sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id asus
Kamis, 11 Jun 2020 16:08 WIB

Xiaomi punya paten kamera pop up

Sebuah paten smartphone dengan kamera pop up milik Xiaomi muncul. Selain mekanisme pop up, paten tersebut mengindikasikan adanya lensa periskop di salah satu kameranya.

Xiaomi punya paten kamera pop up
Source: WIPO

Xiaomi didapati memiliki sebuah paten untuk mekanisme kamera depan. Paten itu menunjukkan sebuah smartphone dengan kamera depan pop up. Paten ini sendiri sebenarnya diajukan sejak Agustus 2018, dimana tren kamera depan pop up sedang tinggi. 

Sebagaimana diketahui, Xiaomi banyak melakukan eksperimen berbagai macam desain smartphone. Hal ini terlihat melalui banyaknya paten yang menawarkan desain yang sebelumnya tidak dimiliki vendor smartphone lain. 

Paten ini menunjukkan desain pop up yang memiliki posisi sama seperti susunan kamera belakangnya. Modul pop up itu sendiri ditempatkan pada sisi kanan atas smartphone. Sementara persis di baliknya, ada susunan tiga kamera belakang. Desain ini mengingatkan desain pop up yang dimiliki vivo V15 yang meluncur beberapa waktu lalu. 

Di susunan kamera belakang paling atas, terlihat modul kamera berbentuk kotak. Biasanya, modul ini diberikan untuk lensa yang mengusung konsep periskop. Sayangnya dalam paten itu tidak disebutkan modul kamera apa yang digunakan. Namun diduga kuat, Xiaomi mencoba memasang kamera periskop di bagian tersebut. 

Dilansir dari GSMArena (11/6), berpindah ke bagian bawah, Xiaomi memberikan dukungan USB Type-C untuk perangkat dalam paten itu. Tidak terlihat adanya slot jack 3,5mm. Sementara itu, grill speaker persis berada di sebelah slot USB Type-C. 

Sebelum paten ini disetujui, Xiaomi sebenarnya sudah memiliki smartphone dengan mekanisme kamera pop up. Sayangnya, desain pop up ini sudah semakin ditinggalkan beberapa waktu lalu. Banyak manufaktur yang mengeluh bahwa mekanisme pop up menyulitkan mereka untuk memberikan perlindungan tahan air. Tidak hanya itu, konsep punch hole justru lebih mudah diterapkan ketimbang pop up
 

Share
×
img
×
tekid
back to top