Xiaomi pasarkan feature phone Rp400 ribuan

Xiaomi mendukung hadirnya feature phone baru di negeri asalnya yang disebut Qin, melalui proyek crowdfunding.

Xiaomi pasarkan feature phone Rp400 ribuan (Foto: Xiaomi)

Xiaomi selama ini dikenal sebagai vendor smartphone dengan berbagai fitur inovatifnya dan banderol harganya yang murah. Namun kini perusahaan asal China itu juga mendukung hadirnya feature phone baru di negeri asalnya yang disebut Qin.

Meski ponsel ini sederhana, Qin memiliki dukungan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence), antena 4G, port USB-C dan fitur lain yang biasanya hanya ditemukan pada smartphone. Dieja sebagai "Shin", Qin memiliki keypad T9 layaknya feature phone lain. Layarnya hanya berbentang 2,8 inci dengan resolusi 320 x 240 terlihat seperti Nokia 8810.


BACA JUGA

Xiaomi kenalkan DeepExposure AI, penunjang sektor fotografi

Xiaomi pamer kesuksesan penjualan Pocophone F1

Xiaomi bakal hadirkan ponsel berkamera 48MP


Feature Phone ini akan memiliki akses ke beberapa kemampuan AI termasuk terjemah real-time, Bluetooth, Wi-Fi, dan konektivitas 4G pada beberapa model. Ponsel ini akan hadir dalam dua model. Model pertama Qin 1 memiliki dapur pacu yang lebih rendah dengan sokongan chipset MediaTek MT6260A, dikombinasikan dengan RAM 8MB dan penyimpanan 16MB. 

Qin 1 juga hanya akan memiliki akses ke jaringan 2G dan tidak memiliki akses ke GPS atau LTE. Kendati begitu, Qin 1 akan mendukung konektivitas WiFi dan Bluetooth 4.2. Ponsel ini berjalan pada sistem yang dikenal sebagai "Nucleus".

Model kedua disebut Qin 1s yang disokong dengan chipset Spreadtrum SC9820, dual-core 1,2 GHz Cortex-A53 yang dikombinasikan dengan RAM 256MB dan penyimpanan internal 512MB. Qin 1s mendukung jaringan 4G dan GPS. Sementara itu sistem operasinya menggunakan "MOCOR5."

Kedua ponsel ini dibekali baterai 1480mAh yang diklaim mampu bertahan hingga 15 hari. Fitur lainnya yang melengkapi feature phone ini yaitu dukungan dual SIM dan inframerah. Yang menjadi pembeda dari keduanya dengan feature phone lain adalah tidak adanya kamera depan dan belakang atau jack headphone. Pasalnya Xiaomi merasa fitur itu tak lagi dibutuhkan pada feature phone.

Qin merupakan ponsel hasil proyek patungan (crowdfunding) Xiaomi dan 23.000 orang lainnya. Xiaomi juga membantu penjualan ponsel Qin melalui platform crowdfunding miliknyaKini kedua ponsel itu telah tersedia di China sebagai bagian dari kampanye crowdfunding dan tampaknya tak akan dipasarkan di luar negeri Tirai Bambu tersebut. 

Qin 1 dibanderol seharga CNY199 atau sekitar Rp420.000. Sementara Qin 1s dijual CNY299 atau sekitar Rp632.000. Keduanya akan mulai dirilis resmi ke pasaran pada 15 September mendatang. Demikian dilansir Digital Trends.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: