sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id advo
Sabtu, 31 Jul 2021 18:15 WIB

Xiaomi Mi 12 bakal gunakan RAM LPDDR5X

Kabar terbaru menjelaskan Xiaomi Mi 12 akan menggunakan RAM LPDDR5X untuk menunjang prosesor Snapdragon 898, yang diharapkan hadir di smartphone ini.

Xiaomi Mi 12 bakal gunakan RAM LPDDR5X
Credit: Unsplash

Xiaomi dikabarkan tengah mempersiapkan smartphone flagship generasi berikutnya, yang sementara ini disebut Xiaomi Mi 12. Sebelumnya, telah banyak kabar beredar mengenai Mi 12 akan dibekali dengan prosesor Snapdragon mutakhir dengan spesifikasi kamera yang unggul. Sekarang, terdapat kabar baru yang menunjukkan smartphone ini akan meluncur dengan teknologi memori terbaru dan lebih cepat, yakni RAM LPDDR5X.

Dilansir Gizmochina (31/7), JEDEC, organisasi perdagangan untuk standarisasi perangkat semikonduktor, telah mengumumkan jika RAM LPDDR5X memiliki kemampuan akses data dengan kecepatan hingga mencapai 8.533Mbps. Ini dikatakan jauh lebih tinggi dari kecepatan akses data di teknologi memori sebelumnya. Sementara itu, prosesor Snapdragon yang ada saat ini hanya mendukung RAM LPDDR4 atau LPDDR5. Jadi, kemungkinan besar prosesor Snapdragon yang akan datang, diharapkan bisa untuk mendukung RAM seri X terbaru.

Mempertimbangkan hal itu, Xiaomi dinilai berpotensi sebagai pembuat smartphone pertama yang akan menggunakan RAM seri X dengan implementasi RAM LPDDR5X di produk terbarunya. Kabarnya, Xiaomi Mi 12 mendatang akan ditenagai oleh RAM LPDDR5X yang dipasangkan dengan chipset Snapdragon andalan.

Di sisi lain, kabar sebelumnya menunjukkan Mi 12 akan hadir dengan menggunakan Snapdragon 895. Namun, kini kabarnya Mi 12 justru akan ditenagai oleh Snapdragon 898. Perlu diketahui, Snapdragon 898 akan menjadi penerus Snapdragon 888 yang ada saat ini. Snapdragon 898 akan menggunakan teknologi fabrikasi 4nm.

Dengan teknologi fabrikasi tersebut, ini berarti Mi 12 kemungkinan menggunakan RAM yang lebih cepat. Selain itu, kabar penggunaan Snapdragon 898 juga berarti Mi 12 akan memiliki performa yang lebih tinggi dengan konektivitas 5G yang lebih baik. Tidak hanya kabar mengenai prosesor, Mi 12 baru-baru ini juga disebut akan mendukung teknologi pengisian cepat 200W.

Kemudian, smartphone ini juga diperkirakan akan memiliki kamera utama 200MP yang hadir bersama lensa lainnya. Tapi sejauh kabar ini beredar, perusahaan belum memberikan keterangan resmi terkait Mi 12. Jadi, masih harus ditunggu untuk informasi yang lebih akurat selanjutnya.

Share
×
tekid
back to top