Xiaomi Redmi Note 5 meluncur, ini spesifikasi dan harganya

Xiaomi resmi memboyong Redmi Note 5 ke Indonesia dan hadir dengan chipset Snapdragon 636 dan tampil dengan dua varian RAM

Xiaomi Redmi Note 5 meluncur, ini spesifikasi dan harganya

Xiaomi hari ini resmi merilis smartphone barunya, yaitu Redmi Note 5. Smartphone kelas menengah ini juga tampil sebagai ponsel pertama yang menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 636 pertama di Indonesia. 

"Kami cinta Indonesia. Untuk itulah kami ingin membawakan yang terbaik untuk para Mi Fans di Indonesia. Ini dia Redmi Note 5," kata Head of Xiaomi South Pacific Region, Steven Shi.


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Xiaomi kembangkan layar OLED 120Hz

Xiaomi bakal punya lima kamera pop up

Xiaomi ikut ramaikan festival belanja online, cek diskonnya


Masih unggulkan performa

Diklaim sebagai smartphone Redmi Note paling kencang, Redmi Note 5 hadir dengan performa yang jauh lebih cepat dari Redmi Note 4. Skor pengujian performa menggunakan AnTuTu bahkan diperlihatkan mencapai lebih dari 116.000 poin. Smartphone ini juga mengadopsi memori LPDDR4X yang diklaim memiliki performa lebih baik dan konsumsi daya lebih rendah.

Selain ditenagai oleh Snapdragon 636, Redmi Note 5 juga hadir dengan opsi memori internal 64GB dengan RAM 4GB dan 32GB dengan RAM 3GB. Layarnya disokong oleh panel IPS LCD berukuran 5,99 inci dengan rasio 18:9 dan resolusi 1080 x 2160 pixel.

Redmi Note 5 juga tampil dengan baterai yang bisa dikatakan cukup besar, yaitu 4000 mAh. Shi mengatakan baterai tersebut bisa menopang Redmi Note 5 agar tetap hidup hingga dua hari. Bahkan bagi gamer, smartphone ini dikatakan bisa diajak bermain gim hingga 8 jam non-stop.

Kamera "kelas flagship"

Redmi Note 5 juga tampil dengan dua kamera utama beresolusi 12MP (f/2.2) dan 5MP (f/2.2). Selain didukung oleh teknologi Artificial Intelligence (AI), kamera Redmi Note 5 juga diklaim memiliki ukuran pixel yang lebih besar dari yang lain, yaitu hingga 1,25 mikron. Teorinya, sensor kamera dengan ukuran pixel lebih besar bisa menangkap cahaya lebih banyak sehingga bisa menghasilkan gambar lebih baik.

"Ini adalah pertama kalinya seri Redmi Note tampil dengan dua kamera. Kami juga menghadirknan fitur canggih di dalamnya," kata Steven Shi.

Shi mengatakan kamera Redmi Note 5 sudah dilengkapi dengan teknologi DualPixel Auto Focus (DualPixel AF). Teknologi tersebut diklaim bisa membuat fokus lebih cepat dan akurat. Tidak tanggung-tanggung, kecepatannya diklaim hingga 30 kali lebih cepat dari smartphone biasa yang menggunakan Phase Detection Auto Focus (PDAF).

Untuk teknologi AI-nya, Shi mengatakan Redmi Note 5 memiliki teknologi AI dengan sistem pengenalan objek segmentasi semantik. Sistem tersebut memungkinkan AI bisa mendeteksi subjek dengan tingkat akurasi lebih baik. Ini berguna ketika Anda ingin menghadirkan efek bokeh di latar belakang (background) foto. Shi mengklaim efek blur dan bokeh bisa dihadirkan lebih akurat, tidak "bocor" ke subjek foto.

Berbicara kamera depan, Xiaomi Redmi Note 5 menggunakan sensor beresolusi 13MP yang diklaim oleh Shi sebagai "kamera kelas flagship". Kamera depannya juga masih disokong oleh teknologi AI dengan sistem pengenalan segmentasi semantik. Tentu saja fitur beautification yang didukung HDR juga hadir sebagai penunjang selfie.

Xiaomi bahkan mengatakan teknologi AI-nya bisa membuat wajah semakin cantik. Beberapa fitur beautify yang dihadirkan di antaranya adalah kemampuan untuk menghilangkan bekas jerawat, menghilangkan kantung mata, hingga memancungkan hidung dan memperbesar mata.

Masih murah, ada face unlock

Dalam presentasinya, Shi mengatakan Redmi Note 5 sudah dilengkapi dengan sistem keamanan melalui face unlock dan fingerprint. Sistem face unlock di Redmi Note 5 juga memanfaatkan teknologi AI yang dimilikinya sehingga face unlock bisa bekerja lebih cepat.

Berapa harganya? Xiaomi Redmi Note 5 dibanderol dengan harga Rp2.999.000 untuk versi RAM 4GB / 64GB dan Rp2.499.000 untuk versi RAM 3GB / 32GB. Smartphone ini akan mulai dijual di Lazada pada tanggal 25 April 2018 mendatang dan hadir dalam tiga varian warna, yaitu Black, Gold, dan Blue.

  Xiaomi Redmi Note 5
Chipset Qualcomm Snapdragon 636
RAM 4GB / 3GB
Penyimpanan 64GB / 32GB
Sistem Operasi (OS) Android Oreo dengan MIUI 9
Layar IPS LCD 5,99 inci (1080 x 2160 pixel)
Kamera 12MP f/2.2 dan 5MP f/2.2 (belakang) dengan AI, 13MP (depan) dengan AI
Baterai 4.000 mAh
Harga Rp2.999.000 / Rp2.499.000
Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: