universitas Negeri New York, Johnson kini menjadi presiden Universitas Negeri Ohio sejak Agustus 2020.

Chieko Asakawa
Chieko Asakawa, seorang Inductee NIHF, tidak hanya mengatasi tantangan, tetapi juga membuktikan bahwa teknologi harus dapat diakses oleh semua orang. Setelah kecelakaan yang membuatnya buta, Asakawa bergabung dengan IBM Tokyo dan mengembangkan Home Page Reader, penjelajah suara pertama yang memungkinkan pengguna buta dan berkebutuhan khusus untuk menjelajahi internet. Karyanya tidak hanya menjadi tonggak bersejarah dalam teknologi aksesibilitas, tetapi juga mempengaruhi banyak sistem web-to-speech yang kemudian muncul.

Radia Perlman
Hall of Famer Radia Perlman berperan penting dalam pertumbuhan internet dengan menciptakan Spanning-Tree Protocol (STP), yang merubah Ethernet menjadi teknologi yang dapat menciptakan jaringan besar dengan ribuan node. Perlman, yang memiliki lebih dari 100 paten AS, tidak hanya menciptakan STP, tetapi juga memberikan kontribusi besar pada keandalan dan skalabilitas routing internet. Sebagai Dell Technologies Fellow, Perlman terus membimbing dan menginspirasi para profesional di industri teknologi.

Esther Sans Takeuchi
Esther Sans Takeuchi, ahli penyimpanan energi dan Inductee NIHF, memimpin inovasi dengan menciptakan teknologi baterai lithium/silver vanadium oxide (Li/SVO). Baterai ini digunakan dalam Implan Cardioverter Defibrillator (ICD), membuktikan keberhasilannya dalam menyelamatkan ribuan nyawa. Dengan lebih dari 150 paten AS dan penghargaan terbaru berupa Penghargaan NAS dalam Ilmu Kimia 2022, Takeuchi tetap menjadi tokoh yang menginspirasi di dunia penelitian dan inovasi.

Mereka bukan hanya wanita hebat di bidang STEM; mereka adalah pionir yang membuka jalan bagi generasi mendatang. Kontribusi mereka bukan hanya sukses untuk urusan pribadi, tetapi juga warisan inspiratif untuk semua yang bercita-cita tinggi di dunia teknologi. Selamat Hari Perempuan Internasional!

Share
×
tekid
back to top