ZTE luncurkan smartphone 5G di Cina

ZTE bukan vendor pertama yang merilis smartphone 5G, namun ia menjadi vendor pelopor yag menghadirkan perangkat tersebut di Cina.

ZTE luncurkan smartphone 5G di Cina Source: Google

Kompetisi untuk memiliki perangkat 5G sudah dimulai sejak beberapa waktu lalu. Setiap vendor mulai berlomba-lomba untuk memiliki smartphone 5G mereka sendiri. Di Cina, bukan Huawei yang pertama kali merilis smartphone 5G, melainkan ZTE

Dilansir dari TheVerge (6/8), ZTE telah berhasil menjadi produsen pertama yang merilis smartphone 5G di Cina. Adapun perangkat yang dirilis ZTE bernama ZTE Axon 10 Pro 5G. Smartphone ini hadir dengan layar AMOLED 6,47 inci dengan resolusi 1080p. Axon 10 Pro 5G ini dibekali dengan modem buatan Qualcomm untuk sambungan jaringan 5G, yakni X50 generasi pertama. Untuk diketahui, smartphone ini pertama kali diperkenalkan ZTE pada ajang MWC 2019 bulan Februari lalu. 


BACA JUGA

Ini cara cek IMEI ponsel di situs Kemenperin

Ini cara perbaiki bug Google Play Service yang kuras baterai smartphone

OPPO Reno 2 dengan 20x zoom akan meluncur akhir Agustus di India


Meskipun para konsumen di Cina sudah mulai bisa memiliki smartphone 5G ini, namun pada dasarnya mereka belum bisa menikmati koneksi 5G yang dijanjikan itu. Pasalnya jaringan 5G di Cina baru akan tersedia pada Oktober mendatang. Dikabarkan bahwa itu merupakan saat dimana China Mobile akan memulai layanan 5G komersial untuk pertama kalinya. 

Berkenaan dengan itu, China Mobile berharap dapat menyediakan koneksi 5G di lebih dari 50 kota di Cina sampai akhir tahun ini. Tak hanya itu, dua operator lain di negara tersebut, China Telecom dan China Unicom bakal diberikan akses untuk mengoperasikan jaringan tersebut secara mandiri. 

Peluncuran Axon 10 Pro 5G membuat ZTE berhasil mengalahkan rivalnya di negeri tersebut, yakni Huawei. Pasalnya, Huawei diperkirakan baru akan meluncurkan smartphone 5G miliknya, yakni Huawei Mate 20 X 5G pada 16 Agustus mendatang di Cina. Meski begitu, perangkat itu sudah lebih dulu menyambangi negara lain, Inggris misalnya. 

Tak hanya dua vendor itu yang menyatakan memiliki smartphone 5G mereka sendiri. Beberapa smartphone buatan vendor lain, seperti OnePlus 7 Pro 5G dan Oppo Reno 5G bahkan sudah bisa ditemui di beberapa wilayah di dunia. 

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: