sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
Rabu, 27 Apr 2022 15:03 WIB

Xiaomi Mi 9 bekas disulap jadi ponsel gaming

Ponsel Xiaomi Mi 9 bisa menjelma menjadi ponsel gaming dengan baterai 9.900 mAh yang sangat besar. Ada pula kipas pendingin tambahan dan overclock prosesor.

Xiaomi Mi 9 bekas disulap jadi ponsel gaming

Sebuah video di YouTube telah menampilkan bagaimana Xiaomi Mi 9 bekas diubah menjadi ponsel gaming berkualitas tinggi. Video tersebut diposting oleh channel Geekerwan dan menunjukkan bagaimana Mi 9 yang berharga terjangkau secara bertahap diubah di beberapa aspek menjadi ponsel gaming.

Xiaomi Mi 9 adalah ponsel flagship yang dirilis pada tahun 2019 dan ditenagai oleh chipset Snapdragon 855. Ponsel ini memiliki baterai 3.300 mAh yang sangat tidak memadai untuk aplikasi gim. Mekanisme pendinginan Mi 9 juga kurang memadai jika digunakan sebagai ponsel gaming.

Dilansir dari Gizmochina (27/4), video YouTube menyebutkan bahwa Mi 9 yang digunakan dibeli dengan harga USD107 (Rp1,5 juta). Kapasitas baterainya dinaikkan tiga kali lipat dengan menghubungkan tiga baterai 3.300 mAh secara paralel, menghasilkan 9.900 mAh. Kapasitas baru ini kemudian diintegrasikan ke dalam sistem internal ponsel melalui penyetelan perangkat lunak yang diperlukan.

Sebagai permulaan, proses pengubahan Mi 9 menjadi ponsel gaming melibatkan teknis yang signifikan, dan hanya dilakukan oleh teknisi. Setelah membuat kapasitas baterai yang sangat besar, langkah selanjutnya adalah melakukan overclock dan overvolt pada chip Snapdragon 855. Ini memungkinkan ponsel untuk beroperasi pada lebih dari 50 fps dibandingkan dengan frame rate standar.

Untuk mengatasi panas yang akan dihasilkan, modifikasi dilakukan pada sistem manajemen termal. Modul kamera Mi 9 telah dilepas dan menambahkan heatsink dengan kipas pendingin. Kipas ini ditenagai oleh baterai ponsel melalui converter board DC ke DC. Converter board ini mengatur arus untuk mengalirkan listrik 5V ke kipas pendingin. Kecepatan kipas ini dapat diatur melalui tombol tambahan di perangkat.

Mi 9 yang dimodifikasi dikemas dalam casing yang dicetak secara 3D. Ponsel ini juga memiliki bracket universal untuk memasang ponsel gim ke kontroler gim. Perangkat ini terbukti bekerja dengan baik dalam beberapa tes kinerja dan benchmark.

Share
×
tekid
back to top