2018, YouTube dan Facebook masih perang video

Tidak hanya Youtube yang menjadi raja video online, kini Facebook juga sudah mulai menyusul

Di Indonesia, data terbaru dari We Are Social menunjukkan bahwa warganet akan terus terhipnotis oleh konten video di platform media sosial. Dari hasil survei yang mereka lakukan, terlihat bahwa Youtube dan Facebook menjadi platform media sosial paling aktif penggunanya di Indonesia.

Sementara dalam ranking di Similarweb, Facebook menunjukkan trafik bulanan yang sangat tinggi di Indonesia. Posisinya memang masih nomor tiga di ranking tersebut, akan tetapi pengunjung bulanannya, 1,17 juta. Fakta menariknya, pengguna Facebook menghabiskan 12 menit  27 detik tiap kali "nongkrong" di media sosial tersebut. 14,2 halaman Facebook biasanya habis dilahap pengguna setiap hari.

Sementara YouTube, membukukan trafik sebesar 558 ribu pengunjung tiap bulannya. Pengguna YouTube bahkan bisa menghabiskan lebih banyak waktu di platform ini, dengan rata-rata 23 menit 2 detik sekali duduk. Jumlah kanal yang pengguna kunjungi pun bisa sampai 11,3 kanal setiap harinya.

Engagement atau keterikatan pengguna Facebook di dalam konten video juga lebih tinggi daripada engagement pengguna Facebook terhadap postingan lain. Ini menunjukkan video begitu menyedot perhatian pengguna.

Di samping itu, warganet Indonesia tampaknya masih suka memanfaatkan internet sebagai tempat bersenang-senang. Dalam kotak pencarian Google sepanjang 2017 lalu, 10 kata kunci tertinggi didominasi oleh kata kunci berbau hiburan, terutama yang berhubungan dengan musik.

Para marketer tidak bisa menghiraukan iklan video ini. Prediksi eMarketer (2/2) menyebutkan, pasar iklan video di Amerika akan mencapai USD15,42 miliar tahun ini. Pertumbuhannya akan mencapai USD22,18 miliar di 2021 mendatang.

Penelitian terbaru dari Wibbitz menyebutkan layanan kreasi video berbasis teknologi AI juga menunjukkan dua platform media sosial ini wajib menjadi perhatian marketer. Selain itu, hampir sepertiga (73,9 persen) warganet Amerika menggunakan YouTube dan Vimeo untuk menonton konten video. Facebook menguntit di belakangnya dengan 59,7 persen.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: